Selain Gagal, Ternyata Ada Juga Sekuel Game yang Batal

1 month ago
Sekuel Game Batal - Thumb

Buat industri hiburan, sebuah sekuel itu hampir di ibaratkan sebagai mentari pagi untuk esok hari. Alias sebuah kepastian walaupun dengan embel-embel “hampir”. Karena sebuah sekuel juga tidak dijamin akan melihat matahari pagi esok hari jika produk original / awal tidak meraih kesuksesan finansial.

Hal ini sudah sering terlihat di industri hiburan. Baik itu film maupun video game.

Sekuel game juga tidak selalu terikat dengan platform. Yang artinya game sekuel tidak harus dirilis di console dimana game pendahulunya berada. “Legend of Legaia” lahir di PlayStation, sementara sekuelnya “Legaia 2” merupakan game PlayStation 2. Judul ini merupakan satu contoh dari begitu banyak sekuel game yang lahir di mesin yang berbeda dengan pendahulunya.

Legaia

Sumber: eBay

Legaia 2

Sumber: PicClick

Itu juga kalau sebuah sekuel memang dibuat, tentunya.

Karena ada pula sekuel yang sudah direncanakan namun akhirnya batal dibuat. Atau malah sudah dibuat namun di tengah jalan ‘dipaksa mati’ karena berbagai faktor. Bisa soal biaya pembuatan atau hanya karena developer/publisher judul tersebut patah semangat dan kehilangan keyakinan pada produk mereka sendiri.

Jadi berbeda dengan “sekuel gagal”. Sebuah sekuel gagal adalah sekuel yang sudah jadi dibuat, sudah di produksi massal dan sudah dijual ke pasar namun gagal mendulang prestasi maupun profit uang seperti produk pendahulunya. Sementara “sekuel batal” bahkan tidak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan diri di pasar karena dipaksa mati dini.

Ada banyak sekuel video game yang batal dirilis ke pasar game dunia. Beberapa di antaranya adalah:

“Silent Hills”.

Developer/Publisher: Konami. Seharusnya merupakan sekuel untuk: Silent Hill series.

Sillent Hills

Sumber: Forbes

Judul ini menimbulkan kehebohan besar di industri video game dunia saat diumumkan Agustus 2014 dalam format demo dengan kode nama “P.T” atau ‘Playable Teaser’ untuk PlayStation 4. Direncanakan dibuat oleh team Hideo Kojima (dikenal luas dengan game Metal Gear Solid series) dengan keterlibatan sineas Hollywood seperti Norman Reedus (aktor populer di serial “The Walking Dead”) dan Guillermo del Toro (sutradara film nyentrik yang juga fans anime Super Robot), Silent Hills menciptakan euforia dan ekspektasi tinggi akan sebuah game horor khas “Silent Hill” dengan sentuhan magis Kojima serta kharisma Hollywood dari Reedus dan del Toro. Ditambah lagi atmosfer seram yang dirasakan dari demo “P.T” sangat horor dan keren. Wajar jika kolaborasi tingkat dewa ini ditunggu hasilnya.

Tapi sayang kemudian Hideo Kojima dilaporkan dipecat dari Konami dan demo “P.T” ditarik oleh Konami dari PlayStation Store pada 29 April 2015 disertai statement kalau P.T / Silent Hills dibatalkan pembuatannya walau bukan berarti tidak akan ada lagi game Silent Hill. Karena Konami berjanji tidak mematikan IP tersebut. Berbagai protes dan petisi yang diluncurkan fans tidak mempengaruhi keputusan manajemen Konami. Silent Hills batal dibuat dan dimatikan secara dini. Pembatalan Silent Hills dianggap sebagai salah satu kekecewaan terbesar fans pada perusahaan game Konami selain diskontinyu “Genso Suikoden” series.

Gameplay P.T

“Star Wars 1313”

Developer/Publisher: LucasArts. Seharusnya merupakan sekuel untuk: Game Star Wars series.

Star Wars 1313

Sumber: YouTube

Secara teknis game ini bukanlah sebuah sekuel dari game tersendiri. Namun tetap saja pembatalan perilisannya membuat banyak fans game Star Wars kecewa. Karena selama masa pembuatan/developing, Star Wars 1313 terlihat sangat menjanjikan dengan keterlibatan Boba Fett semasa muda dan dunia Coruscant dengan area 1313 yang suram. Pembatalan game ini erat berkaitan dengan kondisi LucasArts pasca pembelian Disney pada perusahaan induk mereka, LucasFilm, di tahun 2012. Banyak PHK terjadi saat itu dan berpengaruh ke proses pembuatan Star Wars 1313. Star Wars 1313 akhirnya resmi dibatalkan setelah dibuat selama dua tahun. Sebuah langkah yang disayangkan mengingat Star Wars 1313 terlihat menjanjikan sebagai sebuah game aksi seru di universe Star Wars.

Demo Star Wars 1313

“Mega Man Legends 3”

Developer/Publisher: Capcom. Seharusnya merupakan sekuel untuk: Mega Man Legends 2.

