Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

3 months ago
00-d-reverse-project

Ada banyak cara untuk menyampaikan sebuah cerita. Entah itu lewat sebuah buku – novel dan komik, atau media baru seperti film dan animasi. Namun, ada nilai lebih tersendiri jika sebuah cerita bisa dituturkan lewat media yang kurang lazim.

Tantangan inilah yang mendasari lahirnya Reverse Project. Reverse Project adalah sebuah karya mix media yang mencoba untuk menyampaikan cerita lewat kombinasi medium yang unik.

01-reverse-project

Sumber: Reverse Project

“Reverse Project adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk menyampaikan cerita orisinil melalui musik,” begitulah kalimat pembuka dari Reverse Project. “Walaupun pada awalnya cerita di dalamnya nampak tidak saling berkaitan dari segi plot maupun karakter, semakin jauh kamu menjelajah maka kamu akan menyadari bahwa semua hal yang ada dalam Reverse Project merupakan satu kesatuan.”

Reverse Project terdiri dari kumpulan ilustrasi, musik, serta narasi pendek yang menjadi pelengkap keduanya. Diluncurkan perdana di acara Comic Frontier X, Reverse Project perdana yang terdiri dari buklet dan CD musik dijual seharga 100 ribu rupiah saja. Menimbang jumlah konten dan kualitas yang didapat, harga tersebut sangatlah bagus dan cocok.

02-reverse-project

Sumber: CIAYO Pictures

Jadi, apa yang ingin disampaikan oleh Reverse Project? Kisahnya terjadi jauh di masa depan. Apa kamu tahu tentang teori Big Bang? Saat dunia tercipta dari sebuah ledakan yang terus berkembang dan meluas, ternyata di masa depan proses Big Bang justru berbalik. Objek luar angkasa bergerak saling mendekat. Akibatnya, insiden yang disebut Blueshift terjadi, sehingga mempengaruhi ekosistem angkasa – termasuk bumi.

Hal ini diperparah saat sebuah organisasi bernama Servent membuat AI super pintar bernama SHV-A. Awalnya merupakan senjata untuk mencegah Blueshift, SHV-A justru mengamuk dan melawan penciptanya sendiri. Manusia kini dipaksa tinggal di dalam Shelter untuk berlindung dari ancaman SHV-A dan objek angkasa yang jatuh ke bumi.

03-reverse-project

Sumber: CIAYO Pictures

Jika boleh dikatakan, cerita yang ingin disampaikan oleh Reverse Project sebenarnya nggak bisa disebut sebuah cerita yang kuat. Kita akan ulas satu per satu, dimulai dengan bukletnya. Di dalamnya, kamu akan menemukan berbagai informasi tentang Reverse Project seperti latar belakang cerita, para karakternya, hingga lirik lagu dan beberapa anekdot singkat.

Lewat deskripsi para karakternya, kamu bisa menyatukan kepingan puzzle yang membentuk narasi cerita Reverse Project. Deronoitz selaku ilustrator utama memberikan value yang tak ternilai bagi proyek ini, lewat desain karakter dan presentasi visual berkualitas tinggi.

Namun, hal itu tidak serta merta menyajikan sebuah cerita yang runut dan terstruktur. Ketika kamu mulai menyadari seperti apa ceritanya, justru kamu hanya mendapatkan sebuah ringkasan singkat dan banyak tanda tanya. Ambil contoh, di dalam Reverse Project sering kali disinggung soal robot dan kelompok Skye Knight yang memilotinya. Namun tidak ada penjelasan lebih lanjut seperti desain robot, kenapa robot itu diperlukan, dan seperti apa ancaman yang harus dihadapi robot tersebut.

