Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

1 year ago
Source 1: engadget.com

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama Sarahah, harus baca artikel ini! Aplikasi bernama ‘Sarahah’ ini berarti ‘honesty/kejujuran’ dari bahasa Arab. Tak heran mengapa diambil dari bahasa Arab, karena aplikasi ini merupakan buatan Zain al-Abidib Tawfiq asal Saudi Arabia.

Source: sarahah.com

Source: sarahah.com

Sarahah pun berhasil menjadi aplikasi yang jadi sangat populer sejak rilisnya di bulan Juni dan menjadi aplikasi nomor satu di App Store. Aplikasi ini dibuat untuk mengirim pesan secara anonymous kepada orang yang juga punya akun Sarahah. Pengguna gak bisa menjawab atau membalas pesan tersebut, tapi hanya bisa share isi pesan ke media sosial, report user, block, dan menandai sebagai pesan favorit. Hampir sama seperti ASK.fm, hanya perbedaannya kita gak tahu siapa penulis pesan, dan bukan pertanyaan yang bisa dikirim. Melainkan pernyataan seperti pujian atau saran kepada orang yang dituju.

Source: engadget.com

Source: engadget.com

Platform ini sengaja dibuat untuk membantu si penerima pesan mendapat pesan positif, misalkan memberi tahu apa kekuatan atau kelemahan seseorang tanpa harus diberitahu secara langsung dan canggung. Karena aplikasi ini bisa terhubung dengan akun Facebook, mutual friends dari Facebook bisa mengirim pesan lewat Sarahah juga kalau sama-sama punya akunnya. Jadi pesan yang diterima gak benar-benar dari orang asing melainkan teman Facebook.

Developer dari aplikasi ini membagi cerita kalau awalnya dia membuat aplikasi ini untuk pekerja yang ingin memberikan feedback secara anonymous kepada bos mereka di tempat kerja. Setelah itu, dia berpikir kalau platform ini bakalan menarik kalau orang banyak juga bisa menggunakannya.

Source: stepfeed.com

Source: stepfeed.com

Respon yang diberikan orang dari app ini ada macam-macam. Ada yang langsung tertarik untuk download dan share/screenshot pesan yang mereka dapat, ada juga yang kontra dengan Sarahah. Karena sebagian orang merasa aplikasi ini sebagai ajang untuk pamer. Pamer yang dimaksud disini adalah pamer ‘pujian’.

Sebenarnya, cuma pesan berisi opini jujur aja yang harusnya dikirim ke sesama pengguna Sarahah, karena memang gak diberitahu siapa pengirimnya. Tujuan utama dari aplikasi ini juga supaya pesan yang diterima dijadikan sebagai refleksi diri untuk si penerima. Makanya sebeneranya aplikasi ini dibuat untuk hal-hal yang positif kok.

Sumber: www.twitter.com

Sumber: www.twitter.com

Tapi namanya juga media sosial pasti ada aja sisi negative yang bisa ditemuin dari aplikasi ini. Kritik yang paling banyak dari orang-orang adalah takutnya platform ini bukannya dipakai untuk memberikan pesan positif, tapi malah digunakan sebagai alat untuk menyebarkan cyberbullying.

Terdapat beberapa orang men-share pesan negatif yang mereka dapat dari anon Sarahah di twitter. Tak sedikit pula, pesannya mengandung pesan negatif seperti death threats atau pelecehan. Duh, padahal logikanya pesan tersebut dikirim dari mutual friends atau orang yang tahu username kita. Nah, yang terpenting adalah kita menggunakan aplikasi ini secara responsible dan spread positive vibes only! Sudah coba download aplikasinya?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-superhero-paling-muda

5 Superhero Paling Muda dari DC Comics dan Marvel

Biasanya superhero didominasi orang dewasa, tapi ada juga anak kecil? Ini dia 5 superhero paling muda dari DC Comics dan.. more

Teriakan Berdarah – File 001 Terbangun

Hal yang tak terduga dapat muncul kapan saja. Antara nyata dan fana, aku bahkan tak bisa mempercayainya... more

HOTARU ITB: CIAYO Comics Datang Lagi ke Bandung!

Setelah mendatangi Bandung minggu lalu, CIAYO Comics akan balik lagi ke Bandung buat menghadiri HOTARU 6!.. more

Sumber: Waterfordwhispernews

Fifty Shades Trilogy, Trilogi Lemah yang Kerap Mendulang Sukses di Box-Office

Tapi anehnya nih bro sis, terlepas kualitas filmnya sudah jelas-jelas buruk, trilogi ini justru kerap mendulang keuntung.. more