Megaman Legends 3

Sumber: Wikia

Terkenal dan menghasilkan banyak uang sekalipun tidak menjamin sebuah sekuel akan mendapatkan kesempatan. Ini bisa terlihat dari game Mega Man Legends. Merupakan spin-off dari game-game Mega Man (yang biasanya berupa 2-D Side Scrolling Shooter), Mega Man Legends 1 & 2 sukses meraih penjualan bagus serta fans loyal di platform PlayStation. Jadi tentu saja seri ketiga diyakini oleh fans sebagai sebuah keniscayaan. Bahkan demo Mega Man Legends 3 sempat akan muncul di Nintendo 3DS namun batal. Capcom sendiri di tahun 2011 mengumumkan pembatalan game Mega Man Legends 3 tanpa alasan jelas. Yang bikin fans kesal, game-game Mega Man lain terus dibuat tapi tidak untuk Mega Man Legends 3.

Trailer Mega Man Legends 3

“Zone of the Enders 3”

Developer/Publisher: Konami. Seharusnya merupakan sekuel untuk: Zone of the Enders 2.

Zone of The Enders

Sumber: Kotaku

Robot besar. Koloni luar angkasa. Duel robot seru adu tembak laser, peluru roket dan berbagai senjata canggih futuristik lainnya. Game Zone of the Enders dirilis untuk PlayStation 2 dan termasuk dalam game hits pada masa itu. Sekuelnya, Zone of the Enders 2 juga termasuk oke. Jadi wajar saja jika fans kegirangan saat Zone of the Enders 3 diumumkan eksistensinya oleh Konami pada Mei 2012… sebelum akhirnya mengumumkan pembatalan pembuatan game itu setahun setelah pengumuman. Konami beralasan hasil penjualan yang jelek dari kompilasi kedua game pendahulunya (yang dijual ulang dalam kemasan HD/High Definition) menjadi penyebab pembatalan pembuatan seri ketiga ‘ZoE’. Diketahui kalau penjualan versi HD Zone of the Enders memang tidak terlalu bagus. Namun tetap saja fans mengutuk aksi Konami ini.

Trailer Zone of the Enders: The 2nd Runner Mars –

“Tom Clancy’s Rainbox Six: Patriots”

Developer/Publisher: Ubisoft. Seharusnya merupakan sekuel untuk: Tom Clancy’s Rainbow Six series.

Rainbow 6 Idiots

Sumber: WallpapersWide

Game ini sungguh nelangsa. Diumumkan tahun 2011, Patriots sudah melewati tahapan pembuatan yang panjang sebelum diumumkan kalau game itu dibatalkan pada tahun 2014. Game ini bahkan sudah merilis trailer, poster, logo dan berbagai elemen promosi lainnya sebelum dibatalkan. Ubisoft beralasan kalau game ini dibuat untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, sementara saat ini yang berkuasa adalah PlayStation 4 serta Xbox One. Ketimbang melempar game tadi ke platform baru, Ubisoft memilih membatalkan keseluruhan game dan membuat game baru berjudul “Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege”.

Bagaimana nasib data game “Tom Clancy’s Rainbow Six: Patriots” sekarang? Game yang bercerita tentang grup teroris yang akan menyerang Wall Street, Amerika Serikat tersebut kini entah berada di komputer siapa…

Trailer Tom Clancy’s Rainbow Six: Patriots

Pembatalan game-game tersebut memang disayangkan. Apalagi untuk game yang sudah “setengah masak” seperti yang dialami oleh Tom Clancy’s Rainbow Six: Patriots, dimana game yang sedang diproduksi benar-benar hampir selesai dan siap untuk dipasarkan namun dibatalkan begitu saja. Namun keputusan rilis/tidak rilis untuk sebuah IP video game adanya di tangan publisher IP itu sendiri. Apapun alasan yang mereka jadikan dasar keputusan pembatalan, itu adalah hak mereka. Fans tidak dapat melakukan apapun selain kesal atau mengutuk kinerja mereka.

Kamu punya pendapat sendiri soal sekuel game yang batal seperti judul-judul diatas?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-senjata-mitologi-paling-berbahaya

Ngeri! Inilah Senjata Mitologi Paling Berbahaya!

Meski zaman sudah modern, senjata mitologi paling berbahaya ini konon mampu mengalahkan pasukan militer terkuat!.. more

00-d-rediscover-yourself

Rediscover: Yourself

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 semakin dekat. JBelum punya konsep untuk komikmu? Maka video Rediscover: Yourself ini bisa.. more

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more

(Sumber gambar: HealthThoroughfare)

Pasca “Skandal Cambridge Analytica”, Facebook Mulai Goyah?

Skandal Facebook baru-baru ini memang bikin heboh. Tapi apa kira-kira pengguna Facebook masih bisa "percaya"?.. more

Sumber: wallpapersin4k.net

Valentine semakin dekat. Yuk, Ajak Gebetan Nonton Film-Film Ini!

Bulan Februari yang identik dengan bulan kasih sayang ini, rasanya pas banget buat deketin gebetan. Nah, biar suasana le.. more