Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

5 months ago
Sumber: Kerrang

Bro sis pasti sudah mendengar kabar pembatalan konser trio Rock-Alternatif Paramore, di Indonesia. Ya, sedianya Hayley Williams cs akan melakukan konser promo album teranyar mereka, After Laughter (2017) pada tanggal 16 Februari 2018 lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Sayang, konser harus dibatalkan akibat Hayley, sang vokalis, masih mengalami infeksi tenggorokan yang lumayan parah. Kabar ini tentunya menjadi berita menyedihkan baik bagi ParaFamily (sebutan fans Paramore) maupun bagi mereka yang sudah terlanjur membeli tiket terlepas, bukan ParaFamily.

Nah, usut punya usut, ternyata Paramore bukanlah band / musisi pertama yang membatalkan konsernya di negerti tercinta ini. Alias, terdapat lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu.

Dan berikut, adalah kesepuluh diantaranya.

Avenged Sevenfold (2012)

Sumber: teamrock

Sumber: teamrock

Band metal pelantun lagu rock-country top, Dear God ini, sedianya akan melakukan konser di Pantai Karnival Ancol, Jakarta pada tangal 1 Mei 2012. ketika sudah hari-H, seluruh personil, panggung dan segala macamnya telah tiba dan siap di lokasi. Sayangnya, beberapa jam sebelum jadwal naik panggung, band asal Huntington Beach, California ini, membatalkan konsernya dikarenakan menurut mereka, desain panggung yang disediakan tidak sesuai standar.

Alhasil mau tidak mau, seluruh The Fallen (sebutan bagi fans band ini) yang telah rela antri dan berpanas-panas ria, harus menelan pil kekecewaan yang sangat menyakitkan.

Stone Temple Pilots w/ Chester Bennington (2014)

Sumber: Alternative Nation

Sumber: Alternative Nation

Bisa dibilang, seluruh pecinta aliran alternatif dan metal di Indonesia sangat excited ketika mengetahui bahwa pentolan alternatif 90an, Stone Temple Pilots akan kembali menyapa penggemarnya di Indonesia di tahun 2014 silam. Rasa excited semakin menjadi lagi ketika mengetahui bahwa vokalis band nu-metal, Linkin Park, (alm) Chester Bennington, akan mengisi posisi vokalnya. Sayang, rasa excited tersebut berubah menjadi kesedihan.

Pasalnya, konser yang sedianya akan diadakan di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, 19 Februari 2014, dibatalkan. Hal ini dikarenakan, hingga menjelang hari-H, STP masih sibuk mengurusi proses rekaman album terbaru mereka kala itu. Entahlah, menurut saya alasan ini terlihat dibuat-buat. Pasalnya, antara tahun 2014-2017, STP tidak merilis album apapun sama sekali. Ya terlepas apapun alasan sesungguhnya, sekali lagi, pembatalan ini cukup menyakitkan seluruh penggemarnya.

Justin Bieber (2017)

Sumber: The National

Sumber: The National

Setelah sukses mengadakan konser di Indonesia di tahun 2011, maka, tidak mengeherankan apabila Indonesia, kembali masuk ke dalam daftar salah satu negara yang akan disinggahi oleh Justin Bieber untuk mempromosikan album teranyarnya, Purpose (2015).

Namun sayang. Konser yang sedianya akan diadakan pada tanggal 10 Oktober 2017 di Ancol Park, Jakarta, dibatalkan. Alasannya, Bieber dilanda stres dan kelelahan berat akibat sebelumnya telah melakukan konser non-stop di lebih dari 150 negara.

Rihanna (2008, 2009)

Sumber: Lifeloveandlipstick

Sumber: Lifeloveandlipstick

Pelantun hit Umbrella ini, ternyata sudah dua kali berturut-turut batal konser di Indonesia. Pada tahun 2008, Rihanna batal datang akibat travel warning yang dikeluarkan oleh pemerintah AS. Travel warning tersebut diberikan mengingat keadaan Indonesia yang saat itu sangat tidak kondusif. Pada tahun 2009, penyanyi asal Barbados ini kembali batal ke Indonesia akibat permasalahan domestik serius yang dialaminya bersama kekasihnya saat itu, Chris Brown.

