Sebenarnya, Apa Sih Peran ‘Anti-Hero’ Dalam Sebuah Cerita Komik? [Part 2]

6 months ago

Mengaburkan Definisi Baik dan Jahat

Sumber: marvel.com

Kalau kita lihat sekilas, karakter anti-hero akan terlihat seperti orang jahat yang berlaku baik. Kebanyakan memang seperti itu sih, tapi tidak selalu. Motivasi anti-hero yang tidak kenal mana baik mana jahat memang tidak jarang akan membuat pembaca atau penonton bingung dengan kemana mereka berpihak. Apakah mereka baik, atau jahat?

Karakter anti-hero memang dibuat untuk mengaburkan definisi baik bak pahlawan, atau kejam bak penjahat. Mereka bisa dibilang berada di wilayah yang netral, tidak baik namun juga tidak jahat. Semua tergantung dari perspektif pembaca atau penonton yang melihatnya. Satu orang bisa bilang mereka baik, tapi orang lain bisa menganggap karakter tersebut termasuk orang yang jahat.

Coba kita buktikan dengan tes yang berupa pertanyaan berikut ini. Saya akan mengajukan beberapa nama karakter anti-hero beserta kekuatan dan motivasi mereka, dan anda tentukan mana yang termasuk karakter baik atau karakter jahat. Siap?

Sumber: Google Image

Sumber: Google Image

  1. The Punisher — Seorang mantan tentara yang kehilangan istri dan anaknya setelah dibunuh oleh Mafia. Menjadi seorang hakim sekaligus algojo, membunuh para pelaku kriminal baik yang kecil maupun besar.
  2. The Ghost Rider — Seorang manusia yang mendapatkan kekuatan super saat dirasuki dan diperintah oleh Iblis kegelapan. Tapi kemudian dia membangkang dan menggunakan kekuatan yang dimilikinya untuk melawan Iblis lainnya, menghukum dan menyiksa para perampok, pembunuh dan pelaku kriminal lainnya sembari melindungi jiwa-jiwa yang tidak berdosa.
  3. Deadpool — Seorang mantan tentara hebat yang menjadi pembunuh bayaran, mengejar siapapun yang dia inginkan, termasuk villain maupun superhero sekalipun.
  4. Venom — Ras alien dari planet Klyntar yang dapat merasuki seseorang dan memakan emosi dan pikiran orang tersebut. Semakin kuat dan agresif orang tersebut, semakin jahat dan bengis pula Venom bekerja.
  5. John Constantine — Seorang penyihir yang alkoholik, perokok, kasar, anti-sosial dan kadang memiliki nilai moral yang dipertanyakan. Dia bertugas melindungi bumi dari dimensi kegelapan, dengan cara dan metode apapun tanpa kecuali.
  6. Jonah Hex — Pembunuh bayaran buruk rupa yang punya sifat yang kasar, sinis, dan reputasi yang buruk terhadap semua orang. Dia bergerak berdasarkan kode moral yang kuat, yang salah satunya adalah selalu melindungi jiwa tak berdosa dari ancaman marabahaya.
  7. Bane — Seorang diktator yang masih peduli terhadap rakyatnya. Dia juga pernah mencoba membunuh para pembunuh dan perampok kota Gotham yang dia anggap sebagai penyakit.
  8. Catwoman — Seorang pencuri handal yang bisa mencuri benda dari bank atau brankas yang paling aman sekalipun. Dia biasanya hanya mencuri dari orang yang korup dan super kaya, tapi dapat mengorbankan segalanya jika jiwanya terancam, termasuk orang tak bersalah sekalipun.
  9. Jason Todd — Mantan murid Batman yang mengincar para penjahat dan pengedar narkoba yang berkeliaran, dengan menggunakan metode yang menyiksa dan membunuh mereka secara pelan-pelan.
  10. Lobo — Namanya berarti ‘seorang yang memakan hidupmu dan sangat menikmatinya’ dalam dialek Khund, punya kekuatan yang sangat kuat dan telah melakukan genosida pada planet asalnya, membunuh milyaran jiwa tanpa menyesal. Tapi dia juga pernah menyelamatkan beberapa planet dari kehancuran.

