Review anime Mahou Shoujo Site: Seburuk-buruknya manusia, selalu ada yang lebih buruk

1 month ago

Anime musiman datang dan pergi. Ada yang numpang lewat, ada pula yang memberikan kesan mendalam. Dari puluhan anime yang ditayangkan pada musim semi 2018, ada beberapa anime yang bisa memberikan kesan mendalam kepada penontonnya, salah satunya adalah anime magical girl bergenre psychological thriller, Mahou Shoujo Site.

Efek samping penggunaan senjata magical girl pada Aya (Sumber: horriblesubs.info)

Dikisahkan, seorang siswa SMP bernama Aya Asagiri menjadi korban bully oleh teman sekelasnya. Dia juga mengalami kekerasan fisik ketika berada di rumah. Kaname Asagiri—kakaknya yang memiliki prestasi bagus—menjadikannya pelampiasan karena Kaname harus memenuhi ekspektasi orangtuanya dan tidak bisa bebas. Aya pun berulangkali berpikir untuk bunuh diri.

Poster Mahou Shoujo Site (Sumber:myanimelist.net)

Satu-satunya hiburan yang tersisa adalah kucing. Ya, kucing. Hewan berkaki empat dengan mata polos itu selalu menjadi pilihan hiburan sederhana bagi banyak orang, termasuk Aya. Dia memungut kucing jalanan lalu menempatkannya pada kardus di kolong jembatan. Tak lupa memberi makan kucing itu tiap pulang sekolah. Namun, kebahagiaan itu pun direnggut oleh teman-temannya, yang membunuh kucing miliknya. Kesal, namun Aya tidak bisa melawan karena dirinya sendiri menjadi korban kekerasan di sekolah.

Kucing selalu menjadi teman manusia yang kesepian (Sumber: horriblesubs.info)

Di malam setelah kakaknya menyiksa Aya, tiba-tiba laptopnya menyala dan menampilkan situs web, bernama mahou shoujo site. Di situ dikatakan bahwa dirinya memenuhi kriteria penderitaan yang diinginkan untuk mendapatkan kekuatan magical girl. Senjata berupa pistol pun dikirimkan di kotak sepatunya di sekolah. Belum mengerti kekuatannya, Aya menyimpan pistol itu dalam tas.

Teman-teman Aya yang mati tertabrak kereta akibat penggunaan senjatanya (Sumber: horriblesubs.info)

Kekuatan pistol itu teruji ketika Aya dalam keadaan terdesak. Pistol itu bisa memindahkan objek yang dituju ke tempat yang Aya inginkan. Karena baru menggunakannya, Aya tidak tahu kemana pistol itu membawa teman sekelas dan kakak kelas yang hendak memperkosanya. Ketika dia tahu mereka berdua terlempar ke perlintasan kereta api dan tertabrak, Aya menyesal karena tidak berniat membunuh. Namun, semua sudah terjadi.

Aya dibully oleh teman-teman sekelasnya (Sumber: horriblesubs.info)

Teman-teman sekelas yang biasa menindas Aya pun tak tinggal diam. Mereka menginterogasi dirinya perihal kematian salah seorang di antara mereka. Beruntung, Aya ditolong oleh Tsuyuno Yatsumura, yang juga seorang magical girl. Mereka berdua bisa lari berkat kekuatan senjata Tsuyuno berupa ponsel yang bisa menghentikan waktu.

Petualangan mereka pun dimulai. Menghadapi teman sekelas yang lolos dari kematian, melawan magical hunter—yang biasa memburu para magical girl, berkoalisi dengan magical girl lain demi mengalahkan para administrator—sosok yang memberikan kekuatan magical girl pada mereka—yang ternyata lebih dari satu, melawan kakak Aya yang merepotkan, juga mengatasi adu domba di antara mereka yang dilakukan oleh administrator, yang mengakibatkan kematian seorang di antara mereka.

Di rumah, Aya dibully oleh kakaknya (Sumber: horriblesubs.info)

Dari segi cerita, anime adaptasi manga ini menampilkan keburukan manusia di tiap episodenya, mulai dari bully, kekerasan dalam rumah, pembalasan dendam, pelampiasan trauma masa lalu, tekanan dari orangtua terhadap anak, topeng kepura-puraan manusia ketika berhadapan dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

Karakter para magical girl yang putus asa pun terbentuk akibat perilaku sosial orang-orang di sekitar mereka yang memiliki tingkat ketidak pedulian yang tinggi ataupun mencemooh semua yang mereka lakukan. Sepanjang 12 episode anime ini ditayangkan, tidak ada tanda-tanda bahwa cerita akan berakhir dengan menyenangkan. Prahara yang menjadi alasan kemunculan banyak magical girl pun tak ada tanda-tanda akan dihentikan, bahkan situasinya semakin memburuk hingga episode terakhir.

Hitung mundur tempest (Sumber: horriblesubs.info)

Dari segi visual, pewarnaan yang cenderung gelap menambah kesan misterius yang terjadi sepanjang anime ini ditayangkan. Penggambaran karakter administrator yang menjijikkan juga menambah kesan mual. Hal itu juga berlaku dari segi audio. Pada episode 10, lagu pembuka berjudul Changing Point yang biasanya dibawakan oleh iRis kali ini dibawakan oleh Nana, sang administrator. Kalian ingin mendengarnya? Silahkan.

Lagu pembuka versi Nana

Sudah merinding ketika menyaksikan videonya? Jika takut tapi penasaran akan jalan cerita dalam filmnya, lebih baik membaca manganya terlebih dulu agar terbiasa menghadapi karakterisasi bernuansa negatif yang ditunjukkan oleh seluruh karakter yang ada dalam cerita ini. Seluruhnya ya, bukan sebagian. Lewat film ini, kalian juga bisa menilai dampak negatif akibat diperlakukan buruk oleh orang lain. Makanya, bersikap baik kepada semua orang, ya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 4: Kencan Dengan Expatriat

Sudah lama Sabrina menyimak event-event di aplikasi untuk komunitas traveler itu. Group trip, meet up, dan kumpul-kumpul.. more

Sumber: CIAYO Comics

Kamu Penakut atau Bukan? Yuk, Buktikan dengan Baca Komik ini!

"Mereka" ada di sekitar kamu. Kira-kira siapa, sih?.. more

(from : youtube.com)

Sophia : Robot Pertama di Dunia yang Mendapatkan Kewarganegaraan

Bro and Sis, tahukah kamu jika pada 26 Oktober 2017 lalu merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi Arab Saudi. Sebab un.. more

Game Uncharted: Lost Legacy Meneruskan Tradisi Uncharted­­

Serial game Uncharted merupakan  sebuah game aksi petualangan dari Naughty Dog yang sangat populer di kalangan gamers d.. more