Review Game Dragon Ball FighterZ: Saatnya Melakukan Combo Yang Super Dahsyat

11 months ago
Sumber: www.bandainamcoent.com

Dragon Ball adalah contoh salah satu karya yang berhasil menembus banyak generasi dan masih bertahan dengan eksistensinya. Akira Toriyama, selaku otak utama dari manga dan anime paling ikonik ini, mungkin tidak akan menyangka bahwa karya yang dibuatnya itu akan mendunia dan hebatnya lagi menjadi sangat populer hingga hari ini.

Adaptasi Dragon Ball baik dalam bentuk anime, film layar lebar hingga video game, sudah ada sejak lama. Walau tidak semuanya dianggap berhasil. Para penggemar juga terdiri dari ragam usia mulai yang tua sampai yang muda. Setiap kali Dragon Ball mendapatkan adaptasi, animo penggemar pasti sangatlah besar. Tidak sedikit yang menganggap Dragon Ball merupakan sebuah karya yang penuh dengan perasaan nostalgia.

Sejak zaman konsol retro hingga sekarang generasi terbaru, game Dragon Ball masih terus dibuat. Penambahan berbagai fitur untuk efek pertarungan dahsyat ini terus dikembangkan, mulai dari tampilan antar muka 2D hingga 3D yang menjadi identitas kemutahiran kemampuan konsol saat ini.

Sumber: www.gamespot.com

Sumber: www.gamespot.com

Baru-baru ini pihak developer asal Jepang, Arc Sistem Works baru saja merilis game pertarungan terbaru dari Dragon Ball namun dalam sentuhan grafis 2D. Arc Sistem Works merupakan developer yang mengembangkan cukup banyak judul game fighting seperti seri “BlazBlue” hingga “Guilty Grar”.

Pada mulanya tampilan 2D yang diusung oleh Arc Sistem Works membuat cukup banyak orang merasa kecewa, sebab sebelumnya game Dragon Ball selalu tampil dalam animai 3D yang luas dan punya sistem pertarungan yang sangat dalam. Akan tetapi setelah game ini rilis, Dragon Ball FighterZ berhasil mengkobinasikan ruang lingkup 2D yang terbatas dengan sentuhan grafis ala anime dan serangan combo yang cantik.

Game Play Mudah tapi Juga Sulit Disaat yang Bersamaan

Sumber: truetoys.com.br

Sumber: truetoys.com.br

Secara garis besar semua tombol untuk melancarkan serangan terbilang sangat mudah untuk di akses. Berbeda jika dalam Street Fighter yang mengharuskan pemain menguasai berbagai kombinasi tombol untuk bisa mengakses beberapa jurus, Dragon Ball FighterZ tampil dengan sangat sederhana. Hanya ada empat tombol serangan: ringan, sedang, berat, dan serangan khusus. Bahkan beberapa combo otomatis yang bisa menguras darah lawan bisa dilancarkan dengan menekan tombol serangan ringan atau sedang. Mungkin hal ini ditujukan karena pertarungan mengharuskan pemain bisa menangani tiga karakter sekaligus dalam permainan.

Serang dan tangkis adalah kunci utama dalam permainan fighting 2D pada umumnya, namun Dragon Ball FighterZ memadukan elemen baru berupa serangan balik, semacam spam tipuan yang bisa mematahkan beberapa jurus terjangan dan menjadikannya sebagai combo bertahan.

Meskipun kombinasi kombo sangat mudah dipelajari tapi pertarungan tidak akan berjalan mudah. Akses tombol yang mudah akan membuat banyak pemain berpikir untuk menyusun taktik serangan yang efektif sebab bisa saja salah timing, maka akan berdampak fatal pada kerusakan karakter yang digunakan.

Karakter yang Penuh Keunikan dan Berkesan

Sumber: www.bandainamcoent.com

Sumber: www.bandainamcoent.com

Ada 24 karakter yang bisa digunakan (kemungkinan kedepannya akan bertambah), dan ke-24 karakter itu punya ciri khas tersendiri yang akan mengingatkan kita pada seri animenya. Desain karakter dengan ruang lingkup lingungan sangat menyatu seperti dalam animenya. Detail yang ditampilkan walau dalam tampilan 2D, terbilang sangat sempurna

Contoh sederhana seperti karakter Ginyu yang bisa memanggil anggota Ginyu Force yang lain untuk melakukan serangan tertentu. Atau seperti karakter Nappa yang bisa menanam Saibamen dan tumbuh besar untuk bertarung.

