Review Skyscraper : Gaya Film Die Hard dengan Hal-Hal Di Luar Akal

2 months ago
Skyscraper - film

Menonton Skyscraper tentu akan membuat kalian teringat dengan film Bruce Willis berjudul Die Hard (1988). Seolah menegaskan bahwa sutradara Skyscraper, Rawson Marshall Thurber adalah penggemar John McTiernan, sehingga ia mencoba menciptakan versi terbaru ikon yang susah mati seperti karakter John McClane dalam Die Hard.

Skyscraper: Bukanlah Sebuah Sekuel atau Remake

Skyscraper adalah film yang benar-benar baru namun dengan nuansa agak mirip Die Hard, sebab sama-sama berseting di sebuah gedung tinggi. Walau gedung dalam film Die Hard; Nokatomi Plaza di Los Angeles tidak setinggi The Pearl di Hong Kong.

Menciptakan ikon seperti John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis memang bukanlah hal mudah. Namun mempercayakan hal ini pada Dwayne Johnson alias The Rock akan menjadi keputusan yang sangat menarik untuk dilihat.

Baca juga: Dwayne Johnson & Dave Bautista: Dari Juara Kelas Berat Ring Gulat Hingga Menjadi Juara Kelas Berat Hollywood

skyscraper - the rock

The Rock diyakini tidak akan tergores! (sumber: www.indiatimes.com)

Kita semua tahu bahwa The Rock punya catatan yang bagus untuk film aksi. Dia pernah beraksi bersama Jason Statham, Vin Diesel, monster raksasa, masuk ke dunia video game, bahkan bencana alam bagai kiamat sekali pun. Dan hebatnya, seperti biasa ia tidak akan pernah terluka begitu parah. Jadi jangan terlalu dipikirkan jika The Rock terlihat begitu luar biasa!

Baca juga: Selain Jumanji, Ini Dia 10 Film Wajib Tonton yang Dibintangi The Rock

Skyscraper mencoba membawa penonton ke dalam wahana ketinggian yang akan membuat banyak orang terus berdebar ketika menuju puncak, kemudian berteriak saat kereta lucurnya turun curam dengan lintasan yang mustahil untuk dilewati. Yeah, film ini hadir dengan banyak kemustahilan tapi tetap menegangkan.

Secara premis, Skyscraper memberikan gambaran kepada kita tentang sosok Will Sawyer (The Rock) sehingga apa pun yang ia lakukan semua itu terasa “mungkin” bisa ia lakukan. Sawyer adalah seorang mantan ketua FBI dari regu penyelamat bencana, memiliki satu kaki palsu. Ia mendapat pekerjaan sebagai konsultan keamanan untuk gedung pencakar langit di Hong Kong, The Pearl.

skyscraper - Sawyer dan Sarah

Sawyer dan Sarah, istri tercinta. (Sumber: www.slashfilm.com)

“Di mana ada The Rock di situ ada masalah”

Seakan selogan itu sangat cocok untuk mendeskripsikan keadaan ini! The Pearl pun diserang teroris, dan dengan semua kemampuan Sawyer ia mencoba menyelamatkan istrinya Sarah (Neve Campbell), dan anak-anaknya yang terjebak di lantai 96, di atas bagian gedung yang terbakar.

Secara keseluruhan Skyscraper bisa dikatakan sebagai film ringan sebab dari segi cerita sangat terlihat jelas akan seperti apa cerita pada akhirnya. Walau secara emosi film ini terasa sangat berat untuk diterima, sebab beberapa bagiannya terasa kurang jelas. Sekali lagi ini adalah wahana, jadi fitur utamanya adalah semua aksi dan ketegangan yang ditawarkan. Jika pun ada cerita itu hanya dibuat sebagai alasan untuk mencapai aksi yang merupakan menu utama.

skyscraper - the pearl

Beginilah tingginya The Pearl. (Sumber: www.archdaily.com)

Memang ekspresi tentang sosok seorang ayah yang ingin menyelamatkan istri dan anak adalah kolam emosi yang bisa membuat penonton bersimpati, namun waktu yang diberikan untuk mendalami moment itu tidak begitu terlalu dikembangkan sangat dalam, mungkin seperti pertanyaan Aska (anaknya Deddy Corbuzier yang berkesempatan melakukan interview tentang film ini pada The Rock): Mengapa The Rock tidak terlihat menangis dalam Skyscaper? Jawabnya cukup singkat; sebab tak ada waktu untuk itu.

