Sejarah Sonic The Hedgehog Terungkap!

2 years ago

Siapa yang nggak kenal dengan Sonic The Hedgehog? Karakter landak biru yang bisa berlari kencang ini adalah salah satu karakter game paling terkenal setelah Mario. Sejarah Sonic bermula di tahun 1991, saat gamenya rilis perdana. Sonic yang bisa dibilang sebagai maskot perusahaan game SEGA ini masih terus malang melintang di dunia game hingga hari ini.

Pernah nggak, terlintas di kepalamu, seperti apa sih sejarah Sonic si landak biru ini? Seperti apa asal muasalnya? Bagaimana ia bisa diciptakan? Dan kenapa biru adalah warna bulunya?

01-sejarah-sonic

Sonic: dari sketsa menjadi desain final. (Sumber: Kotaku)

Pada tanggal 21 Maret kemarin, staf SEGA dari Jepang mengadakan sesi panel dalam Game Developers Conference 2018. Desainer game Hirokazu Yasuhara dan desainer karakter Naoto Oshima menceritakan tentang backstory dari terciptanya karakter Sonic.

Sejarah Sonic ternyata dimulai sejak era Perang Dunia II! Yasuhara dan Oshima menunjukkan beberapa dokumen yang menjelaskan backstory dari karakter Sonic ini. Ternyata desain karakter Sonic pertama kali ditemukan di sebuah pesawat PDII. Pada moncongnya, terdapat gambar karikatur Sonic.

02-sejarah-sonic

Dokumen “sejarah Sonic.” (Sumber: Kotaku)

Kenapa Sonic adalah seekor landak? Kenapa bukan jaguar atau kanguru misalnya? Hal ini kemali lagi kepada backstory Sonic. Pilot yang mengendalikan pesawat Sonic itu, senantiasa terbang dengan kecepatan tinggi. Saking cepatnya, rambut si pilot senantiasa berkibar layaknya landak. Karenanya ia mendapatkan julukan “Hedgehog,” alias landak.

Selepas perang, si pilot yang sudah pensiun kini menikah dengan seorang penulis cerita anak. Terinspirasi karir si pilot, sang istri kemudian menulis sebuah cerita anak dengan landak sebagai tokoh utamanya. Dan dari cerita anak itulah, asal muasal cerita dari game Sonic.

03-sejarah-sonic

Konon gambar Sonic di menu utama gamenya ini diambil dari karikatur pesawat si pilot. (Sumber: IGN)

Apakah cerita di atas benar adanya? Sayangnya “sejarah Sonic” ini adalah sebuah backstory rekaan SEGA. Aslinya, karakter Sonic diciptakan SEGA untuk mengganti maskot lama mereka, Alex Kidd. Dari beberapa eksperimen yang dilakukan studio SEGA AM8, ada beberapa konsep yang berhasil dicetuskan. Salah satu diantaranya adalah landak biru yang kelak akan menjadi Sonic.

Oshima kemudian membawa desain maskot tersebut ke New York dan mengumpulkan pendapat dari pejalan kaki di Central Park. Hasilnya, si landak biru menjadi karakter paling favorit. Menurut Oshima, desain Sonic disukai banyak orang terlepas dari jenis kelamin dan suku bangsa mereka. Sekembalinya ke Jepang, akhirnya desain landak biru ini dipilih sebagai maskot baru SEGA.

06 sejarah sonic

SEGA hampir saja memilih om-om ini sebagai maskot mereka. (Sumber: Giant Bomb)

Bagaimana dengan karakter lain yang ada di konsep tersebut? Mereka direka ulang menjadi karakter Sonic lain. Ada karakter bertema armadillo yang direka menjadi Mighty The Armadillo. Lalu ada lagi karakter mirip Theodore Roosevelt berpiyama yang dimodifikasi menjadi Dr. Eggman, musuh bebuyutan Sonic.

04-sejarah-sonic

Bayangkan Sonic melakukan moonwalk. (Sumber: Kotaku)

Dalam panel GDC tersebut, Oshima juga membuka beberapa konsep dari game Sonic perdana. Awalnya, Sonic didaulat bisa berdansa selain berlari kencang. Berdasarkan fakta produksi sendiri, hal ini cukup mendukung. Sepatu Sonic bahkan terinspirasi dari Michael Jackson. Namun karena faktor kapasitas game, animasi dansa Sonic pun dihilangkan.

Pertanyaan lain yang dijawab terkait sejarah Sonic adalah, kenapa warna bulunya biru? Ternyata jawabannya sangat sederhana. Bulu Sonic berwarna biru karena logo SEGA juga berwarna biru.

05-sejarah-sonic

Rahasia terbesar SEGA dan Sonic! (Sumber: Kotaku)

Terungkapnya sejarah Sonic yang tak banyak orang tahu ini ternyata membuat karakternya semakin menarik, sekaligus memberikan wawasan tentang proses penciptaan karakter dalam video game. Gimana menurut kamu sendiri? Siapa karakter Sonic favoritmu?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(Sumber : duniaku.net)

“Battle of The Toys 2017”, Ajak Nostalgia Para Pecinta Mainan

Bro sis, pas kecil suka main apa aja sih? Ada yang suka ngoleksi mainan? Kalau iya, mungkin bro sis udah gak asing denga.. more

(Sumber: www.jobnjoy.com)

Model Plus-Sized Asal Korea Selatan: No More Body Shame!

Untuk jadi model, kamu ga harus punya tubuh yang kurus loh. Gak percaya? Nih, Plus Sized-Model asal Korea Selatan, Yeom .. more

Member Cosuki Malang dengan kostum masing-masing

Cosuki, Basecamp-nya Cosplayer Malang

Ngoleksi kostum, gathering rutin, ikutan kompetisi, dandan pol dan pake kostum cosplay yang niat? Itulah aktivitas seru .. more

00-d-anak-main-game

Ini 7 Alasan Kolot Orang Tua Melarang Anak Main Game

Pernah ngerasain dilarang main game oleh orang tua? Satu dari tujuh alasan orang tua larang anak main game ini pasti per.. more

Sumber gambar: 2ch.hk

Shinji Mikami: Tokoh Dibalik Kesuksesan Genre “Survival Horror” Seperti Resident Evil

Dunia harusnya berterima kasih pada Shinji Mikami 三上 真司 ... more