Sailor Moon 25 Tahun yang Lalu

5 months ago
(channelawesome.com)

Tahun ini Sailor Moon udah berumur 25 tahun loh! Anime yang diadaptasi dari serial komik  manga ini menjadi salah satu anime paling populer di antara cewek-cewek tahun 90-an. Pamornya malah sampai kancah internasional seperti di Kanada dan Amerika Serikat yang juga nayangin anime ini di televisi negara mereka. Kali ini, kita bakal ngebahas proses pembuatan animasi Sailor Moon 25 tahun yang lalu. Pasti kalau dilihat sekarang, banyak teknologi atau teknik yang belum secanggih jaman modern tapi justru itulah salah satu daya pikat animasi tempo dulu. Yuk, dibaca gimana animasi populer ini dulu dibuat!

Naoko Takeuchi tahun 2015 (sailormoon.wikia.com)

Naoko Takeuchi tahun 2015 (sailormoon.wikia.com)

Inilah sosok di balik Sailor Moon, yaitu Naoko Takeuchi. Wanita kelahiran 15 Maret 1967 itu berhasil membuat karakternya jadi salah satu karya yang ngangkat kepopuleran animasi Jepang di dunia Barat. Animasi ini dibuat berdasarkan 52 seri komik yang dimuat di Nakayoshi dari tahun 1991-1997 dan pertama kali tayang di Jepang pada 7 Maret 1992 sampai 200 episode yang berakhir pada 8 Februari 1997. Toei Animation menjadi rumah produksi animasinya.

Awalnya rencana Naoko membuat cerita untuk satu season saja, tapi karena animasi tersebut sangat populer, maka Toei Animation minta Naoko untuk terus bikin manganya. Naoko sempat kesusahan ngembangin alur cerita Sailor Moon sampai editornya, Fumio Osano, ngasih ide untuk ngenalin anaknya Sailor Moon dari masa depan untuk jadi dasar cerita season dua. Pretty Soldier Sailor Moon terdiri dari lima season yang terpisah, masing-masing disebut Sailor Moon, Sailor Moon R, Sailor Moon S, Sailor Moon SuperS and Sailor Moon: Sailor Stars. Setiap seasonnya berisi tentang lima cerita dasar besar dari manganya.

The Animation process of Sailor Moon (Youtube uploaded by Adam Gardner)

The Animation process of Sailor Moon (Youtube video uploaded by Adam Gardner)

Dalam laser disc untuk season 4, ada video tentang pembuatan animasi Sailor Moon. Jaman dulu, mereka masih pakai teknik pewarnaan cat untuk ngewarnain komik-komiknya. Tentunya semua gambar adalah hasil tangan komikus sendiri. Pertama, dibuat story board untuk satu frame animasi dan dalam video tersebut story board berisi transformasi Sailor Moon yang pertama.

The Animation process of Sailor Moon (Youtube uploaded by Adam Gardner)

(Youtube video uploaded by Adam Gardner)

Setelah itu, sketsa tiap gerakan dibuat dalam kumpulan lembar untuk kemudian difoto dengan alat animation camera secara berurutan untuk lihat hasil keseluruhan gerakan.

The Animation process of Sailor Moon (Youtube video uploaded by Adam Gardner)

(Youtube video uploaded by Adam Gardner)

Gambar yang sudah final lalu dicetak dengan kertas tinta di atas plastik transparan yang disebut cel. Selanjutnya gambar di cel tersebut diwarnai dengan cat warna pakai kuas.

The Animation process of Sailor Moon (Youtube video uploaded by Adam Gardner)

(Youtube video uploaded by Adam Gardner)

Berikutnya yaitu membuat background di kertas pakai cat air untuk adegannya. Lalu gambar di cel dan gambar background difoto dengan master camera dan proses ini dilakuin berulang-ulang kali untuk tiap gerakan yang berbeda. Proses selanjutnya adalah efek suara, rekaman oleh pengisi suara, serta pembuatan lagu tema untuk seri Sailor Moon yang diputar di awal dan di akhir tiap episode.

Bisa kelihatan kan untuk bikin satu episode betapa banyak proses yang diulang-ulang dan betapa lama waktu untuk nyelesein satu episode.  Yang jelas, semua usaha dan tenaga yang dikeluarin semua pembuat Sailor Moon pastinya terbayarkan dengan semua kesuksesan Sailor Moon yang masih ada bahkan sampai sekarang.

About Author

Rere

Rere

Live to make family, friends and myself happy

Comments

Most
Popular

Kok CIAYO Comics Main Tenis Terus?

Buat bro sis yang sering mampir dan baca CIAYO Comics, mungkin ngerasa akhir-akhir ini komik digital Indonesia ini main .. more

Astro Boy dan Osamu Tezuka (dailygeekshow.com)

Osamu Tezuka, “The Godfather Of Manga”

Sebagai pecinta komik sejati, Kamu perlu kenalan sama seorang sensei yang keren banget. Siapa dia? Tidak lain dan tidak .. more

Sabrina – Chapter 13: The Name on the Glass

Sabrina terbangun dan langsung membuka laptop. Ia merevisi beberapa detail, menambah aksen di sana-sini, dan voila!.. more

Boruto, (Sumber: hulu.com)

Teori-Teori Internet Seputar “Kematian” Naruto di Boruto: Naruto Next Generation

Komik saga karangan Masashi Kishimoto, Naruto, berakhir tahun 2014 di 72 tankobon/volume. “Fourth Great Ninja War”, .. more

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1

Setelah melewati seleksi ketat dan berbagai penilaian dari juri-juri handal dan berpengalaman di bidang komik, CIAYO Com.. more