04-reverse-project

Sumber: CIAYO Pictures

Melengkapi paruh kedua dari buklet Reverse Project, adalah kumpulan lirik lagu dan anekdot pendek. Sangat disarankan untuk menikmati bagian ini sambil mendengarkan CD lagu yang disertakan di dalam paketnya. Awalnya saya mengira CD lagu ini akan menyajikan musik-musik electro, namun ternyata malah musik pop rock yang nampak terinspirasi Supercell.

Sebenarnya, Reverse Project lebih cocok disebutkan sebagai sebuah band, mungkin. Ia terdiri dari musisi rangkap produser, vokalis, serta ilustrator. Dan sebenarnya nggak ada yang salah dari musiknya sendiri.

Musik yang digubah oleh Vamaera (populer dari grup crafTUNER) sudah di-produce dengan bagus untuk ukuran musik indie. Kemudian dipadukan dengan vokalis yang juga bersuara matang, menjadikan koleksi lagu Reverse Project nikmat untuk didengarkan. Grup vokalis yang terdiri dari Giita, Aika, Mayuko, dan Taobien ini memiliki karakter unik masing-masing.

05-reverse-project

Sumber: CIAYO Pictures

Masalahnya adalah dari bagaimana kamu menikmati 6 lagu di dalamnya, karena 5 lagu tersebut dinyanyikan dalam bahasa Jepang. Jika kamu bisa bahasa Jepang, itu bagus. Tapi bagi yang kurang paham, bisa jadi cerita dan pesan yang ingin disampaikan di lagu terebut nggak bakal sampai.

Seenggaknya ada satu anekdot yang bisa membantumu memahami maksud dari lagunya. Anekdot ini justru bisa menyampaikan cerita Reverse Project dengan lebih jelas. Sayang, anekdot ini juga punya masalah yang sama dengan narasi karakter sebelumnya: mengungkap sebuah topik dan meninggalkan lebih banyak pertanyaan.

06 reverse project

Sumber: CIAYO PIctures

Walau demikian, usaha yang ditampilkan dalam proyek ini patut diapresiasi. Dalam skena kreator indie Indonesia, tak banyak produk yang berani menelusuri berbagai kemungkinan dalam proyek mix media. Di tengah lautan circle peserta Comic Frontier X yang mungkin hanya puas jika sekedar bisa jualan merchandise murah, kemunculan Reverse Project seakan menjadi sebuah oase. Kehadirannya menjadi bukti bahwa masih ada sekelompok kreator yang berani memproduksi karya bernilai tinggi.

Reverse Project bukan proyek mix media pertama dalam skena indie kreatif Indonesia, pun pula tidak memiliki pendalaman sedalam proyek mix media lain. Namun yang bisa disajikan oleh proyek ini adalah kualitas presentasi audio visual yang sangat tinggi, yang belum tentu bisa disaingi oleh karya-karya serupa.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(source 1: m.korea.net)

Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal dia.. more

Film superhero yang kini berstatus klasik. Sumber gambar: theactionelite.com

Film X-Men Terkini Akan Berjudul ‘X-Men: Dark Phoenix’

Tak perlu lama menunggu, pihak Marvel dan 20th Century Fox sebagai pemegang lisensi film bertema X-Men baru-baru ini men.. more

Sumber: img.cinemablend.com

Saya Tidak Akan Disukai Oleh Emma Watson Karena Menulis Ini. I’m Sorry Emma.

Film Beauty & The Beast tahun 1991 meninggalkan memori tersendiri pada masa kecil saya. Tapi saya tidak akan disukai Emm.. more

Urban Legends Vietnam (Sumber: saigoneer)

Jangan Baca Kisah Urban Legend Vietnam ini Sendirian!

Namun taukah kamu kalo ternyata Vietnam menyimpan segudang kisah horror yang ga kalah sama Thailand? Penasaran? Pastiny.. more

Misteri Karakter Ketiga Devil May Cry 5

Menurut penuturan dari Hideaki Itsuno selaku pembuat game Devil May Cry 5, pemain bakal memainkan 3 karakter dalam game .. more