Pembatalan berturut-turut ini, tak pelak membuat seluruh Rihanna Navy di Indonesia kala itu kecewa berat, mengingat lagu Umbrella saat itu sedang booming-booming-nya.

Maroon V (2015)

Sumber: Festival Sherpa

Sumber: Festival Sherpa

Konser ketiga Adam Levine cs  ini awalnya akan diadakan pada tanggal 23 September 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Namun pada akhirnya batal dengan alasan yang unik. Tidak seperti alasan musisi-musisi lain, seperti sakit atau masalah visa, dl. Pembatalan ini lebih dikarenakan Adam cs ingin menghormati seluruh umat muslim yang pada tanggal tersebut sedang merayakan Idul Adha.

N.E.R.D (2009)

Sumber: RollingStone

Sumber: RollingStone

Setelah bertahun-tahun hanya bisa menikmati musik unik Pharell Williams cs di radio dan televisi, akhirnya seluruh fans trio N.E.R.D di Indonesia, akan bisa menyaksikan penampilan ketiganya secara langsung pada tanggal 22 Maret 2009. Sayang seribu sayang, harapan seluruh fans langsung pupus ketika promotor Java Festival Production mengumumkan, bahwa ketiganya batal datang akibat paspor mereka yang ditahan oleh pihak bandara.

Chris Brown (2011, 2013 & 2015)

Sumber: Spiegel

Sumber: Spiegel

Bukan hanya satu, bukan hanya dua, tapi tiga kali Chris Brown telah membatalkan konsernya di Indonesia. Spesifiknya, pada tahun 2011, 2013 dan 2015. Dan ketiga penyebabnya pun cukup berbeda-beda.

Pada tahun 2011, konser dibatalkan karena Brown sedang sibuk syuting film. Belum diketahui secara jelas lagi film manakah yang dimaksud walau, kalau menurut saya, film yang dimaksud tersebut adalah Think Like a Man (2012) yang mana di film tersebut ia memerankan karakter bernama Alex.

Tahun 2013, konser yang seharusnya diadakan pada tanggal 14 September 2013 di Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, batal akibat perselisihan antara Brown dengan pihak manajemennya.

Untuk kasus yang tahun 2013 ini cukup unik loh bro sis. Menurut pihak promotor di Indonesia, Avant Grade Entertainment, pembatalan dilakukan secara sepihak oleh pihak Chris Brown. Oleh karena itu, Avant Grade tentunya meminta refund ke pihak Chris Brown yang sudah terlanjur dilakukan pembayaran. Setelah beberapa minggu, pihak Brown baru mengungkapkan alasan pembatalan ini karena dirinya tidak dijadwalkan untuk konser sama sekali di Indonesia.

Sedangkan untuk yang tahun 2015, Brown melalui akun Twitter-nya mengungkapkan  (lagi-lagi) karena alasan keamanan (safety reason), Brown tidak ada pilihan lain selain membatalkan konsernya. Nah, mengingat Brown kini telah dekat sekali dengan biduanita Indonesia top, Agnes Monica AKA AgnezMo, marilah kita berdoa saja semoga kedekatan ini akan berakhir dengan penampilan konser perdananya di Indonesia dalam waktu-waktu dekat ini. Amin.

Lady Gaga (2012)

Sumber: GagaPedia

Sumber: GagaPedia

Pada tahun 2012, penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini sedang ngetop-ngetopnya. Pasalnya, album keduanya yang bertajuk Born This Way (2011) benar-benar super booming kala itu. Melihat hal ini, maka tidaklah mengherankan apabila seluruh Little Monster di Indonesia kala itu merasa super excited ketika mengetahui bahwa “ibu” mereka akan melakukan konser perdananya pada tanggal 3 Juni 2012.

Namun sayang, konser harus dibatalkan akibat kecaman dari berbagai kalangan yang seperti kita tahu, mengecam habis-habisan penampilan seksi nan berani Gaga di setiap konsernya. Dan semenjak pembatalan tersebut, alhasil hingga kini, seluruh Little Monster di Indonesia masihlah belum mendapatkan kesempatan lagi sama sekali untuk menyaksikan performa Gaga secara langsung.

