[Reportase] CIAYO Comics Club #1: Satu Tahun Penuh Kebanggaan Bagi CIAYO Comics

5 months ago

Jumat, 15 Desember 2017, tim kontributor CIAYO Blog berkesempatan meliput CIAYO Comics Club #1 (CCC), sebuah event yang diadakan untuk memperingati ulang tahun pertama CIAYO Comics.

Bagi beberapa orang, tahun pertama adalah tahun yang menantang dan penuh dengan kesulitan. Namun CIAYO Comics mampu mendobrak segala anggapan-anggapan seperti itu dengan setiap nilai yang ada di perusahaan dan juga pegawainya. Tujuan dari CIAYO Comics adalah untuk mengumpulkan kreator lokal untuk maju ke ranah global, tujuan yang menjadi pendorong bagi setiap karyawan CIAYO Comics untuk bekerja memacu roda industri dan berkembang lebih lagi.

Rangkaian acara CCC dimulai pada pukul 16:00 dengan membuka pintu rumahnya untuk para pengunjung. Begitu akses dibuka, para tamu undangan yang terdiri dari komikus dan author, berinteraksi satu sama lain. Acara inti baru dimulai pada pukul 17:00 yang dibuka oleh MC dan juga opening speech oleh CEO CIAYO Corp, Pak Borton Liew.

Acara kemudian dilanjutkan dengan CIAYO Comics Award, sebuah acara yang diadakan sebagai bentuk apresiasi CIAYO Comics untuk komik-komik terbaik dari berbagai kategori yang telah disiapkan. Berbagai kategori yang dipertandingkan adalah Action of the Year, Slice of Life of the Year, Comedy of the Year, Horror of the Year, dan Romance of the Year.

Setelah rangkaian penganugerahan tersebut selesai, ada break makan malam, di mana para pengunjung dan komikus CIAYO Comics dapat berinteraksi dan berbincang-bincang satu sama lain. Selain itu terdapat satu bagian di mana para komikus bisa bermain video game Crash Team Racing dan Marvel VS Capcom yang telah disediakan oleh crew panitia. Setelah break, ada satu lagi acara penghargaan yang diadakan. Jika tadi ada penghargaan bagi komikus, kali ini ada penghargaan bagi kontributor dan pegawai CIAYO Comics seperti Employee Awards, Role Model Awards hingga Social Butterfly Awards.

Acara ditutup dengan perayaan kembang api dan piñata pada pukul 19:20. Setelah rangkaian acara telah selesai, para pengunjung diberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih lanjut hingga close gate.

Selama acara berlangsung, ada banyak sekali kemeriahan yang dialami komikus CIAYO Comics serta para tamu undangan. “Selamat ulang tahun yah CIAYO Comics! Keren banget! Walau baru setahun sudah maju banget, semoga bisa lebih maju lagi di industri kreatif ini dan semoga ke depannya makin bisa bersaing dengan provider-provider komik digital lainnya,” ungkap Benedictus Agung, komikus Wendigo. Sesama komikus horror, Dedy Koerniawan menambahkan bahwa ia berterima kasih karena suara yang diberikan. Menurutnya Sinawang tidak akan lebih menyeramkan kalau tidak ada suaranya.

“Selamat ulang tahun CIAYO yang pertama, terima kasih sudah memberikan saya kesempatan untuk menghibur masyarakat,” pungkas Akhmad Fadly, Penulis cerita Sampana

Danar, Akhmad Fadly, dan Ootoy (CIAYO Pictures)

Danar, Akhmad Fadly, dan Ootoy (CIAYO Pictures)

“Acaranya rame dan familiar, terus venue-nya tempat favorit banget ya,” tutur editor re:ON Comics, Esa Pavlichenko. “Selamat ulang tahun untuk CIAYO Comics, semoga bisa terus bertahan di tahun-tahun berikutnya. Semoga komiknya lebih bagus lagi, lebih meningkat kualitasnya, dan semoga CIAYO Comics bisa lebih akrab dengan komikus lain.”