Bagaimana? Sudah menghitung berapa banyak karakter yang menurut anda baik dan jahat? Saya yakin hasilnya akan berbeda jika kita saling membandingkan, begitu juga dengan pembaca lainnya.

Selama ini memang kebanyakan orang sering kali menganggap kalau dalam sebuah cerita pasti ada yang baik, ada yang jahat. Mereka lupa menghitung pihak yang netral atau tidak peduli mana pihak yang baik dan jahat. Mereka lupa melihat para anti-hero, karakter yang memiliki nilai dan motivasi yang berbeda dari pahlawan maupun penjahat.

Kalau semua pembaca biasanya akan langsung setuju dengan mana karakter yang baik dan mana yang jahat, hal ini tidak terjadi pada karakter anti-hero. Mereka tidak bisa dilihat secara hitam dan putih secara instan, karena memang mereka tidak punya tujuan yang didefinisikan sebagai tujuan yang baik atau jahat. Diperlukan informasi tambahan berupa latar belakang, tujuan, aksi-aksi mereka sebelumnya, dan alasan kenapa mereka melakukan aksinya.

Disinilah uniknya seorang anti-hero, dimana pada akhirnya setiap orang yang melihatnya akan memiliki pendapat yang berbeda. Nilai, sikap, dan kode moral yang dimiliki oleh pembaca akan turut menjadi faktor yang menilai apakah aksi yang dilakukan oleh anti-hero termasuk aksi yang baik, atau yang jahat. Perbedaan pendapat inilah yang nantinya akan menciptakan perspektif yang berbeda dari akhir sebuah cerita : apakah pahlawan atau penjahat yang menang?

Melihat dari Perspektif yang Berbeda

Ya, sudah tugas dari seorang anti-hero yang tidak memiliki nilai baik atau buruk untuk memberikan perspektif yang berbeda pada pembacanya. Ada perspektif baik, ada perspektif jahat, ada perspektif anti-hero. Saya sengaja tidak bilang netral, karena perspektif anti-hero akan membuat pembacanya condong pada satu pihak.

Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat di seri komik Watchmen dari DC, sebuah graphic novel drama epik yang dibuat oleh Alan Moore.

Sumber: themarysue.com

Sedikit sinposis, Watchmen berisikan tentang cerita dari banyak superhero yang saling mengisi satu sama lain. Garis besarnya adalah dunia sedang di ambang kehancuran, dimana pihak Amerika dan Rusia saling bersitegang yang berpotensi terjadinya perang nuklir antar kedua negara. Jika hal ini terjadi, milyaran jiwa manusia akan terbunuh dan memicu Perang Dunia yang baru.

Karena alasan inilah Watchmen terbentuk, sebuah grup superhero yang terdiri dari Dr. Manhattan, Nite Owl, Ozymandias, Rorschach, dan Silk Spectre. Pada awalnya, mereka dibentuk untuk menjaga perdamaian dari kerusuhan di dalam negeri akibat ketegangan perang yang mungkin terjadi. Beberapa anggota Watchmen bahkan direkrut oleh pemerintah untuk menangani berbagai permasalahan, seperti perang di Vietnam hingga demo yang terjadi dimana-mana.

Rorscharch, salah satu anggota Watchmen memiliki teori konspirasi bahwa ada seseorang yang ingin dunia ini hancur. Orang tersebut membunuh The Comedian — anggota Watchmen lainya — yang dirasa dapat mengagalkan rencana tersebut. Dia tewas setelah dilempar dari lantai apartemennya oleh seseorang yang tidak dikenal.

Sumber: fandom.wikia.com

Rorschach bersama Nite Owl kemudian mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan The Comedian dibunuh, sekaligus ingin menyelidiki teori konspirasi yang dia yakini. Semua bukti pada akhirnya mengerucut pada satu orang anggota lainnya, yaitu Adrian Veidt alias Ozymandias yang dipercaya dalang pelaku pembunuhan The Comedian sekaligus orang yang ingin dunia hancur akibat perang nuklir. Ya, anggota Watchmen sendirilah yang ternyata menyebabkan semua ini terjadi.