Karakter-karakter ikonik yang masuk dalam daftar kubu Goku juga hadir dengan tampilan memukau serta rasa khas yang akan membuat banyak orang merasakan nuansa nostalgia.

Sistem Permainan Standar tapi Diperlukan

Sumber: www.bandainamcoent.com

Sumber: www.bandainamcoent.com

Masih ingat bukan ketika banyak orang mengeluhkan Street Fighter V pada mulanya tidak punya sistem arcade mode. Nah, di Dragon Ball FighterZ hal seperti itu tidak akan ditemukan. Arc System Works dan Capcom sangat paham bahwa sebuah game fighting harus memiliki sistem standar dari sebuah game fighting itu sendiri. Maka sistem dalam Dragon Ball FighterZ ditampilkan dengan sangat lengkap sejak awal.

Jika pemain ingin menguji kemampuan A.I. dari game ini, pemain bisa memulainya dengan arcade mode. Tingkat kesulitan dalam arcade mode terbagi atas; low, middle, dan high. Setiap tingkat kesulitan mempunyai kelebihannya masing-masing. Pemain akan merasa sangat mudah di bagian low dan akan merasakan pertarungan sebenarnya ketika memasuki tingkat high.

Lalu ada story mode yang menampilkan beberapa potongan anime dari cerita Dragon Ball. Dialog dan tampilan semacam cat scane sebelum melakukan pertarungan punya gaya tarik tersendiri yang luar biasa. Percakapan antar karakter jika mereka berjumpa menjadi sesuatu yang sangat berkesan. Contohnya ketika Piccolo dan Tien mengobrol mengenai Piccolo bahwa dia adalah kakek yang lebih baik daripada Goku. Atau ketika karakter tertentu berjumpa, maka mereka akan melakukan pose yang epik dan khas. Hal paling penting dari story mode  adalah cerita itu sendiri. Cerita masih berada di ruang lingkup yang tepat, tidak melenceng, dan bisa dinikmati dengan santai.

Sumber: www.bandainamcoent.com

Sumber: www.bandainamcoent.com

Mode paling menarik dari game ini adalah online mode. Pemain akan masuk ke dalam lobby dengan menggunakan karakter avatar yang chibi. Pemain bisa berkomunikasi dengan pemain lain menggunakan emoticon lucu serta stiker keren. Dan item-item itu bisa ditemukan dengan mudah lewat sebuah kotak jarahan. Dirasa Capcom sudah berlaku adil untuk hal ini karena tidak memaksa pemain untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan item seperti itu—kecuali untuk tujuh avatar khusus.

Untuk saat ini mode online masih terbilang belum sempurna karena ada beberapa gangguan yang terjadi, walau tidak terlalu buruk. Untuk sebuah game baru, hal semacam ini memang lumrah terjadi. Tapi kedepannya, Capcom pasti akan memperbaiki hal ini sebab online mode pasti menjadi mode paling digemari.

~

Sejauh ini Dragon Ball FighterZ berhasil memberikan pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus megah walau dalam tampilan 2D. Perpindahan arena pertarungan dengan lewat sebuah jurus yang disambung cat scane membuat game yang satu ini tampil semakin memukau. Ledakan jurus, kombinasi kombo serta taktik yang matang membuat game ini akan menjadi pilihan yang bijak untuk dicoba.

Apakah kalian adalah penggemar Dragon Ball? Jika iya, wajiblah untuk mencoba game terbarunya ini. Paling tidak ada banyak nostalgia dan keseruan lain yang bisa membuat kalian semua kaget sambil bilang, ini memang luar biasa.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: youtube.com

Film-Film Alien Science Fiction Menegangkan yang Harus Kamu Tonton!

Tapi hey! Tak melulu teknologi. Manusia punya fantasi. Daya imajinasi. Dan rasa penasaran akan adanya makhluk di luar pl.. more

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

00-d-submisi-komik-ciayo-comics

Ingin Jadi Author Official? Ini Dia Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Penasaran gimana cara submisi komik CIAYO Comics dan jadi author official? Artikel ini punya langkah-langkah yang bisa k.. more

(reddit.com)

9 Bentuk Transformasi Tony Tony Chopper di Anime One Piece

Karakter yang paling imut, ikonik dan super lucu di anime One Piece ini memang gak boleh kelewat untuk dibahas. Yups, si.. more

CIAYO Pictures

Ulang Tahun CIAYO Comics, Faza Bocorkan Filmnya

CIAYO Comics Club saat ini sedang berlangsung. Untuk memperingati 1 tahun berdirinya, CIAYO Comics membuat malam apresia.. more