Ringo Ame: Camilan Jepang yang Menggoda Selera

7 months ago
(pixabay.com)

Kalian suka buah apel?? Kalian pecinta makanan manis?? Gimana kalau buah apel utuh dicampur, terus dicelupin dengan karamel (gula cair) ?? Hmmm, udah pasti super duper yummy..

Yups, ini dia guys yang namanya ringo ame yaitu manisan apel asli dari negeri sakura. Ringo ame merupakan salah satu jajanan paling populer di Jepang dan sudah menjadi makanan wajib yang dijual di setiap festival musim panas. Jika dilihat sekilas, bentuknya memang mirip dengan lolipop, tetapi ukuranya lebih besar dan berwarna merah menyala. Sebab itulah manisan apel ini sangat menggoda untuk segera disantap.

Permen ini merupakan paduan antara apel merah yang ditusuk dengan sumpit sebagai pegangannya. Kemudian apel ini disiram dengan cairan karamel panas yang sudah diberi pewarna makanan warna merah. Gula yang panas tadi langsung mengeras menyelimuti apel utuh itu. Setelah betul-betul dingin dan mengeras, baru deh bisa dinikmati.

(akibanation.com)

(akibanation.com)

Oiya, butuh kesabaran tinggi lho guys, untuk bisa mencicipi apel yang dilindungi lapisan ‘kaca’ karamel ini. Sebab lapisan itu keras dan harus kalian coba gigit berkali-kali agar pecah. Nah jika sudah pecah dan berhasil ditembus, dijamin deh kalian bakal ngerasain sensasi enaknya si ringo ame. Kalian kayak memakan kriuk lapisan gula berpadu dengan daging apel yang lembut. Maknyuuusss.. Biasanya makanan ini selalu hadir di festival-festival yang diadakan di negeri sakura itu.

(explorejapan.jp)

(explorejapan.jp)

Di Indonesia sendiri, jajanan ringo ame masih terbilang baru. Makanan ini baru hadir di sini sekitar 3 tahun yang lalu dan hanya bisa kalian temui saat ada acara matsuri aja seperti festival kebudayaan Jepang. Peminatnya pun kebanyakan anak-anak karena memang pada dasarnya mereka suka makanan yang manis. Hehehe

(m.favim.com)

(m.favim.com)

Ringgo ame bisa tahan selama satu minggu jika dimasukkan ke dalam kulkas. Namun jika disimpan dalam suhu ruangan, manisan ini cuma bisa bertahan tiga hari. Untuk menikmati permen tahunan ini, ringgo ame dibandrol seharga Rp 15 – 25 ribu rupiah per buah. Cukup lumayan ya untuk harga sebuah manisan. Tetapi karena jajanan ini gak bisa dibeli setiap saat, tetep aja laris manis saat dijual di festival-festival kebudayaan Jepang.

(m.favim.com)

(m.favim.com)

Bagi kalian yang udah gak sabar dan udah kepengen banget nyicipin ringo ame bisa juga lho buat sendiri di rumah. Yuk, ikutin cara pembuatannya berikut ini :

Siapkan bahan utamanya :

* 3 buah apel merah

* 3 buah Sumpit kayu

Siapkan juga bahan topping karamelnya :

* 300 ml gula pasir

* 100 ml air dingin

* 1 sendok makan pewarna makanan warna merah (bisa variasi warna lain

* keju / messes / kacang tumbuk / susu coklat, dan bahan lain sesuai selera.

(m.favim.com)

(m.favim.com)

Cara membuatnya :

  1. Cuci dan bersihkan buah apel merah dengan air.
  2. Tusuk buah apel dengan menggunakan sumpit kayu. Sisihkan.
  3. Masukkan gula pasir dan air dingin ke dalam panci kecil, masak hingga mendidih, lalu aduk hingga gulanya mencair dan mengental menjadi karamel.
  4. Masukkan satu sendok makan pewarna makanan warna merah / warna lain sesuai seleramu ke dalam campuran karamel tadi, kemudian aduk hingga warnanya tercampur dengan sempurna.
  5. Celupkan buah apel satu per satu ke dalam karamel dan pastikan karamelnya menutupi buah apel dengan merata sempurna. Jangan lupa tambahkan keju/messes/kacang tumbuk untuk mempermanis tampilan atas ringo ame.
  6. Diamkan hingga karamelnya mengeras dan siap dinikmati.
(m.favim.com)

(m.favim.com)

Wuiihh gampang banget kan bikin ringo ame. Bahan-bahannya juga mudah kalian dapatkan di supermarket terdekat. So, selamat mencoba…

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

(Sumber: zimbio.com)

Memperingati 20 Tahun Anniversary Harry Potter

Tepat 31 Juli lalu, penulis terkenal JK. Rowling baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke 52 tahun. Ulang tahunnya bers.. more

00-d-b-the-beginning

B: The Beginning – Crime Thriller Digabung Sci-fi Dalam Kemasan Anime

Netflix merilis anime B: The Beginning. Anime produksi Production IG ini nampaknya bisa menjadi anime original terbaik N.. more

Nickelodeon. Sumber: idwgames

Yuk, Nostalgia Bareng Kartun-Kartun Jadul Nickelodeon ini!

Dewasa ini stasiun televisi yang menayangkan film kartun sudah sangat jarang, berbeda dengan  awal tahun 2000-an. Film .. more

sumber: cultfix.co.uk/

The Titan, Bumerang Netflix yang Menawan namun Malah Menyerang Balik

Film Netflix yang satu ini kayaknya gak sesukes film lainnya. Film yang ini bercerita mengenai seorang militer yang berp.. more

Tim YOLO

Overtale: Kisah Tim YOLO di dunia Fantasi dan Sihir

Overtale bercerita tentang 4 orang Fighter muda bernama Young, Olgan, Lanfroy, dan Oat. Mereka bertarung bersama mengala.. more