Romantisnya Merayakan First Snow Bersama Pasangan di Jepang dan Korea

5 months ago
source 1: pinterest.com

Tanggal 19 November kemarin di Jepang baru aja turun salju ‘pertama’ sebagai pembuka musim dingin. Diikuti dengan turunnya salju di Seoul, Korea di hari Senin kemarin. ‘First Snow’ atau hari pertama turunnya salju punya arti dan makna spesial untuk masyarakat Jepang dan Korea. Terutama untuk Tokyo yang jarang sekali turun salju pada musim dingin. Salju lebih sering turun di daerah lain, seperti Hokkaido atau Nagoya. Salju yang turun di pusat kota seperti Tokyo pernah diteliti dan disebutkan selalu meleleh lebih cepat dibanding kota lainnya. Meskipun dingin, kemunculan salju paling ditunggu-tunggu saat musim dingin karena salju gak akan hadir dalam waktu yang lama.

Turunnya salju pertama kali di musim dingin juga kadang muncul dalam scene anime maupun drama. Salju membuat sebagian orang merasa lebih sentimental. Dan saat salju turun, kita jadi ingin bersama dengan orang yang kita sayangi. Sama seperti pohon sakura yang muncul di musim semi meskipun cantik, turunnya salju gak akan longlast. Membuat setiap orang pingin merasakan tiap momen kehadiran salju di musim dingin. Gak hanya sebagai penanda diawalinya musim dingin, kehadiran salju dianggap bisa memberikan efek langsung ke tubuh seseorang atau kesehatan, keberuntungan, dan lainnya. Surat resmi dari perusahaan atau berita apapun yang dibuat juga akan diawali dengan menyebutkan bagaimana cuaca yang sedang berlangsung loh.

source 2: pinterest.com

source 2: pinterest.com

Bagi masyarakat Korea, turunnya salju pertama punya makna lain. Biasanya salju pertama sering dikaitkan dengan first love atau cinta pertama dan confessing. Kalau seseorang mau nembak dan menyatakan perasaan ke orang lain, mereka menggunakan momen turunnya salju ini sebagai waktu yang pas karena terasa romantis. Dalam bahasa Korea 첫눈에 빤했어 memiliki dua arti, artinya ‘love at first sight’  dan ‘saat turunnya salju pertama’. Drama korea bergenre romance yang mengambil background musim dingin gak akan lupa memakai momen so sweet ini dalam adegannya, atau kebalikannya, adegan sedih saat pemeran utama malah sendirian pas turunnya salju dalam mellow-drama romance-nya Korea.

source 3: dramabeans.com (scene drama Goblin)

source 3: dramabeans.com (scene drama Goblin)

source 4: pinterest.com (scene drama Weightlifting Fairy Kim Bokjoo)

source 4: pinterest.com (scene drama Weightlifting Fairy Kim Bokjoo)

Suhu saat winter di Jepang bisa sampai -4 derajat. Walaupun dingin banget, di wilayah Sapporo ada festival yang selalu diadakan di awal bulan Februari. Festival tersebut bernama Sapporo Yukimatsuri (さっぽろ雪まつり) atau Sapporo Snow Festival yang menghadirkan berbagai macam patung es yang diukir dan dipajang di Taman Odori. Ada juga panggung kecil untuk menambah kemeriahan festival dan stand-stand makanan. Kalau di Korea, musim dingin adalah waktu yang tepat untuk bermain ski. Ski resort di Korea ada banyak, tapi yang paling populer dengan wisatawan adalah ski resort di Pyeongchang, tempat di mana Olympic Winter Games bakal diadakan di tahun 2018 nanti. Apa kamu juga udah pernah ngerasain winter dan melihat salju?

source 5: pinterest.com (sapporo snow fest)

source 5: pinterest.com (sapporo snow fest)

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

kepribadian, kepribadian yandere, otaku, sasaeng fans, penyakit jiwa, attached, sakit jiwa, gila, ocd, yandere.. more

Urban Legends Vietnam (Sumber: saigoneer)

Jangan Baca Kisah Urban Legend Vietnam ini Sendirian!

Namun taukah kamu kalo ternyata Vietnam menyimpan segudang kisah horror yang ga kalah sama Thailand? Penasaran? Pastiny.. more

Sumber: www.greenprophet.com

Etgar Keret, Penulis Asal Israel yang Menyuarakan Perdamaian Lewat Lelucon

Gak banyak penulis cerpen yang bisa mendunia, apalagi jika cerpen-cerpen itu terbilang sangat pendek, dan si penulis ber.. more

Love Has Fang X Heartbeat

Meet and Greet with Authors of Heartbeat & Love Has Fangs

CIAYO Comics bakalan ngadain meet and greet dengan authors di balik komik romance populer andalan CIAYO Comics!.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

A Fantastic Woman, Cinta Tidak Pernah Cukup Membuat Orang Lain Mengerti

“A Fantastic Woman”, film mengenai transgender yang sedang berkabung dan kehidupannya yang didiskriminasi. Film ini .. more