Review Anime 3D Kanojo Real Girl: Romansa Hingga Akhir

4 months ago
3D Kanojo Real Girl - Cover

3D Kanojo: Real Girl ialah anime romance yang menandakan berakhirnya tayangan anime yang ditayangkan pada musim semi. Dari banyak anime baru yang hadir, hanya ada sedikit judul yang bisa membekas di hati. Untuk genre romance, yang masih populer di kalangan penggemar anime, ada beberapa judul yang menarik perhatian dan ditonton hingga akhir, salah satunya adalah 3D Kanojo: Real Girl.

3D Kanojo Real Girl versi manga (Sumber: natalie.mu)

3D Kanojo Real Girl versi manga (Sumber: natalie.mu)

3D Kanojo Real Girl Kisah Tentang Game Otaku

Anime sejumlah 12 episode yang merupakan adaptasi dari manga ini berkisah tentang sesosok remaja bernama Hikari Tsutsui yang merupakan seorang game otaku. Suatu ketika dia terlambat datang ke sekolah dan dihukum untuk membersihkan kolam renang sepulang sekolah bersama siswi lain yang juga terlambat. Karena dia tidak berharap banyak pada dunia nyata, dia pergi untuk membersihkan kolam renang sendirian.

Video Promosi 3D Kanojo: Real Girl

Alangkah kagetnya Tsutsui ketika siswi itu sedang membersihkan kolam renang sendirian. Dia tidak menyangka kalau siswi bernama Iroha Igarashi itu benar-benar menjalani hukumannya, karena yang dia tahu, Iroha adalah siswi cantik populer yang dingin kepada semua orang di sekitarnya. Kebersamaan mereka berlanjut, mulai dari bertemu di sebuah restoran fast food, hingga Iroha akhirnya mulai menyukai Tsutsui ketika pria kurus berkacamata itu membelanya dari salah seorang siswa yang hendak bertindak kasar padanya.

Baca juga: Manga romance 3D Kanojo Real Girl Mendapat Adaptasi Live-Action

Tsutsui dan Iroha sedang dihukum membersihkan kolam (sumber: horriblesubs.info)

Tsutsui dan Iroha sedang dihukum membersihkan kolam (sumber: horriblesubs.info)

Iroha lalu menyatakan perasaannya kepada Tsutsui, yang seketika menolaknya. Bukan karena Tsutsui tidak suka, tetapi lebih karena dia kurang percaya diri, ditambah dengan sindiran teman-teman sekelasnya kepada Iroha maupun dirinya. Meskipun demikian, pikiran Tsutsui perlahan terbuka dan dia akhirnya yang menyatakan perasaannya langsung kepada Iroha.

Mereka kembali bertemu di restoran (sumber: horriblesubs.info)

Mereka kembali bertemu di restoran (sumber: horriblesubs.info)

Cerita berhenti sampai di sini? Ini baru awal. Ketika cerita bergenre romance lain berkahir dengan bersatunya tokoh utama pria dan wanita, 3D Kanojo justru mengawali kisah dari sana. Perjuangan mempertahankan cinta itu berat, nggak seperti yang ada di dalam kisah-kisah roman. Anime ini berusaha merangkum kisah perjuangan cinta antara cowok otaku dengan cewek populer, dibalut nuansa komedi keseharian anak SMA.

Tsutsui membela Iroha yang sedang berdebat dengan pria (sumber: horriblesubs.info)

Tsutsui membela Iroha yang sedang berdebat dengan pria (sumber: horriblesubs.info)

Di episode awal, kita akan disuguhkan dengan adegan kaku antara dua orang yang baru saja memadu cinta. Namun, seiring berjalannya episode, hampir tidak ada perubahan selain daripada karakter Tsutsui yang semakin ekspresif. Iroha masih saja terlihat biasa-biasa saja. Karakteristik kedua tokoh utama berkembang justru dengan dukungan karakter pendukungnya. Mitsuya Takanashi—pria tampanyang menyukai Iroha—mengambil peranan penting dalam membuat Tsutsui semakin ekspresif dan berani menunjukkan perasaannya terhadap Iroha.

