Review Dragon Ball Legends, Game PvP Real Time Dalam Dunia Dragon Ball

5 months ago
00-d-dragon-ball-legends

Pertama kali Bandai Namco mengumumkan tentang Dragon Ball Legends di Game Developers Conference, orang-orang tidak terlalu berharap banyak akan game yang satu ini. Sebab beberapa kali franchise populer ini dibawa ke permainan mobile selalu saja tidak bisa menampilkan hal yang sangat memuaskan. Bahkan banyak yang beranggapan ada baiknya pihak Bandai memikirkan tentang gaya permainan Dragon Ball yang kembali ke akarnya; yaitu genre pertarungan PvP seru dengan tampilan yang khas, dan akses kontrol yang mudah untuk perangkat mobile.

Dan lewat Dragon Ball Legends inilah usaha Bandai untuk mewujudkan keinginan para penggemar terlihat begitu meyakinkan. Jika ditanya apa hal yang ingin dirasakan ketika meminkannya, tentu kita semua ingin melihat gerakan cepat dengna pukulan combo dasyat, serta jurus andalah para karakter. Dragon Ball Legends tidak hanya menawarkan semua tombol combo yang disederhanakan, tapi juga menghadirkan potongan sinematik yang khas ala anime dan manganya setiap kali karakter yang dimainkan mengeluarkan jurus-jurus andalan mereka.

Sumber: Dragon Ball Legends

Sumber: Dragon Ball Legends

Dragon Ball Legends jelas akan menjadi game yang sangat betah untuk dimainkan. Selain punya stroy mode yang cukup panjang, game ini juga menawarkan pertarungan melawan pemain lain secara real time lewat mode PvP yang akan menguji ketangkasan kita dalam mengatur strategi dengan kecepatan tangan.

Apa saja hal lainnya yang patut diperhatikan dalam Dragon Ball Legends, berikut ulasan lengkapnya:

Tombol Combo Dengan Trik Kartu

Buang jauh-jauh tentang pikira kalian bahwa game fighting harus punya kontrol analog dengan serangkaian tombol serangan dan skill. Dragon Ball Legends membuktikan bahwa game fighting pun bisa tampil minimalis di perangkat mobile dengan memanfaatkan trik kartu yang unik.

Ada 4 jenis kartu yang bisa digunakan untuk membentuk combo mematikan. Setiap kartu membutuhkan energi yang bisa kita isi dengan cara melakukan hold pada layar, namun ini tidak mudah sebab bisa saja saat kita sedang mengisi tenaga musuh menyerang dengan combo yang sangat panjang.

Sebelum memasuki pada trik kartu hendaklah kita tahu bahwa kita bisa melakukan serangan tanpa tenaga serta gerakan menghindar yang sangat efektif. Ini terbagi atas 4 swipe dan 2 tab; tab ke depan untuk maju, kebelakang untuk mundur menghindari terjangan, lalu swipe ke kiri dan kanan untuk menghindari terjangan dan bola api. Sedangkan kontrol tab sendiri berfungsi untuk melakukan serangan berupa kombo tanpa energi dalam jarak dekat, atau melempar satu bola api dalam jarak jauh. Melempar bola api juga bisa menjadi cara untuk menghentikan pergerakan musuh yang ingin menyerang.

Sumber: Dragon Ball Legends

Sumber: Dragon Ball Legends

Semua kontrol ini sangat mudah diakses tapi perlu taktik yang jitu agar bisa terus melancarkan serangan yang dasyat. Lalu untuk skill digantikan dengan penggunaan trik kartu yang terbagi atas kartu berwarna merah yang digunakan untuk terjangan dan serangan jarak dekat, kartu kuning untuk melempar bola api dalam jumlah banyak, kartu hijau dan biru untuk spesial skill semisal kamehameha.

Dibeberapa kartu terkadang menyediakan item khusus berupa bola naga yang kita kumpulkan sebanyak tujuh buah, jika sudah lengkap maka kita bisa melancarkan serangan super dasyat yang banyak menguras darah lawan.