Tapi setelah dikonfrontir oleh Rorschach dan Nite Owl, Ozymandias ternyata tidak ingin menghancurkan dunia, tapi justru menyelamatkannya dari perang nuklir antara Amerika Serika dan Rusia. Dia melakukannya dengan cara menciptakan ‘ilusi’ invasi alien mahkluk berukuran raksasa, yang datang ke kota New York dan menghancurkan bangungan dan menghilangkan jutaan nyawa. Dengan begitu, dunia akan mendesak negara super power seperti Amerika Serikat dan Rusia untuk segera berdamai dan perang nuklir pun tidak akan terjadi.

Jadi kalau kita amati, Ozymandias berusaha menyelamatkan milyaran orang di seluruh dunia dengan cara mengorbankan jutaan orang dalam satu kota. Ini seperti trolley dilemma, sebuah pertanyaan yang memperdebatkan etik dan kode moral yang dimiliki oleh manusia.

Sumber: createdebate.com

Beberapa orang mungkin akan melihat aksi Ozymandias sebagai aksi yang diperlukan untuk mencegah manusia menuju kepunahan. Jutaan orang ‘dimaklumkan’ menjadi korban untuk agar milyaran orang lainnya tetap hidup. Tapi tidak sedikit juga yang merasa setuju dengan Rorschach, bahwa dunia harus tahu apa yang terjadi sebenarnya. Satu kejahatan tidak bisa dijadikan alasan untuk membenarkan kejahatan lainnya, semua kejahatan harus diungkap dan di adili, tanpa kecuali.

Setelah melihat cerita di atas, kita melihat bahwa pada akhirnya Rorschach menjadi seorang anti-hero yang condong ke arah baik karena memiliki kode dan motivasi yang kuat terhadap kejahatan. Dia ingin semua orang tahu apa yang terjadi sebenarnya, walaupun hal tersebut menyebabkan dirinya mati. Ozymandias pun tidak sepenuhnya menjadi pahlawan, karena dia telah menyebabkan jutaan orang kehilangan nyawa demi menyelamatkan milyaran nyawa lainnya.

Disinilah perspektif pembaca dimainkan, membuat mereka berpihak pada salah satu sisi yang mungkin di dalam hati tidak mereka setujui. Perspektif yang berbeda ini tidak akan terlihat jika tidak ada karakter anti-hero didalamnya, karakter yang memiliki nilai dan kode moral yang sangat kuat seperti Rorschach.

Pada intinya, karakter anti-hero bukan hanya semata character filler yang digunakan untuk mengisi kekosongan karakter dalam cerita. Tugas mereka jauh lebih berat daripada pahlawan dan penjahat dalam cerita. Mereka harus membawa pembacanya melihat dari perspektif yang berbeda, dengan cara memperlihatkan sisi gelap para pahlawan dan mengungkap nilai rasional yang dimiliki oleh pada penjahat.

Nah kalau menurutmu sendiri, apa sih tugas seorang anti-hero dalam sebuah cerita?

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: BGR)

Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

Jepang memang terkenal dengan video gamesnya. Gak meherankan kalau penjualan video games di Jepang sangat tinggi. Teruta.. more

00-d-crazy-rich-authors

Workshop Komik Ini Hanya Untuk Crazy Rich Authors!

Memang #tidakmurah, tapi Crazy Rich Authors Workshop bisa membantu para author komik meningkatkan skill mereka ke level .. more

Sumber: playstation.com

Spin-Off Game Persona: Dari RPG Ke Fighting Game Dan Dance

Persona. Atau juga dikenal dengan judul “Shin Megami Tensei: Persona” awalnya adalah sebuah game spin-off dari game .. more

00-d-border-break

Model Plastik Robot Raksasa Akan Dibangun Di Tokyo

Untuk mempromosikan game Border Break, Sega dan Kotobukiya akan merakit model kit robot raksasa ukuran skala 1/1... more

00-d-ceo-ciayo-comics

Ini Dia Pemenang CEO CIAYO Comics Untuk Sehari!

Pemenang CEO CIAYO Comics untuk sehari beserta CTO-nya sudah ditemukan! Siapa saja mereka dan program apa saja yang mere.. more