[Review Dragon Ball Super Episode 122] Vegeta vs Jiren: Buah Kebanggan Bangsa Saiyan

4 months ago

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya, Dragon Ball Super merupakan anime kelanjutan dari Dragon Ball Z yang mulai digemari sejak tahun 90-an. Oh iya, fyi, sebelum Dragon Ball Super ditayangkan, Dragon Ball pernah merilis dua judul film, yaitu Battle Of God dan Resurrection of F. Film dapat dikatakan sebagai ‘opening’ dari series Dragon Ball Super yang sudah memasuki episode 122.

Saat ini, Dragon Ball Super sendiri telah memasuki saga Tournament of Power, di mana merupakan sebuah pertarungan yang melibatkan 12 universe untuk memperebutkan kemenangan demi tidak dihancurkan oleh Zen-oh, dewa penguasa dari 12 Universe yang mengikuti turnamen ini.

Bagi bro sis yang sudah mengikuti anime ini, jelas mengetahui bahwa saat ini Son Goku dan empat petarung lainnya dari universe tujuh akan menghadapi tiga petarung yang tersisa dari universe 11 yaitu Jiren, Topo dan Dyspo. Pada preview 122 sempat terlihat bagaimana Vegeta bertarung dengan kekuatan penuh sehingga dapat mengimbangi serangan Jiren [Perlu diketahui, Jiren merupakan salah satu musuh terkuat Goku]. Selain itu terlihat Freiza yang kesulitan menghadapi Dyspo yang memiliki kecepatan luar biasa. Lalu Bagaimana kelanjutannya? Mungkin akan banyak sekali unsur spoiler dalam setiap review, jadi kalau bro sis mau baca artikel ini pastikan dulu sudah menonton episode lalu kembali lagi baca artikel review Dragon Ball Super di CIAYO Blog untuk mengikuti ulasan lebih lengkapnya ya.

Episode 122

Daishinkan Mengecilkan Tribun Penonton

Daishinkan Mengecilkan Tribun Penonton

Episode ini dimulai dengan scene saling beradu muka para petarung yang tersisa dari Tournament of Power, yaitu Universe 7 (Goku, Vegeta, Son Gohan Freiza dan Android No 17) dan Universe 11 (Jiren, Topo dan Dyspo).  Great Priest alias Daishinkan yang melihat bangku penonton sudah semakin kosong kemudian menyatukan kedua pendukung dengan mempersempit ruang sehingga mereka berada dalam sebuah tempat yang bedekatan. Momen saling ‘nyinyir’ Beerus dan Belmod pun tak ter-elakan.

Goku dan Jiren Langsung Mengambil Posisi Bertarung

Goku dan Jiren. Sumber: youtube.com

Para petarung pun saling menampatkan posisi dan memilih siapa lawan mereka di pertarungan dua universe paling kuat ini. Son Goku pun langsung menandai Jiren. Setelah itu seperti biasa, Vegeta terlihat sangat dengki dengan dominasi Son Goku yang selalu mencari lawan terkuat untuk bertarung. Ia pun dengan pede juga ikut bertarung melawan Jiren. Son Goku, Vegeta VS Jiren.

Di sisi lain  Freiza berhadapan dengan Dyspo. Dyspo, petarung asal Universe 11 yang memiliki kecepatan super sonic ini berhadapan dengan Freiza yang dikenal sebagai seorang petarung lincah aka licik. Di pertarungan lainnya Toppo ditantang oleh Son Gohan dan Android 17 yang terlihat masih bersemangat meski telah ditinggal saudara kembarnya, Android 18 yang gugur pada episode sebelumnya.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Pada episode kali ini, pertarungan antara Vegeta, Goku dan Jiren lah yang menjadi pusat perhatian. Vegeta yang memiliki strategi dan taktik lebih cerdas ketimbang Son Goku memanfaatkan setiap momen untuk mempelajari serangan lawan (Jiren). Pengamatan itu pun tidak berakhir sia-sia, saat bergantian dengan Son Goku untuk memberi perlawanan kepada Jiren, Vegeta secara mengejutkan bisa menghindar dari pukulan Jiren yang bertubi-tubi yang bahkan Son Goku sendiri pun sulit untuk menghalaunya (ehm-kecuali saat mode ultra instinct).

Whis Menyebut Vegeta Sudah Menguasai Ultra Instinct

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Yup! maka dari itu terceletuklah bahwa Vegeta sudah menguasai skill Ultra Instinc dari mulut Whis saat memberi komentar dan review pertandingan. Oh iya,   bro sis juga jeli mendengar celetukan-celetukan Whis. Terkadang, celetukannya bisa jadi spoiler atau easter egg menarik buat episode selanjutnya lho.

