Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

4 months ago
Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Dilatarbelakangi keinginan untuk menampung komikus-komikus lokal, CIAYO Comics diluncurkan. Tantangannya sungguh berat, karena bersaing dengan komik digital yang sudah berkembang lebih dulu dan mendunia. Para pembaca komik di Indonesia pun sudah terbiasa membaca komik buatan luar sehingga agak skeptis apabila membaca komik karya anak dalam negeri. Pembaca menganggap kalau komik di Indonesia masih belum berkembang, baik dari segi penggambaran maupun penceritaan.

Para komikus sedang bersantai di rooftop kantor ciayo.com (Sumber: CIAYO Pictures)

Para komikus sedang bersantai di rooftop kantor CIAYO Corp (Sumber: CIAYO Pictures)

Menggaet komikus-komikus muda potensial merupakan strategi yang cukup jitu. CIAYO Comics One Shot Challenge pun dilakukan dan berhasil menjaring komikus-komikus yang berbakat untuk diorbitkan. Penilaian yang dilakukan dari berbagai sudut pandang, mulai dari gambar, penceritaan, hingga karakter dan karakterisasi. Mereka yang terpilih pun berhak menghadiri acara CIAYO Comics Club.

Tak hanya itu, sebelumnya pun pernah diadakan pula Short Story Challenge di CIAYO Blog, di mana para penulis bisa mengirimkan cerita pendek yang, jika menembus 3 besar, akan diadaptasi dalam bentuk komik. Cerpen yang masuk pun lebih dari 100 judul dengan tema dan genre yang bermacam-macam. Seleksi pun dilakukan 2 tahap: penyisihan dan 10 besar. Hingga artikel ini diturunkan, cerpen 3 besar pun sedang diproses untuk pembuatan ceritanya ke dalam bentuk komik.

Ootoy dan Danar, MC CIAYO Comics Club #1 (CIAYO Pictures)

Ootoy dan Danar, MC CIAYO Comics Club #1 (CIAYO Pictures)

Para penikmat komik yang awalnya ragu pun perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi pilihan pertama, karena banyak komikus-komikus lokal muda yang mempublikasikan karyanya di sini. Dari penasaran pun beralih menjadi apresiasi. Penikmat komik menemukan genre yang mereka sukai di sini, dan perlahan mulai membaca komik-komik bergenre lainnya dan menyimpulkan kalau perkembangan komik di Indonesia sudah cukup pesat dan dianggap bisa bersaing di kancah internasional.

Tersedia ruangan tempat para komikus berkreasi di acara CIAYO Comics club (Sumber: CIAYO Pictures)

Tersedia ruangan tempat para komikus berkreasi di acara CIAYO Comics Club (Sumber: CIAYO Pictures)

Pada Jumat, 15 Desember 2017, CIAYO Comics mengadakan acara CIAYO Comics Club, untuk merayakan setahun berdirinya CIAYO Comics. Sebagai platform komik digital pertama di Indonesia, tentu sebuah tantangan tersendiri untuk menarik minat pembaca komik agar bisa beralih untuk membaca di CIAYO Comics.

CIAYO Comics Club, merupakan wadah untuk menampung para kreator yang berkontribusi dalam perkembangan CIAYO Comics. Berbagai kalangan hadir, mulai dari komikus in house, maupun para kontributor yang diterbitkan di ciayo.com, kontributor di blog.ciayo.com, hingga petinggi re:ON Comics beserta para stafnya yang berkunjung.

Borton Liew sedang memberikan sambutan dalam acara CIAYO Comics Club (Sumber: CIAYO Pictures)

Borton Liew sedang memberikan sambutan dalam acara CIAYO Comics Club (Sumber: CIAYO Pictures)

Borton Liew, selaku pimpinan dari CIAYO Corp, dalam sambutannya menyatakan optimisme terhadap perkembangan komik di Indonesia dan berharap kalau komik Indonesia dapat menjadi tuan di negeri sendiri. Ke depannya, seluruh komik yang ada di CIAYO Comics akan diterjemahkan dalam Bahasa Inggris sehingga dapat dibaca, diketahui, dan bersaing di kancah internasional. Beliau menginginkan, komik-komik Indonesia tak hanya dikenal di Indonesia saja namun harus bisa dikenal di negara lain.

CIAYO Comics pun memberi penghargaan bagi komik-komik yang karyanya digemari oleh para pembacanya. Penghargaan dibagi berdasarkan genre komik, mulai dari action, slice of life, komedi, horor, dan romance. Penghargaan itu dimaksudkan agar komikus-komikus Indonesia lebih termotivasi untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan disenangi para pembaca, tidak hanya menuntaskan ambisi pribadi saja.

Para author Heartbeat sedang menjawab pertanyaan yang diajukan (sumber: CIAYO Pictures)

Para author Heartbeat sedang menjawab pertanyaan yang diajukan MC (Sumber: CIAYO Pictures)

Bryan, co-writer Consilium, juga menyatakan pengharapannya akan perkembangan komik di Indonesia. Pria asal Surabaya ini bercerita soal keluarganya yang kini membaca komik meski sebelumnya tidak ada ketertarikan untuk membaca komik. Berarti, komik Indonesia memiliki potensi pemasaran yang bagus, sehingga bisa membuat orang yang sebelumnya tidak mau membaca menjadi tertarik membaca.

Bagaimanapun sulitnya untuk memasarkan dan mempopulerkan komik-komik buatan lokal, pasti selalu ada jalan. Karena prediksi ke depannya masih tidak pasti, pihak CIAYO Comics akan selalu berinovasi demi memasarkan, mengembangkan, dan mempopulerkan komik lokal hingga bisa terkenal dan bersaing di kancah internasional.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

(Sumber : http://www.skylarpictures.net)

Film Valentine Berhenti Tayang! Ini Penjelasannya.

Pihak Skylar Picture memberikan penjelasan bahwa mereka tidak ingin mengecewakan masyarakat dengan hasil karya yang menj.. more

Pesta internal Sony dan rekan-rekan. Sumber gambar: gameaxis.com

Pemenang PlayStation Awards 2017 Baru Saja Diumumkan

Bagian terlucu tahun ini untuk PlayStation Awards mungkin adalah saat Microsoft berhasil mendapatkan PlayStation Award u.. more

Hatsune Miku Menjelma Menjadi Boneka pada Hina Matsuri di Jepang

Hmm, karakter anime dipadukan ke dalam festival tradisional, yes or no?.. more

Aktor dengan reputasi multi peran Shun Oguri. Sumber gambar: aosora.info

Shun Oguri: Aktor Ganteng Multi Peran Asal Jepang

Untuk penggemar film maupun drama televisi Jepang (alias J-Dorama) sepertinya nama “Shun Oguri” sudah tidak asing la.. more