Oiya, kita juga bisa mengeluarkan kekuatan super saiyan dengan cara tab pada gambar karakter dikondisi-kondisi terntentu, dan ini jelas mempengaruhi kemampuan karakter dalam melakukan serangan.

Pertarungan 3v3 Terasa jadi Sangat Dinamis

Sumber: Up To Down

Sumber: Up To Down

Dragon Ball Legends tidak hanya menawarkan pertarungan solo, melainkan ia muncul 3 kali lebih seru dengan mempertemukan 3v3 di mana saat pertarungan berlangsung kita bisa melakukan pergantian karakter dengan cepat dan terkadang juga memunculkan gerakan keren seperti dalam animenya.

Karakter Dragon Ball Legends juga terbilang lengkap, dan tentunya akan terus bertambah banyak jika nanti pihak Bandai melakukan update selanjutnya. Demikian juga dengan even yang ditawarkan sangatlah banyak, mulai dari spesial stroy sampai pada sekadar even untuk menjalankan misi.

Sistem misi dalam Dragon Ball Legends menggunakan sistem list. Kita bisa menyelesaikan berbagai misi sesuai list yang ada untuk mendapatkan item, kostum, karakter, dan banyak lagi.

Sumber: Dragon Ball Legends

Sumber: Dragon Ball Legends

Elemen RPJ juga disematkan dalam game ini. Mulai dari upgrade karakter sampai pada kostum karakter yang kerena dengan menggunakan berbagai item untuk menciptakan elemen kekuatan yang lebih kuat.

Grafis Sekelas Konsol Dengan Sinematik Anime

Bicara soal grafis, Dragon Ball Legends tidak perlu diragukan lagi. Gambar yang ditampilkan berupa 3D halus seperti gambar pada game konsul. Perpaduan grafis ini semakin terlihat keren saat potongan sinematis karakter saat melancarkan serangan berjalan begitu halus, sehingga antara gameplay dan sinematis tidak memiliki cela, semuanya dibuat benar-benar halus.

Setiap karakter punya gaya sinematis dengan jurus andalan mereka masing-masing. Berbagai sinematis itu dipastikan akan membuat kalian terkagum-kagum dan penasaran untuk mencoba jenis karakter lainnya.

Sumber: Gamer's Heroes

Sumber: Gamer’s Heroes

Untuk arena permainan, semuanya tampil dengan pemandangan yang khas ala Dragon Ball, dan tampilannya juga cukup banyak sehingga kita tidak mudah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Sejauh ini Dragon Ball Legends bisa dikatakan sebagai game mobile Dragon Ball terbaik yang pernah dibuat. Dan tentu kalian tidak ingin melewatkannya kan. Dragon Ball Legends sudah bisa di download secara gratis di Android dan iOS, jadi tunggu apa lagi, download sekarang juga!

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

00 game boy desktop

Game Boy: Konsol Handheld Anak Emas Nintendo

Sebelum Switch, 3DS dan DS, Nintendo sudah jadi raja video game handheld. Semuanya berkat Nintendo Game Boy... more

00-d-lightnovel.id-cf11

LightNovel.ID Pamerkan Light Novel Lokal di Comic Frontier 11

LightNovel.ID akan menerbitkan berbagai light novel di Comic Frontier 11. ALLBLACK, Everna Saga dan The Golden Catalyst .. more

Tsubasa

Kapten Tsubasa Kembali Lagi Dengan Anime Terbarunya Di Bulan April 2018!

Ternyata, di tahun 2018 nanti juga bakal ada anime Kapten Tsubasa yang baru loh... more

Sumber: Google Play Store

Menilik Redupnya Games Musiman. Salah Satunya Ada Tiang Listrik!

Belakangan ini Indonesia diserbu dengan banyak sekali games seru. Tapi karena inovasi datang dari kejadian yang lagi “.. more

film bleach

Review Film Bleach – Pertarungan Pedang Ala Yuji Shimomura Yang Cukup Singkat

Film Bleach mencoba menceritakan ulang kisah manga-nya dengan sedikit penyesuaian namun memaksa merangkum semuanya ke d.. more