Bukannya saya mau mematahkan harapan. Namun, mengingat kombinasi dari hal tersebut plus Gaga yang saat ini sedang menderita penyakit Fibromyalgia yang notabene merupakan penyakit yang cukup serius, sepertinya bro sis kini tidak usah terlalu berharap untuk menunggu kehadirannya di Indonesia dalam 1-2 tahun ini.

Aerosmith (2013)

Sumber: Music Feeds

Sumber: Music Feeds

Sebagai salah satu band rock legendaris yang sama sekali belum pernah tampil di Indonesia, maka tidaklah mengherankan apabila hype kedatangan perdana mereka di tahun 2013 sangatlah tinggi. Sedianya, Steven Tyler cs akan mengadakan konser Indonesia perdana mereka pada tanggal 11 Mei 2013 di Parkir Barat JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Namun euforia yang telah berapi-api tersebut, sayangnya harus padam ketika kabar batalnya konser mereka diumumkan.

Menurut kabar, batalnya pelantun hit Walk This Way ini, dikarenakan alasan keamanan. Tapi bro sis yang fans berat, jangan patah semangat ya. Siapa tahu ke depannya Aerosmith akhirnya melakukan konser perdananya juga di Indonesia.

Ed Sheeran (2017)

Sumber: Creative Disc

Sumber: Creative Disc

Dan inilah kabar pembatalan yang juga tidak kalah menghebohkannya dengan Paramore yang terjadi menjelang akhir 2017 lalu. Pelantun lagu Perfect ini, sedianya akan mengadakan konser perdananya di Indonesia pada tanggal 9 November 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Akan tetapi seluruh fans harus menitikkan air mata dikarenakan Ed Sheeran membatalkan konser yang tiketnya sudah sold-out tersebut. Alasannya, Sheeran mengalami kecelakaan sepeda yang membuat pergelangan tangan kanan dan siku kirinya cedera parah.

Dan hingga tulisan ini diturunkan, Sheeran belum memberikan kepastian lagi, terkait penjadwalan ulang (reschedule) konsernya. Jadi ya kita tunggu saja deh bro sis, update selanjutnya dari mantan kekasih Ellie Goulding ini.

Nah bro sis, itulah tadi kesepuluh musisi top dunia yang pernah membatalkan penampilannya di Indonesia. Dari kesepuluh yang ada di daftar, pembatalan mana sajakah yang pernah kalian alami / rasakan? Silahkan sampaikan komentarnya ya bro sis!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Gal Gadot Menyelamatkan Wonder Woman dari Patty Jenkins

Wonder Woman sudah sepantasnya dibuat sempurna. Saya akan menulis review film Wonder Woman garapan Patty Jenkins sesuai .. more

00-d-buka-bersama-ciayo-corp

Buka Bersama CIAYO Corp, Menjalin Silaturahmi Dengan Komikus Indonesia

Acara buka bersama CIAYO Corp. diadakan tanggal 7 Juni lalu mempertemukan para pegawai CIAYO Corp. dengan komikus dan pa.. more

Karakter anime ero loli yang bisa bikin awam salah paham. Sumber: merdeka.com

PENJELASAN Karakter Ero Loli Yang Sering Bikin Orang Awam Salah Paham

Seperti kasus yang kemarin sempat heboh antara artis lawas, Nafa Urbach, dengan seorang otaku yang membawa-bawa istilah .. more

CIAYO One Shot Challenge Vol.2 Berhadiah Lebih Dari 100 Juta Rupiah!

CIAYO One Shot Challenge Vol.2 Berhadiah Lebih Dari 100 Juta Rupiah!

Setelah sukses dengan event yang pertama, CIAYO Comics One-shot Challenge Vol.2 hadir lagi dengan tantangan baru, makin .. more

(i1.wp.com)

5 Anime yang Digemari Perempuan 90-an

Perempuan yang lahir tahun 90-an, uda jelas donk gak asing sama film-film kartun yang menumbuhkan mimpi dan imajinasi ma.. more