Review Film The Nun, Kisah Spin Off atau Prekuel?

2 months ago
The Nun - Cover (Sumber: screenweek)

James Wan kali ini berhasil membuat penonton senang dengan kehadiran film The Nun. Film yang digadang-gadang menjadi spin-off dari film The Conjuring ini baru saja tayang kemarin di Indonesia. Psst, buat kamu yang belum nonton siap – siap dikagetkan dengan fakta yang ada di bawah, ya! Jangan di skip sedikit pun kalau gak mau nyesel.

Kembali Ke Tahun 1950-an

Berbeda dengan kisah The Conjuring, The Nun membawa penonton kembali ke tahun 1950-an di mana saat itu Rumania masih kental dengan kisah – kisah dan ritual mengenai agama. Siapa yang masih ingat dengan sosok Valak dalam film The Conjuring 2? Sosok hantu yang digambarkan memakai tudung kepala seperti seorang biarawati itu sempat menjadi bahan perbincangan banyak orang walaupun hanya muncul sesekali. Bahkan menjadi salah satu hantu yang paling diingat dalam film tersebut.

The Nun - Valak

The Nun – Valak (Sumber: Liputan6.com)

Tatapan matanya kosong, giginya yang runcing seakan memberikan senyuman kematian serta pakaian yang aneh membuat siapa pun akan merasa penasaran siapa sosok ini sebenarnya? Apakah wanita atau pria? Semuanya tersimpan pada sosok Valak. Hal ini mungkin yang membuat James Wan mengangkat cerita Valak setelah berhasil dengan Annabelle.

The Nun - Suster Irene

The Nun – Suster Irene (Sumber: Kincir.com)

The Nun dibuka dengan peristiwa mengenaskan seorang biarawati muda, bernama Victoria yang ditemukan bunuh diri. Parahnya, jenazahnya tergantung di jendela di biaranya yang tertutup di Rumania. Peristiwa naas itu terdengar hingga Vatikan dan membuat mereka mengirimkan Pastor Burke (Demián Bichir) ke biara tersebut untuk menyelidikinya. Pastor Burke pun tidak sendirian, dia ditemani seorang calon biarawati muda pemberani, Suster Irene (Taissa Farmiga), dan pria genit Frenchie (Jonas Bloquet), yang menemukan jenazah tersebut untuk pertama kalinya. Dimulailah petualangan mereka untuk mengungkap sisi gelap di balik biara tersebut.

Baca juga: Kebiasaan-Kebiasaan Buruk James Wan dan Kritik Terhadap Insidious: The Last Key

The Nun, Spin off atau Prekuel?

Film horror mengambil latar tempat di sebuah kastil tua? Sepertinya memang tidak pernah gagal untuk mempengaruhi penonton. Hal ini pun menjadi salah satu kekuatan utama The Nun. Latar tempat biara yang suram dan angker lumayan menunjang dalam mendirikan bulu kuduk penonton. Bahkan sutradara Corin Hardy, sempat mengalami gangguan makhluk halus. Hardy mengaku bertemu dengan dua arwah tentara Rumania di salah satu lorong benteng tua tersebut.

The Nun - Valak dan Pastur

Valak dan Pastur (Sumber: Journal.sociolla.com)

Dari pertama, penonton sudah akan dibuat penasaran untuk mencari di mana Valak? Siapa dia? Mulai dari pertengahan hingga bagian akhir film, penonton dipaksa menebak-nebak kapan makhluk menyeramkan bakal muncul dan membuat jantung copot.

Biara yang dikelilingi oleh makam dan juga banyak salib membuat kesan film semakin mencekam. Selain itu, dua pemeran utamanya Demián Bichir dan Taissa Farmiga juga tampil pas memerankan karakter masing-masing, sebagai Father Burke dan Suster Irene. Sosok bijaksana hingga lelahnya pertarungan jiwa dengan sosok iblis, mampu diperankan dengan pas oleh Demián Bichir.

The Nun - Taissa Farmiga

Taissa Farmiga (Sumber: Liputan6.com)

Sementara itu, Taissa Farmiga yang faktanya adalah adik dari Vera Farmiga, pemeran Lorraine Warren di film The Conjuring juga mampu menampilkan sosok seorang suster yang rasional, namun mengalami ketakutan yang luar biasa ketika mengetahui sosok Valak.

Yap, buat yang masih bingung siapa itu suster Irene, sepertinya dia adalah Lorraine di masa muda sebelum akhirnya menjadi paranormal dan membantu semua orang. Karena faktanya mereka SANGAT mirip. Bahkan sosok Maurice atau Frenchie yang ada di film tersebut ternyata muncul di film The Conjuring dalam presentasi Ed dan Lorraine mengenai iblis.

Di akhir cerita memang diceritakan semua tokoh selamat, namun semua mempunyai bekas peninggalan yang berbeda seperti rusaknya mata Sang Pastur, tanda pentagon di tubuh Suster Irene serta tanda salib terbalik di leher Maurice yang pada akhirnya menyebabkan Maurice kerasukan di akhir film.

