Selamat Memperingati Hari Game Nasional! Ada yang Masih Ingat Dengan Game-Game Ini?

2 years ago
Sumber: Eeyant

Di tengah berkembangnya industri game di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, membuat Asosiasi Game Indonesia, tepatnya tahun lalu, menetapkan tanggal 8 Agustus sebagai Hari Game Nasional. Hal ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelaku industri game, bahkan pemain untuk mendukung dan berpartisipasi dalam mendorong kemajuan industri game Indonesia.

Nah, tepatnya hari ini tanggal 8 Agustus 2017, dalam rangka memperingati Hari Game Nasional, yuk kita telaah sedikit mengenai sejarah perkembangan game online di Indonesia. Siap-siap bernostalgia yuk!

Nexia Online

Nexia Online (Sumber: nexia online wiki)

Nexia Online (Sumber: nexia online wiki)

Taukah kamu bahwa game online pertama yang masuk ke Indonesia adalah Nexia? Ya, game online RPG ini muncul di bulan Maret 2001. Dengan grafis 2d , Nexia sudah bisa dimainkan di komputer Pentium 2. Dengan empat karakter utama yaitu mage, roque, warrior dan poet, game ini punya dunia jelajah yang luas, Sayangnya, game ini sudah gantung sepatu pada tahun 2004 dan sepertinya belum ada tanda-tanda game ini akan dihidupkan kembali.

RF Online

RF Online (Sumber: free2play)

RF Online (Sumber: free2play)

Wah, bagi kamu sesepuh gamers Indonesia pasti uda ga asing lagi sama game ini. Game 3D yang mengharuskan kamu men-upgrade komputer ini bisa dikatakan sebagai era revolusi game di Indonesia. Yang istimewa dari masa ini adalah, pemain sudah mulai beralih dari koneksi internet dial-up, ke internet langganan. Para gamers di zaman ini juga menjadi lebih serius bermain, karena mereka sudah mulai membidik kekuasaan dan kemenangan. Tak hanya pemain, pelaku industri dunia game pun mulai bermunculan.

Ayo Dance

Ayo Dance (Sumber: youtube)

Ayo Dance (Sumber: youtube)

Di masa Ayo Dance ini lah gamers perempuan mulai menunjukkan aksinya. Game ini tak hanya ramai oleh para laki-laki, namun ada banyak juga perempuan yang ikut bermain. Dengan konsep couple dan ‘styling’ yang ada di dalam game-nya, pacaran online lewat game ini pun mulai bermunculan. Apalagi kita diperbolehkan untuk mencari couple di game ini. Bahkan salah satu teman saya, berkenalan dengan pacarnya lewat Ayo Dance loh! Hubungannya pun masih bertahan hingga sekarang. Wow~

Game ini memang dikatakan sangat adiktif. Di masa inilah, warnet-warnet pun mulai jaya, apalagi Ayo Dance mempunyai mi-cash, yaitu voucher dimana  pemain bisa membeli sejumlah item di dalam game dengan uang asli.

Point Blank

Point Blank (Sumber: gaming.youtube)

Point Blank (Sumber: gaming.youtube)

Game online dengan jutaan pemain dan fanbase di seluruh dunia ini memang pantas dijadikan salah satu game terpopuler di Indonesia. Bahkan dengan kesuksesan Point Blank, banyak perusahaan game lain yang berbondong-bondong membuat game-game sejenis seperti CrossFire, WarRock dan X-SHOT. Kemunculan PointBlank sekaligus menjadi pencetus turnamen-turnamen game online di Indonesia.

Ragnarok Online (RO)

Ragnarok. (Sumber: encyclopedia.gamia)

Ragnarok. (Sumber: encyclopedia.gamia)

Game ini juga terbilang berhasil membumi-hanguskan dompet para pemainnya. Awal mula game ini dikabarkan akan masuk ke Indonesia, gamers Indonesia sudah sangat antusias menantikan kehadirannya. Game yang booming sejak tahun 2003 ini, mempunyai gameplay yang menarik dan adiktif. Sehingga tak heran, game ini berhasil sukses di negara belahan Asia dan Eropa.

Bisa dikatakan setelah masa game-game diatas, selanjutnya yang berjaya adalah mobile game seperti Clash of Clans, Clash Royale dan lain-lain. Bahkan saat ini game online tidak hanya dijadikan untuk menghabiskan waktu dan sebagai aktivitas menyenangkan lagi. Game online mulai dimanfaatkan sebagai ladang bisnis bagi para pelakunya.

Gimana bro sis? Ada yang nostalgia dengan game online yang disebutkan diatas? Tentunya masih banyak game lain yang terlewatkan, namun kira-kira game online diatas lah yang jaya di era-nya. Sharing yuk, apa saja game favorite kamu dan pengalamanmu bermain game tersebut!

CHIPS: Monster Tap! mengucapkan Selamat Hari Game Nasional!

CHIPS: Monster Tap! mengucapkan Selamat Hari Game Nasional!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sumber: CGMagOnline

Gosip Panas PlayStation 5: Paling Cepat Muncul Di 2020

Beberapa hari belakangan muncul selentingan berita kalau Sony sudah mempersiapkan penerus Playstation mereka selanjutnya.. more

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more

00-d-searching

Review Film Searching – Apakah Internet Telah Menghubungkan Kita Dengan Benar?

Searching bercerita tentang seorang ayah bernama David Kim yang mencari tahu keberadaan anaknya, Margot setelah sang ana.. more

Design by Bisri Mustova

World of Ghibli: Bakal Ada Apa Aja di Sana?

Kupas tuntas perhelatan acara dan ekshibisi World of Ghibli Jakarta!.. more

James & Martha. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Romance di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Apa saja komik romance CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2 yang populer saat ini? Ini dia 10 komiknya yang terbaik... more