Review Anime Ingress: Leburnya Batas Game, Anime, dan Dunia Nyata

4 days ago
00-ingress-anime-review

Sebelum ada game Pokemon GO, ada game bernama Ingress. Dalam game Ingress, gamer menggunakan ponsel mereka untuk mengendalikan berbagai lokasi penting di dunia nyata. Untuk bermain Ingress, gamer harus menjelajah lingkungan sekitar mereka, menemukan lokasi kekuasaan lawan, dan merebutnya.

Untuk bermain Ingress, gamer harus menjelajahi lingkungan sekitarnya untuk menemukan portal. Sumber: Polygon

Untuk bermain Ingress, gamer harus menjelajahi lingkungan sekitarnya untuk menemukan portal. Sumber: Polygon

Untuk membuat para gamer tertarik bermain Ingress, terdapat backstory yang sangat menarik dan juga rumit. Dalam game Ingress, gamer harus memilih satu dari dua kelompok: Enlightened dan Resistance, dan harus memperebutkan partikel XM yang tersebar di seluruh dunia. Narasi yang dibangun dalam game Ingress adalah perebutan kekuasaan antara dua kelompok tersebut untuk mencari tahu siapa yang bisa menguasai XM paling banyak.

Anime Ingress The Animation. Sumber: Youtube

Anime Ingress The Animation. Sumber: Youtube

Konsep game Ingress ini kemudian dicoba untuk diadaptasi ke dalam media hiburan melalui anime Ingress The Animation. Ingress The Animation adalah anime produksi studio Craftar yang diawasi langsung oleh Niantic, perusahaan pembuat game Ingress dan Pokemon GO. Kisah dalam anime Ingress mencoba untuk menyajikan potongan dari isi dunia Ingress yang terbelit langsung dengan dunia nyata.

Yang menariknya, anime Ingress ini pun membutuhkan partisipasi langsung dari para gamer Ingress. Gamer Ingress dari kedua kelompok bisa berlomba untuk mengumpulkan potongan dokumen di dalam game untuk membuka cerita baru. Meski demikian, hal ini tidak begitu wajib karena anime Ingress bisa dinikmati tanpa memainkan gamenya.

Baca Juga: Ingress The Animation Tayang Eksklusif di Netflix

Sarah dan Makoto, dua tokoh utama anime Ingress. Sumber: Polygon

Sarah dan Makoto, dua tokoh utama anime Ingress. Sumber: Polygon

Kisah anime Ingress akan banyak mengulas tentang para Sensitive, manusia yang mampu menggunakan partikel XM untuk melakukan berbagai kemampuan khusus. Di awal cerita anime Ingress, terjadi sebuah ledakan di laboratorium milik perusahaan Hulong. Satu korban selamat adalah ilmuwan Sarah Coppola. Detektif khusus Midorikawa Makoto dipanggil untuk mencari petunjuk tentang ledakan tersebut. Makoto adalah seorang Sensitive yang bisa melihat masa lalu dari sesuatu yang ia sentuh dengan tangan kanannya.

Begitu Makoto menyentuh Sarah, ia mendapati bahwa Sarah tengah mencoba menguak konspirasi di balik eksperimen partikel XM yang dilakukan Hulong. Menyadari bahaya yang mengintainya, Makoto melarikan diri bersama Sarah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya direncanakan perusahaan tersebut. Turut menambah rumit keadaan adalah kemunculan agen bernama Jack Norman yang diminta untuk menyelamatkan Sarah, dan menduga Makoto sebagai agen dari kelompok saingan.

Agen Jack memburu Sarah dan Makoto karena kesalah pahaman. Sumber: Nautiljon

Agen Jack memburu Sarah dan Makoto karena kesalah pahaman. Sumber: Nautiljon

Anime Ingress menyajikan sebuah kisah cyberpunk thriller yang dibalut unsur sains fiksi/supranatural. Berangkat dari premis, anime ini nampak nyaman memainkan berbagai twist dan suspense yang menegangkan. Hal ini pun didukung oleh lore dalam game Ingress sendiri yang sejak awal sudah sangat dalam dan rumit. Konspirasi global adalah kunci dalam menjelaskan konflik dalam anime Ingress.

Seperti sudah disebut di atas, penonton awam tidak akan kesulitan memahami cerita anime Ingress. Berbagai informasi penting dalam dunia Ingress biasanya akan dijelaskan sebagai narasi dari para karakter. Namun berbagai hal yang tidak disebutkan secara gamblang bisa jadi hanya akan dipahami oleh para gamer Ingress. Misalnya beberapa karakter sentral dari game yang muncul dalam animenya, hingga berbagai event di latar yang berhubungan langsung dengan game.

Sayangnya aksi rebut-rebutan portal dikesampingkan di sini. Sumber: Crunchyroll

Sayangnya aksi rebut-rebutan portal dikesampingkan di sini. Sumber: Crunchyroll

Masalah lain dari anime ini adalah eksekusinya yang setengah hati. Boleh saja Ingress menyiapkan plot twist yang oke, namun bagaimana cara sang sutradara menuntun cerita ke titik tersebut terasa kurang logis dan dilakukan sekedarnya saja. Walaupun terasa mengasyikkan untuk ditonton, pada akhirnya anime Ingress menyisakan kesan yang agak hambar buat penonton.

Selain itu, konflik yang terpusat pada para Sensitive membuat elemen kunci dari game Ingress sendiri sedikit terabaikan. Makoto dan kawan-kawan lebih terlihat sebagai sebuah kelompok independen alih-alih condong ke salah satu antara Enlightened atau Resistance. Padahal perseteruan antara dua kelompok ini jadi premis yang dijual oleh game dan animenya. Justru, anime Ingress lebih fokus pada lore utama dari game yang seyogiyanya hanya merupakan pemanis dari game Ingress itu sendiri.

Walau sedikit kasar, masih asyik dinikmati. Sumber: Geek Native

Walau sedikit kasar, masih asyik dinikmati. Sumber: Geek Native

Meski demikian, bukan berarti Ingress merupakan anime yang buruk. Anime ini punya sifat yang sama dengan gamenya, meleburkan batas antara dunia nyata dan dunia Ingress sendiri. Lewat keduanya, para gamer merasakan bahwa dunia nyata telah menyatu dengan dunia Ingress. Mereka merasakan sendiri kehidupan sebagai agen kelompok yang mereka bela, dan saling bekerja sama dengan gamer lain untuk meraih tujuan tertentu. Anime Ingress hadir untuk memperkuat perasaan tersebut.

Ingress telah tayang di Jepang pada musim gugur 2018, dan akan segera meluncur di seluruh dunia melalui Netflix.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Kerja Magang Bukannya Disuruh Fotokopi Malah Disuruh Ngomik, Enak Banget!

Karena ada kok tempat kerja yang nerima anak magang dan ngajarin mereka cara kerja profesional. Wah, di mana tuh? Nih ki.. more

Sumber: myanimelist.net

Ingin Move on dari Idol 3 Dimensi? Coba beralih ke Idol 2 Dimensi ini

Bagi penggemar setia, skandal percintaan dianggap salah satu bentuk pengkhianatan yang dilakukan oleh idol terhadap fans.. more

Sumber gambar: taylorholmes.com

10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjal.. more

00-d-uncharted-fan-film

Nathan Fillion Perankan Nathan Drake di Film Pendek Uncharted

Sutradara Allan Ungar dan aktor Nathan Fillion mempersembahkan fan film Uncharted, adaptasi dari game berjudul sama. Nat.. more