The Nun - Maurice

Maurice (Sumber: id.bookmyshow.com)

Hal ini juga yang membuat penulis merasa bingung, benarkan ini Spin off? Atau sebenarnya ini adalah prekuel dari film The Conjuring? karena terkesan menceritakan tentang sejarah Valak dan kembali ke tahun sebelum kisah The Conjuring dimulai. Apalagi dengan adanya sosok Maurice dan Suster Irene yang pada akhirnya akan muncul di film The Conjuring.

Mungkin kata spin – off kurang tepat? Atau pemikiran kami berbeda? Silahkan berkomentar.

Baca juga: The Nun, awal dari berbagai bencana saga conjuring.

The Story of Valak

Psst, kalian tau gak sih kalau awalnya, film berdurasi 96 menit ini diberi judul “The Story of Valak”. Namun Corin Hardy menggantinya menjadi The Nun, karena dianggap lebih menjual dan misterius.

Kalau biasanya di Indonesia kita kenal dengan Mba Kunti atau Mas Ocong, nah di film The Conjuring kita memang akan diperkenalkan dengan makhluk – makhluk yang lebih ajaib. Bahkan kasarnya orang sesuci biarawati aja bisa jadi tokoh setannya (dimasukin setan ya maksudnya hehe).

Baca juga: Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Sosok iblis Valak didasarkan pada kisah nyata, hal ini merujuk pada kesaksian Lorraine Warren yang dihantui oleh setan bertudung. Nama sosok Valak sendiri sepertinya tidak mengikuti mitologi yang ada, tetapi berdasarkan apa yang Lorraine alami. Sedangkan jika menurut mitologi, karakter Valak adalah seorang anak kecil malaikat yang menunggang naga berkepala dua. Kisah Valak yang paling lengkap terdapat dalam buku Lesser Key of Solomon.

The Nun - Spin off atau Prekuel

Spin off atau Prekuel? Kok bingung? (Sumber: Movieweb.com)

Sayangnya, walaupun disebut menceritakan sosok Valak, The Nun kurang dikemas dengan baik. Hal – hal detail mengenai Valak dijelaskan kurang benar. Bahkan seperti menceritakan sosok muda dari Lorraine seperti saat kalian menonton film Insidious: The Last Key yang menceritakan masa muda Elise. Yah, itupun sosok kecil suster Irene yang katanya bisa menerawang tidak digambarkan, sehingga membuat penonton jadi tidak bisa berimajinasi.

Buat orang yang terbilang sudah menunggu film ini sejak pertama kali dicanangkan, penulis merasa kecewa. Cerita terkesan boring dan kurang menantang. Jadi jomplang kalau dibandingkan dengan film – film sebelumnya di universe yang sama. Mungkin hal ini karena Valak bukanlah manusia yang mati dan menjadi hantu, tapi memang sosok iblis yang menjelma menjadi biarawati untuk mengecoh para biarawati yang ada.

Gak heran kalau sampai hari ini, The Nun hanya mendapatkan rating 7/10 dari IMDb, 52% dari Rotten Tomatoes dan 5.5/10 dari IGN.com.

Baca juga: 5 Hantu Indonesia Non Mainstream Untuk Ide Komik Horor Kamu

Buat kamu penggemar film klasik horror, The Nun adalah pilihan yang tepat untuk menghibur. Semua setnya dibuat sesuai dengan kisah ceritanya yang dimulai pada tahun 1952. Bahkan hal-hal terkecil seperti senapan, gerobak hingga pakaian-pakaian yang digunakan pun terlihat “jadul”. Silahkan langsung tonton di bioskop kesayangan, ya. Jangan lupa buat berbagi cerita juga di kolom komentar.

Kamu juga bisa mengikuti cerita seram lainnya di CIAYO Comics, gratis!

Banner Komik Horror

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-d-hideaki-anno

Hideaki Anno Kesal Pada Hayao Miyazaki Gara-gara Walkman!

Apa jadinya jika seorang sutradara anime veteran Hideaki Anno marah kepada sutradara legendaris Ghibli, Hayao Miyazaki?.. more

Jalanan yang bersih dan tertata. (Sumber: fecielo)

Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Jepang Sangat Menjaga Kebersihan!

Kalau jalan-jalan ke Jepang, kita bisa dengan mudah menemukan tempat pemandian air panas untuk umum maupun private. Temp.. more

Sumber gambar: ueyakato.jp

Eksibisi Memperingati 150 Tahun Restorasi Meiji Akan Digelar April 2018 di Kyoto Jepang

Catatan sejarah memang menunjukkan kalau bangsa Jepang doyan berperang. .. more

00-d-valthirian-arc-story

Perjalanan Agate di Kancah Industri Game Melalui Valthirian Arc

Prestasi Agate membawa game Valthirian Arc patut diacungi jempol. Seperti apa suka duka dalam pengembangan game RPG ters.. more

joker desktop

The Joker: Simbol Harapan Bagi Para Kriminil Kota Gotham

Semenjak ditampilkan perdana di Batman #1 hampir 80 tahun yang lalu, sosok yang terinspirasi dari karakter Gwynplaine di.. more