Review Anime Wotaku ni koi wa Muzukashii: Ketika Otaku Jatuh Cinta

4 months ago
00-d-wotaku-ni-koi-wa-muzukashii

Kalian ada yang mengerti istilah otaku? Bagi yang belum tahu, otaku adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang betul-betul menekuni hobinya. Istilah itu awalnya ditujukan untuk orang Jepang, tetapi seiring perkembangannya, istilah otaku digunakan untuk menyebut penggemar subkultur Jepang seperti anime dan manga, walaupun tidak terbatas pada itu saja.

Bagi penduduk Jepang, mendapat sebutan sebagai otaku bisa dianggap merendahkan. Mereka yang terlalu menekuni hobinya dianggap tidak realistis dan terlalu kekanak-kanakan. Padahal, banyak orang yang justru bisa hidup dari hobinya, seperti misalkan pecinta game bisa menjadi game developer, atau yang hobi menggambar bisa menjadi komikus ataupun ilustrator. Jadi, tidak semua otaku itu buruk selagi dia tidak merugikan orang lain.

Wotaku ni koi wa Muzukashii poster

Poster anime Wotakoi. (Sumber: MyanimeList)

Penggambaran kehidupan seorang otaku dewasa tertuang dalam anime Wotaku ni Koi wa Muzukashii. Anime yang diangkat dari web manga yang diserialisasikan di comic pool sejak 2015 ini bercerita tentang dua orang teman sejak kecil yang bertemu kembali ketika bekerja di perusahaan yang sama. Narumi Momose, seorang fujoshi (penyuka boys love) bertemu kembali dengan Hirotaka Nifuji, seorang pecandu game, yang merupakan teman sepermainannya hingga SMP.

Wotaku ni koi wa Muzukashii manga

Seluruh karakter di anime Wotakoi. (Sumber: MyanimeList)

Dua Otaku Bercinta di Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Pertemuan mereka pun berlanjut tiap pulang kerja. Di sebuah bar, mereka berdua berbincang bersama. Utamanya tentang masa lalu. Narumi merasa tidak terbuka dengan pasangannya karena selalu menyembunyikan identitasnya sebagai penikmat cerita cinta sesama jenis antar pria, sehingga tidak pernah sukses dalam menjalani hubungan. Sementara Hirotaka tidak pernah mendekati lawan jenis karena terlalu sibuk dengan dunianya. Karena merasa ada kecocokan, Hirotaka mengajukan diri untuk menjadi pacar Narumi. Dimulailah kisah cinta mereka yang penuh dengan canda tawa dan romantisme ala otaku.

Wotaku ni koi wa Muzukashii narumi

Narumi, karakter utama yang paling bersinar. (Sumber: HorribleSubs)

Apa yang terjadi ketika dua orang otaku saling jatuh cinta? Anime yang mendapat nama populer Wotakoi ini bisa menjadi jawaban bagi pertanyaan itu. Wotaku ni Koi wa Muzukashii menyuguhkan cerita komedi romantis dari dua orang otaku yang jatuh cinta secara perlahan. Kesulitan Narumi yang tidak terbuka mengenai hobinya membuat dirinya selalu ditinggalkan oleh pasangannya begitu mengetahui hobi Narumi sebenarnya. Di dunia nyata, hal ini sudah biasa. Narumi merepresentasikan seorang otaku yang dianggap rendah oleh orang normal.

Wotaku ni koi wa Muzukashii hirotaka kabakura

Hirotaka dan Kabakura. (Sumber: HorribleSubs)

Karakter Hirotaka pun begitu. Jika seseorang sudah sangat menyukai hobinya, dia tidak peduli akan perkataan orang lain dan sudah siap menghadapi segalanya, termasuk tidak memiliki pasangan. Pikirannya berubah ketika bertemu kemballi dengan Narumi yang bisa memahami kondisinya. Bukankah indah jika pasangan kita menerima apa adanya?