Buang akal sehat kalian saat menonton film ini sebab hati kalian akan terus berbisik bahwa apa yang mata kalian saksikan tentu merupakan sesuatu yang tidak masuk akal. Sawyer yang punya satu kaki palsu bisa melakukan banyak hal yang orang normal sekali pun tidak mungkin bisa lakukan. Rasa-rasanya saya ingin menambahkan judul Skyscraper dengan embel-embel Mission Impossible biar The Rock bisa beradu kehebatan dengan Tom Cruise sekaligus.

skyscraper - panjat dinding

Tak perlu alat canggih seperti Tom Cruise untuk manjat dinding gedung. (Sumber: www.everymoviehasalesson.com)

Kalian akan melihat banyak aksi yang menentang logika bahkan hukum fisika sekalipun. Ia bisa memanjat langit-langit setinggi 90 lantai hanya dalam waktu 10 menit, dan eksterior kaca gedung yang licin dibuat tidak berdaya hanya dengan menggunakan selotip yang direkatkan pada ujung sepatunya. “Ini hal bodoh!” demikian The Rock berucap saat melakukan adegan itu.

Dan yang lebih efik lagi adalah ketika Sawyer harus meloncat  ke gedung yang berjarak jauh tanpa rasa lelah padahal ia baru saja memanjat 90 lantai. Ilmuan fisika pun pasti akan bilang Sawyer sudah menjadi manusia setengah dewa yang bisa melakukan hal-hal diatas garis kewajaran manusia. Tapi ingat, manusia adalah makhluk yang tidak bisa diukur dengan pasti apalagi jika berada dalam keadaan genting dengan tekanan bahwa orang yang dicintai berada dalam bahaya. Paling tidak saya mencoba untuk berpikir positif!

skyscraper - fly

Salah satu adegan yang akan membuat kalian ingin tertawa tapi tidak lucu. (Sumber: geektyrant.com)

Skyscraper memang hampir mirip dengan Die Hard. Akan tetapi dari segi plot dan hal-hal masuk akal lainnya, Skyscraper kalah jauh dari Die Hard. Bahkan plot twish pun akan jadi sesuatu yang mudah untuk dilupakan begitu saja.

Namun ini film blockbuster, film yang tidak butuh pikiran waras untuk mencernanya. Ini hanyalah jenis film yang ditonton untuk menghibur seperti kalian sedang berada di wahana dalam sebuah taman bermain. Happy, happy saja, tak masalah gedung sedang terbakar itu bukan hal yang sangat besar. Terus saja memanjat ke atas, setelah sampai atas kalian boleh terjun bebas tanpa parasut.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Hello Kitty, oleh perusahaan Sanrio. Salah satu maskot terpopuler di dunia. Sumber: wallpapercave.com

Hello Kitty X Godzilla: Crossover Terbaru Dari Hello Kitty

Hello Kitty. Siapa sih yang ga kenal sama karakter imut unyu satu ini Hello Kitty?.. more

Powedpuff Girls are back! Sumber: VS Battles Wiki

Ucapkan Selamat Datang Pada Anggota Baru The Powerpuff Girls!

Karena merupakan reboot, maka di serial The Powerpuff Girls terbaru ini akan menampilkan nuansa yang sedikit berbeda dib.. more

00-d-jkt48

JKT48 Bubar? GM Melody Rombak JKT48 Seperti AKB0048

GM JKT48 Melody Nurramdhani memutuskan bahwa JKT48 bubar dan menggantinya dengan konsep baru. Meski radikal, ternyata ad.. more

Sumber: CIAYO Comics

Patchwork, Komik Horor Romantis yang Bisa Bikin Deg-Degan!

Gimana rasanya ketemu babysitter yang punya kepala buntung? Inilah yang dirasakan Ein saat pertama kali ketemu Patchwork.. more

The Room: Film Drama Jelek Namun Penuh Passion

Tahun 2003 lalu, film The Room dirilis dan menjadi film terjelek sepanjang masa. Kini, orang-orang masih ramai menonton .. more