Sebuah Dilema Tentang Karakter Antagonis (Spoiler alert!)

1 year ago

Sebelumnya, pernah dibahas tentang karakter antagonis paling mengerikan di dunia komik. Kalau dari kalian, apa yang muncul di kepala kalo denger kata ‘karakter antagonis’? Atau gampangnya, ‘penjahat’. Apakah kalian berpikir tentang karakter yang duduk rapat tentang strategi menguasai dunia? Atau karakter brewokan yang nodong-nodongin pedang ke orang-orang? Atau mungkin karakter yang selalu bisik-bisik “Hail Hydra!” ke kuping temen-temennya setiap kali mereka ketemu?

Yahh… setiap orang pasti punya gambaran masing-masing kalo denger kata ‘penjahat’. Nah, yang jadi pertanyaan nih. Apa betul si ‘karakter antagonis’ yang muncul di cerita-cerita komik, film, dan game itu bener-bener jahat? Beberapa dari mereka malah memiliki tujuan mulia, bukan sekedar mengikuti egonya. Di mana sebutan ‘Antagonis’ diberikan hanya karena perbedaan jalan ataupun pendapat dengan si karakter utama. Jadi, malah bisa dibilang kalau sebenarnya karakter protagonis itu adalah karakter antagonis dari karakter antagonis itu sendiri. (kok njelimet ya? -_-)

Ada banyak karakter antagonis dalam berbagai cerita, yang dulunya adalah temen dari si karakter protagonisnya. Yup! Pada awalnya mereka punya tujuan dan misi yang sama. Mereka menjalani berbagai kesulitan dan perjuangan demi mencapai tujuan itu. Nah, terus kenapa bisa musuhan? Kenapa yang satu bisa dianggap baik dan yang satu dianggap jahat? Karena itu, sudut pandang kita sebagai pembaca dimainkan di sini dan terkadang itu yang membuat kita mikir kalo batas antara baik dan jahat itu cuma setipis kertas! (Cieeeh dalem!)

Ozymandias (milnersblog.com)

Ozymandias (milnersblog.com)

Dalam cerita dari komik dan film WATCHMEN, Ozymandias dianggap karakter antagonis karena telah membunuh The Comedian dan menghancurkan berbagai kota besar di seluruh dunia. Padahal dulu, Oz juga termasuk dalam anggota WATCHMEN, kelompok pembela kebenaran tempat dia berjuang melawan penjahat dahulu. Nah, apa bener yang dia lakuin itu jahat? Kalau dilihat-lihat, yang dia lakuin adalah untuk kedamaian dunia. Di mana dia melihat manusia adalah mahluk yang selalu ingin berperang. Karena itu, dia membuat dunia bersatu dengan cara memfitnah Dr. Manhattan. “Kill million, to save billion”. Semua yang dia lakukan pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dengan para anggota WATCHMEN lainnya, “To make the world a better place, and that’s excatly what I’m doing right now!” Sebuah kalimat yang membuat kita sedikit menaruh simpati untuknya.

Angkatan Laut One Piece (onepiece.wikia.com)

Angkatan Laut One Piece (onepiece.wikia.com)

Ada lagi sebuah kasus dalam serial manga ONE PIECE, di mana kebanyakan peran antagonis adalah… Angkatan laut! Nah loh… kita semua udah tau kan kalo angkatan laut itu agen pemerintah yang (seharusnya) ditugaskan untuk mempertahankan laut agar lebih aman? Kenapa di sini malah jadi antagonis ya? Malahan sang karakter utamanya adalah bajak laut. Seharusnya, bajak lautlah yang jahat bukan? Lagi-lagi bisa dilihat bahwa antagonis dan protagonis di sini hanyalah masalah ideologi dan tujuan. Meskipun memang dari kedua belah pihak ada yang jahat dan hanya mengikuti ego mereka sendiri (oknum).

Magneto (geekandsundry.com)

Magneto (geekandsundry.com)

Beberapa ada yang menjadi antagonis karena kecintaannya terhadap negara seperti Marscal pada cerita game Suikoden 5, General Zod yang segala tindakannya didasarkan untuk keberlangsungan ras planet crypton, magneto yang berjuang untuk kesejahteraan para mutant, atau Ultron yang bergerak berdasarkan keputusan terbaik untuk dunia (Sesuai pengolahan data yang ada pada programnya). Dari sini kita bisa lihat, beberapa karakter yang dianggap jahat sebenarnya juga gak jahat-jahat amat, beberapa justru punya tujuan yang mulia. Di mana mereka berpikir kalau apa yang mereka lakukan adalah tindakan terbaik untuk mencegah hal yang lebih buruk!

Itachi (naruto.wikia.com)

Itachi (naruto.wikia.com)

Gimana? Ada kepikiran gak tentang karakter antagonis lain yang sebenernya punya tujuan yang baik, dan gak sekedar bermain Tuhan buat nurutin ego mereka? Nyatanya banyak kan, karakter antagonis yang berat hati buat ngelakuin tindakan mereka, tapi menguatkan diri karena merasa itulah yang harus mereka lakuin. Kedengarannya malah berjiwa pahlawan ya? Karakter antagonis yang seperti itu seringkali membuat kita berpikir, tidak ada nilai pasti untuk menentukan kebenaran dan keburukan, serta keadilan dan kejahatan.

“Keadilan akan menang? Tentu saja! Karena siapapun yang menang, ADALAH KEADILAN!” Ucap Doflamingo (ONE PIECE) di tengah perang penentuan.

About Author

Danar Imanuel

Danar Imanuel

A fulltime daydreamer in his way to become the King of Pirate. Likes to do random things and say random words. Writing? Meh... he did it just for fun!

Comments

Most
Popular

Sumber: Decades.com

5 Batsuit Batman Yang Paling Canggih dan Super Keren

Batman dikenal sebagai salah satu superhero yang unik, dimana dia tidak memiliki kekuatan super layaknya Superman, Wonde.. more

00-d-stuber

Iko Uwais Melawan Dave Bautista di Film Stuber!

Aktor laga Iko Uwais dan Dave Bautista akan saling beradu peran dalam Stuber, film aksi komedi yang tengah diproduksi... more

Sumber: CIAYO Comics

Rika Si Preman Sekolah Siap Menghancurkan Masa Indahmu!

Berandalan sekolah Rika dan kawan-kawan siap tarung dengan sekolah sebelah di komik Rika Si Preman Sekolah... more

Logo dari Google Glass. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Google Glass: Kegagalan Google yang Tidak Terduga

Google bukanlah perusahaan yang tanpa pernah sekalipun salah perkiraan atau mengalami kegagalan. Karena ada masa Google .. more

Sumber: twitter.com

5 Film Di Bulan Januari Yang Wajib Ditonton

Memasuki 2018, fokusnya pada bulan Januari, beberapa film unggulan pun dirilis. Animo penonton atas film-film unggulan i.. more