Wotaku ni koi wa Muzukashii hirotaka narumi

Kabe-don versi Wotakoi. (Sumber: HorribleSubs)

Kisah cinta Hirotaka dan Narumi pun tak lepas dari pantauan orang-orang di sekitar mereka. Hanako Koyanagi, atasan yang kemudian menjadi teman dekat Narumi karena sesama fujoshi, menjadi karakter pembantu di pihak Narumi. Sementara Tarou Kabakura sebagai teman dekat di kantor yang juga supervisor Hirotaka. Diketahui belakangan kalau keduanya sudah lama berpacaran, sehingga seringkali mereka berempat mengadakan kencan bersama. Atau lebih tepatnya, mengeksplorasi hobi mereka bersama-sama.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Otaku dan Anime Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii

Wotaku ni koi wa Muzukashii hana

Hana-senpai, karakter pendukung yang tak kalah cantik dari Narumi. (Sumber: HorribleSubs)

Dari segi visualisasi, studio A-1 mendapat kredit positif karena menggambarkan segalanya dengan cukup baik. Penggambaran karakter terlihat mencolok dengan perbedaan di pewarnaan dan postur tubuhnya. Ekspresi karakternya pun terlihat menjiwai, terutama Narumi yang menjadi karakter paling ceria dalam anime yang ditayangkan pada musim semi 2018 ini. Masing-masing karakter pun mendapat porsi yang sesuai, termasuk karakter pendukung lain seperti Naoya Nifuji, adik dari Hirotaka, dan Sakuragi Kou, teman sekampus Naoya, yang baru muncul di sepertiga akhir episode.

Wotaku ni koi wa Muzukashii anime

Seluruh karakter di Wotakoi. (Sumber: HorribleSubs)

Kekuatan penceritaannya pun terletak di gestur, ekspresi, dan dialog antar tokohnya. Biasanya, anime bergenre romance selalu menyajikan adegan romantis yang membuat para wanita yang menontonnya menjadi jatuh cinta. Namun, Wotaku ni Koi wa Muzukashii tidak menyuguhkan cerita itu dan tetap dianggap baik oleh para penggemarnya. Di bawah ini adalah video cuplikan dari sedikit adegan romantis yang ada di dalam 11 episodenya.

Nah, bagi kalian yang ingin menonton dan membayangkan serunya berpacaran dengan seorang otaku, kalian harus menonton Wotaku ni Koi wa Muzukashii. Keseharian para otaku digambarkan dengan jelas di sini, mulai dari menekuni hobi bermain game, berbelanja game ataupun manga favorit, bermain game secara periodik karena mengincar gacha di waktu-waktu tertentu, hingga serunya bermain bersama pasangan kalian. Jadi, jangan menganggap kalau semua otaku itu buruk ya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

CIAYO Blog

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Short Story Challenge!

Gak kerasa sudah 4 bulan berlalu semenjak pengumuman CIAYO Short Story Challenge diadakan. Sampai batas waktu yang ada, .. more

Dragon Capital Centre Mengumumkan Logo Baru CIAYO Corp

PT Dragon Capital Centre mengumumkan logo baru yaitu "CIAYO Corp" sebagai bagian dari strategi korporat dalam mengembang.. more

Preview Anime Baru di Musim Panas 2018 yang Patut Kalian Nantikan

Memasuki pertengahan tahun 2018 berarti pergantian musim bagi para penggemar anime. Berikut tiga judul anime baru yang d.. more

Game Terbaru Naruto Bertema ‘Team Battle Ninja’ Segera Dirilis Tahun Depan

Walau manga Naruto sudah resmi tamat beberapa tahun yang lalu, namun franchise-nya ternyata belum berhenti mengeluarka.. more

[Dragon Ball Super 128] Tersingkirnya Vegeta dan Harga Diri Bangsa Saiyan

Ada kejutan menarik buat para penggemar transformasi Super Saiyan loh!.. more