Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

6 months ago
(source 1: m.korea.net)

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23, yang akan diadakan pada tanggal 9 sampai 25 Februari 2018 nih. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal diadakan di PyeongChang, Provinsi Gangwon di Korea Selatan. Olympic Winter Games ini pertama kalinya diadakan di Korea selatan loh, hampir setelah 30 tahun berlalunya event Seoul Olympic Games di tahun 1988 dulu. Nantinya para atlit yang ikut bergabung dalam kompetisi bisa memperebutkan lebih dari 100 medali emas dalam 15 pertandingan olahraga. Pertandingan olahraga yang akan diadakan dibagi menjadi 3 section; Snow sports, Ice sports, dan Sliding Sports.

(source 2: www.pyeongchang2018.com)

(source 2: www.pyeongchang2018.com)

Penantian PyeongChang sebagai tuan rumah Olympic Winter Games ini dimulai sejak tahun 2003, yang saat itu kalah voting dengan Vancouver di final. Akhirnya di tahun 2011, PyeongChang menang dengan vote terbanyak pada sesi pemungutan suara oleh International Olympic Committee di Durban, Afrika Selatan. Mungkin karena Korea Selatan sudah lama banget menantikan momen besar ini, semua persiapan sudah dibuat sematang mungkin dari jauh-jauh hari. Gak hanya persiapan untuk perlombaannya aja, tapi dengan promosinya yang melibatkan hampir seluruh idol dan selebriti Korea Selatan. Dengan bantuan idol serta selebriti yang terlibat, diharapkan semua orang di seluruh dunia makin aware dan ikut mendukung event olahraga PyeongChang di bulan Februari nanti.

(source 3: menstylefashion.com)

(source 3: menstylefashion.com)

(source 4: CBC.ca)

(source 4: CBC.ca)

Maskot Olympic Winter Games ini ada dua, yaitu Suhorang dan Bandabi. Suhorang berwujud macan putih yang digambarkan sebagai kekuatan dan sosok penjaga. Sementara temannya Bandabi berwujud beruang hitam yang melambangkan semangat, keberanian, dan kesetaraan. Keduanya hadir sebagai ‘harapan’ untuk para atlit yang ikut berpartisipasi supaya dalam perlombaan nanti semuanya terlindungi dan semangat dalam mengikuti kompetisi dengan negara-negara lainnya. Kedua maskot ini populer, loh! Terutama si macan putih Suhorang yang boneka merchandise-nya terjual habis karena memiliki nama yang sama dengan nama panggung anggota boyband EXO, Suho.

(source 5: pinterest.com)

(source 5: pinterest.com)

(source 6: It's You(EXO Fansite))

(source 6: It’s You(EXO Fansite))

Dalam Olympic Winter Games, permasalahan mengenai keamanan juga menjadi perhatian penting Korea Selatan. Tempat berlangsungnya kompetisi olahraga ini hanya memiliki jarak kurang lebih sejauh 80km dari Korea Utara. Meskipun ini menjadi concern dan banyak atlit yang agak khawatir, tapi semua atlit yang terdaftar akan tetap berpartisipasi kok. Menurut Korea Selatan, negaranya dengan Korea Utara sudah gak akur hampir beberapa dekade. Di saat yang sama, Korea Selatan juga sudah sukses menjadi tuan rumah bagi 1988 Seoul Olympics, 2002 World Cup, dan perlombaan lainnya. Bagi Korea Selatan, peningkatan keamanan adalah yang terpenting dan mereka berusaha untuk hal itu. Apakah atlit dari Korea Utara bakal ikut berpartisipasi dalam Olympic Winter Games 2018? Masih belum ada penjelasan mengenai hal ini sih. Tapi Korea Selatan selalu berharap di event-event baik seperti ini, menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk memperbaiki hubungan satu sama lain. Sukses ya untuk para atlit di PyeongChang Olympic Winter Games 2018!

(source 7: gettyimages.com)

(source 7: gettyimages.com)

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(Sumber: Duniaku)

Meme Sebagai Media Advertising Film Indonesia

Masih ingat dengan Meme di Film AADC 2? Atau Dilan 1990? Nah, di film yang satu ini, sadar atau tidak, meme justru dijad.. more

BEKRAF Game Prime 2017 Bakal Seru!

Bro sis ada yang tahu sama acara Game Prime? Itu loh acara konferensi, seminar, dan pameran game terbesar di Indonesia.. more

Sumber: mangamon.id

Tips Buat Dapetin Free Entry (TIKET GRATIS) ke Indonesia Comic Con 2017!

Masuk Comic Con 2017 tanpa bayar? Gimana caranya tuh?.. more

Game Smartphone Naruto x Boruto: Ninja Voltage Kini Tersedia Untuk Seluruh Region

Seperti game “tower defense” lain di smartphone (atau bahkan di PC sekalipun), game Ninja Voltage ini dapat di-downl.. more

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more