“Asyik banget, soalnya saya ngikutin perkembangannya dari awal sampai sekarang. Sudah setahun dan nggak disangka CIAYO jadi tempat ngumpul anak-anak komik yang baru,” sebut staf PR dari Pionicon, Rafly Nugroho. “Di CCC ini saya bisa ketemu dengan banyak orang dari industri kreatif, komikus, penulis cerita. Semoga dari kumpul-kumpul ini bisa membangkitkan industri kreatif Indonesia. Semoga ke depannya komik-komik CIAYO makin keren, makin rame isinya, makin beragam.”

CCC juga jadi tempat berkumpulnya berbagai pelaku industri komik, seperti Marquee Adam yang menjadi colorist di komik The Other Side. “Terima kasih kepada ayam Sabana karena saya lagi pengen makan ayam. Semoga CIAYO Comics terus maju. Ke depannya semoga tema komiknya makin beragam, kalau bisa tambahin genre-genre nggak biasa kayak noir atau cyberpunk karena saya tertarik untuk jadi komikus di genre tersebut,” kata Adam.

Ferdinandus Rieky, komikus Timoon dengan jenaka mengungkapkan pendapatnya bahwa event CCC ini meriah, banyak sekali orang, suasananya ramai, sehingga ia tidak bisa menghitung semuanya lebih dari 10. “Orangnya berupa-rupa, ada yang tinggi dan pendek, laki-laki dan perempuan,” lanjutnya. Ia berharap semoga CIAYO Comics semakin sukses.

“Hacep! Acaranya seru banget, banyak makanan banyak orang-orang seru. Terus lighting-nya bagus banget, saya berasa lagi clubbing,” aku seorang content writer dari studio game Agate yang sangat antusias, Luthfi Suryanda Atmojo. “Mudah-mudahan CIAYO Comics semakin sukses, semakin bagus, dan juga biar komikus lokal makin maju, banyak duit, makin bagus karyanya biar bisa battle sama komikus luar negeri.”

Perkembangan industri komik di Indonesia sudah mulai maju. CIAYO Comics percaya bahwa ke depannya, Indonesia tidak lagi hanya menjadi penikmat produk, namun bisa menjadi salah satu kontributor industri kreatif yang maju dan dapat bersanding sejajar sekaligus bersaing di ranah internasional. Namun semua ini tidak akan mungkin bisa dicapai jika tidak didukung oleh berbagai pihak, salah satunya adalah dari pihak pembaca dan apresiasi dari mereka. Sukses terus industri komik Indonesia dan maju terus CIAYO Comics!

About Author

Gani

Gani

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang agar bisa lulus, baik tepat waktu maupun tidak (preferably tepat waktu). Penulis rookie yang terinspirasi dari karya Lemony Snicket dan tragedi di kehidupan sehari hari.

Comments

Most
Popular

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

Sumber: www.toriru-web.com

Notebook Unik Jepang Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Semangat Belajar Loh!

Hal ini lah yang membuat notebook Ikemen ini jadi popular banget di Jepang!.. more

Sumber : amc.com

The Walking Dead, Simulasi Kehidupan Primitif di Lingkungan Modern

Setelah kembali dari masa rehatnya, serial populer satu ini sedang hangat menjadi perbincangan dari berbagai media. .. more

Sumber gambar: nickelodeonafrica.com

Film Live Action Resmi ‘Dora the Explorer’ Beneran Dibuat – Segera Rilis di Musim Panas 2018

Jadi bagaimana jika kartun berkonsep edutainment seperti Dora The Explorer di-adaptasi ke film live action Hollywood?.. more

(sumber: beobachter.ch)

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Video Game Nyatanya Memiliki Manfaat yang Menyehatkan, Loh!

Suka main game? Ternyata hobi yang satu itu juga punya manfaat yang bagus, loh. .. more