Anime romance pasti ada adegan kiss-nya lho (sumber: horriblesubs.info)

Anime romance pasti ada adegan kiss-nya lho (sumber: horriblesubs.info)

Ketika penonton hampir dibuat menyerah dengan karakter Iroha yang seolah tidak ada perubahan, muncul Sumie Ayado sebagai pihak ketiga. Kebaikan Tsutsui padanya membuat Ayado perlahan menyukai pria otaku itu. Walaupun seperti yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak selamanya kebaikan itu atas dasar cinta. Bisa saja karena memang pada dasarnya manusia ingin bersikap baik kepada orang lain.

3D Kanojo Real Girl - Bangku

Visualisasi sederhana ketika Iroha menyatakan perasaannya kepada Tsutsui (sumber: horriblesubs.info)

Baca juga: Anime Gamers: Penuh dengan Kesalahpahaman dari Awal Hingga Akhir

Dari visualisasi, anime besutan Hoods Entertainment ini memiliki penggambaran yang sangat sederhana. Terlalu berfokus pada karakter sehingga latar belakang hanya dibuat pada poin-poin tertentu yang dianggap esensial dalam cerita. Namun, sebagai anime yang terfokus pada pangsa pasar wanita, hal ini tidak terlalu dipermasalahkan.

Baca juga: Siapa Pencetus Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang?

Dari barisan pengisi suara, Yuu Serizawa terdepan dalam urusan popularitas. Pengisi suara Iroha Igarashi ini memiliki track record yang baik dalam bidang ini. Di musim semi saja, dia juga mengisi suara Anazawa Nijimi di anime Mahou Shoujo Site. Dia dibantu oleh Teppei Uenishi sebagai pengisi suara Tsutsui, Shouta Aoi sebagai Yuuto Ito, Minami Tsuda sebagai Arisa Ishino, Rena Ueda sebagai Sumie Ayado, dan Takuma Terashima sebagai Mitsuya Takanashi.

3D Kanojo Real Girl - sungai

Tsutsui akhirnya menyatakan perasaannya kepada Iroha (sumber: horriblesubs.info)

Dari lagu pembuka, Quruli yang menyanyikan lagu Daiji na Koto tidak bisa meninggalkan kesan mendalam. Justru lagu penutup berjudul HiDE the BLUE yang dinyanyikan oleh BiSH yang masih bisa diterima oleh para penikmat anime ini.

Secara keseluruhan, skor yang diberikan oleh para penggemar anime yang tergabung di situs myanimelist.net pun tak bisa dibilang tinggi. 3D Kanojo hanya mendapat rata-rata 6.73. Meskipun demikian, anime ini cukup layak ditonton bagi kalian yang menyukai genre romance comedy dengan latar sekolah. Ada yang punya pendapat berbeda? Atau malah mau ikutan bikin  cerita yang seperti itu? Bisa! CIAYO Comics masih buka kesempatan buat kamu di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Simak infonya, ya!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sumber: Digitalspy.com

Rekor Terbaru dan Debut Premiere Black Panther yang Dibanjiri Review Positif oleh Wartawan

Bisa dikatakan, hadirnya film ini menjadi highly anticipated movie atau film yang paling ditunggu-tunggu di awal tahun.. more

Review anime Mahou Shoujo Site: Seburuk-buruknya manusia, selalu ada yang lebih buruk

Dari puluhan anime yang ditayangkan pada musim semi 2018, ada beberapa anime yang bisa memberikan kesan mendalam kepada .. more

Kulari Ke Pantai dan Generasi Wicis

Film keluarga terbaru karya Riri Riza yang kembali berhasil memanjakan para penggemar. .. more

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

Sumber: Arstechnica.com

GDQ, Menggalang Dana dengan Speedrun Game

Ada banyak acara penggalangan dana yang menggunakan game sebagai tema utamanya, seperti Extra Life dan Gamers For Giving.. more