Sambut Hanebado, Anime Badminton Pertama Di Dunia!

6 months ago
00 d anime badminton

Jepang adalah salah satu negara yang menghargai sumbangsih dan talenta atlit olahraga mereka lewat cara yang megah. Tak terhitung ada berapa jumlah anime, manga, film dan dorama bertema olahraga yang diproduksi. Para kreator Jepang nampak memahami perjuangan keras dari para atlit, serta mampu menemukan drama dari sepak terjang mereka.

anime olahraga

Berbagai macam anime olahraga. (Sumber: The Hyped Geek)

Ada banyak cabang olahraga yang diangkat dalam anime; seperti sepak bola, tenis, rugby, tinju, balapan, voli, ping pong, hingga yang obskur sekalipun macam figure skating dan lacrosse. Dari sekian banyak anime olahraga, nampaknya ada satu hal yang janggal: hingga hari ini nggak ada anime badminton, alias bulutangkis. Kenapa bisa begitu ya, bro sis? Apa yang membuat anime badminton sulit muncul dibanding anime olahraga lainnya?

Baca Juga: Anime Bertema Sepakbola ini nggak Kalah Seru dari Captain Tsubasa lho

Di tahun 2018 ini nampaknya hal tersebut akan segera berubah. Bro sis, mari sambut Hanebado; anime badminton yang bisa jadi yang pertama yang pernah ada sejauh ini.

anime badminton hanebado

Ayano Hanesaki dan kawan-kawan. (Sumber: Sohu)

Hanebado? Anime Badminton?

Hanebado, alias The Badminton play of Ayano Hanesaki, merupakan sebuah judul manga karangan Hamada Kosuke. Hanebado pertama kali terbit di majalah Good Afternoon terbitan Houbunsha sejak tahun 2013. Hingga hari ini, 11 volume buku Hanebado telah diterbitkan.

anime badminton hanebado poster

Hanebado versi anime. (Sumber: Zakuzaku911)

Nah, adaptasi animenya belum lama ini diumumkan dan diperkirkan bakal tayang di stasiun TV Jepang mulai bulan Juli 2018. Anime produksi studio Liden Films ini bakal disutradarai oleh Shinpei Ezaki (Monster Strike). Beberapa staf di dalamnya sebelumnya sudah berpengalaman dalam produksi anime olahraga, seperti penulis naskah Taku Kishimoto yang bertanggung jawab untuk naskah anime voli Haikyuu, hingga komposer musik Tatsuya Kato yang sebelumnya terlibat dalam anime renang Free.

Hanebado menceritakan tentang pelatih klub badminton SMA Kitakomachi, Kentaro Tachibana, yang tengah dirundung masalah. Klub badminton kekurangan anggota sehingga ia tidak bisa mendaftarkan timnya ke dalam kompetisi. Di satu waktu, ia berpapasan dengan Ayano Hanesaki yang memanjat pohon di sekolah dengan mudahnya. Terkesan dengan kemampuan atletiknya, Kentaro mengajak Ayano bergabung dengan klub badminton. Namun, Ayano ternyata tidak suka dengan bulutangkis!

Dua pemeran utama anime Hanebado telah diumumkan. Mereka adalah Hitomi Owada sebagai Ayano Hanesaki, dan Miyuri Shimabukuro sebagai Nagisa Aragaki. Pemeran lainnya akan diumumkan di lain waktu.

anime badminton hanebado nagisa

Nagisa Aragaki siap melancarkan smash. (Sumber: Twitter)

Saya menebak Hanebado bakal menjadi salah satu anime yang bakal ditunggu-tunggu tayangnya oleh fans anime, entah di Jepang ataupun di Indonesia. Badminton merupakan olahraga yang digilai di dua negara, dan dengan munculnya anime badminton seperti Hanebado tentunya para penggila bulutangkis punya kesempatan untuk mencicipi anime yang mengangkat olahraga favorit mereka.

Baca Juga: 10 Anime Summer 2018 Yang Harus Kamu Tonton!

Selain itu, Hanebado juga memiliki drama dan tensi kuat dalam setiap pertandingan yang disajikan di dalamnya. Jangan tertipu oleh sampul luarnya, bro sis! Mungkin dari penampilan awal, Hanebado terkesan mengadopsi formula anime moeblob standar. Kawinkan tema niche dengan karakter gadis moe agar semakin menarik! Namun dalam Hanebado, bro sis bisa merasakan gejolak dan intensitas yang sama panasnya seperti pertandingan bulutangkis betulan.

anime badminton hanebado manga

Beda 4 volume saja, perkembangan desain karakternya drastis banget! (Sumber: Manba, Twitter)

Tak hanya menegangkan, aksi bulutangkis dalam Hanebado juga nampak bakal direka seotentik mungkin. Meskipun belum ada konfirmasi pasti, nampaknya anime Hanebado bakal disponsori dan didukung oleh Yonex, salah satu produsen alat olahraga badminton terbesar di dunia. Bro sis bisa melihat ada berbagai produk Yonex dalam trailer Hanebado, mulai dari raket, kok, hingga jersey.

Nah, apa bro sis sendiri suka badminton dan tertarik menonton Hanebado? Kalau jawabannya ya, jangan lewatkan anime badminton satu ini saat tayang perdana di bulan Juli!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

The Other Side. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Horror di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Berbeda dengan film horror, kayaknya nge-buat komik horror itu lebih susah deh. Bayangin aja, penulis harus membuat kita.. more

Rasakan Kembali Kerennya Era 90an dengan Film-Film Ini!

Tidak terlalu berlebihan saat berpendapat kalau film-film bioskop era 90an memiliki hal magis yang mampu membuatnya teta.. more

Sumber: shorts.shef.ac.uk

A Silent Child, Peraih Piala Oscar Live Action Short Movie

Film A Silent Child ini bercerita mengenai seorang gadis tuna rungu bernama Libby (Maisie Sly). Dalam keluarganya, Libby.. more

00-m-toge-productions

Toge Productions Berikan Pendanaan Tahap Awal Pada GameChanger Studio

Developer dan penerbit game asal Tangerang, Toge Productions, hari ini mengumumkan investasi mereka kepada studio game a.. more

00-d-game-jepang-keren-yang-gagal

5 Game Jepang Keren yang Justru Tidak Populer dan Berujung Gagal

Standar game keren itu subjektif, dan apa yang keren buat orang Jepang berbeda dengan orang barat. Inilah 5 game keren J.. more