Serangan Impresif Vegeta

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Ngomong-ngomong soal Ultra Instinc sepertinya Vegeta masih sangat jauh untuk menguasai mode itu untuk saat ini. Namun perlawanan yang menarik dan impresif saat melawan Jiren adalah hasil dari kecerdasan dan harga dirinya menjadi seorang Saiyan, Prince of Saiyan, Vegeta Sama! Bagaimana tidak, memojokan Jiren sampai memberikan sebuah serangan saat posisi Jiren terbuka lebar adalah sebuah hal yang hanya bisa dilakukan Son Goku saat berada pada mode Ultra Instinc! Sementara Vegeta sukses menghajar Jiren masih dalam mode Super Saiyan Blue, tanpa Ultra Instnc, tanpa Kaio Ken.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Freiza vs Dyspo

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Rasa percaya diri Freiza dalam menghadapi Dyspo muncul karena sebelumnya Freiza sempat mengalahkan salah satu petarung yang mengusai instant teleporter dari Universe 2 yang juga memiliki kecepatan yang luar biasa. Rasa jumawa Freiza sepertinya agak sedikit meninggi saat menyadari dirinya akan diserang dari arah belakang dan menangkap tangan Dyspo.

Hingga ia tidak menyadari bahwa itu adalah strategi lain dari Dyspo untuk menyerang balik. Scene pertarungan ini diakhiri dengan adegan Freiza ditarik kemana-mana oleh Dyspo sampai kewalahan.

Di lokasi lain Topo di serang dari dua arah oleh Son Gohan dan Android No 17. Kombinasi serangan dari kedua petarung Universe 7 ini diawali oleh strategi kapten tim dari Universe yang dipimpin oleh Beerus Sama ini. Yup! Perlu diingat bahwa Gohan sempat terpilih menjadi penyusun untuk strategi menyerang dan bertahan Universe 7 pada awal turnamen.Mmeskipun pada akhirnya, semua menyerang dan bertahan tanpa ada strategi jelas dari Son Gohan, kecuali Picolo.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Gohan – Android 17 vs Topo

Gohan bersama Android 17 pun menyusun strategi untuk menghadapi Topo. Kombinasi serangan keduanya berakhir pada Ultimate Kame Hame Ha Son Gohan dalam mode Mystic. Namun seperti biasa, Kame Hame Ha masih belum bisa menyentuh Topo.

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Kembali ke pertarungan Jiren dengan Duo Saiyan (Son Goku dan Vegeta). Sepertinya, Jiren mulai menyukai serangan impresif dari Vegeta dan mulai meladeninya. Jiren menyebut semua serangan itu memang hebat namun dia tidak akan kalah dengan serangan penuh kesombongan dari Vegeta. Vegeta merasa bahwa kesombongan itu berasal dari gengsinya sebagai seorang bangsa Saiya sekaligus Prince of Saiyan.

Amarah yang terbangun dari dalam diri Vegeta berujung pada serangan pamungkas Vegeta, Final Flash dengan kekuatan penuh yang membuat semua yang ada dalam arena turnamen terkejut. Jiren menanggapi serangan tersebut, seluruh Tim Universe 7 pun optimis bahwa serangan itu akan berefek pada Jiren, khususnya Krilin.

Sumber: youtube

Sumber: youtube

Namun sayangnya, Final Flash itu tidak berpengaruh sama sekali padanya. Serangan balik yang diarahkan pada Vegeta yang sedang jumawa-jumawa-nya akhirnya membuat Vegeta tersungkur tidak berdaya dan seperti itulah episode 122 berakhir. Vegeta mendapat serangan persis seperti Jiren menyingkirkan Hit (pada Universe 6). Bedanya, Vegeta tidak sampai terpental keluar arena.

Sumber: youtube

Sumber: youtube

Sepertinya Jiren tidak ingin menyelesaikan pertandingan dengan semudah itu, atau mungkin saja Jiren melihat potensi Vegeta dan sangat tertarik untuk melawan Vegeta pada level selanjutnya. Ini masih hanya dugaan sementara oleh penulis.

Bagaimana menurut bro sis? Punya pandangan lain dari episode ini? Atau ada hal yang ingin di diskusikan untuk episode selanjutnya? Silakan tulis di kolom komentar.

About Author

Ramadhan

Ramadhan

Happiness is a warm gun, bang-bang shoot shoot - John Lennon

Comments

Most
Popular

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

(source 1: m.korea.net)

Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal dia.. more

00-d-stuber

Iko Uwais Melawan Dave Bautista di Film Stuber!

Aktor laga Iko Uwais dan Dave Bautista akan saling beradu peran dalam Stuber, film aksi komedi yang tengah diproduksi... more

Heartbeat Season 2. (Sumber: CIAYO Comics)Cinta, cinta dan cinta. Semua orang pasti pernah ngerasain yang namanya jatuh cinta. Dari kita masih di perut ibu, sampai tua nanti, kita bakal ngalamin jatuh cinta dan ngerasain cinta dari orang- orang sekeliling kita.

Samantha Tampil Beda di Heartbeat Season 2

Cinta, cinta dan cinta. Semua orang pasti pernah ngerasain yang namanya jatuh cinta. Dari kita masih di perut ibu, sampa.. more