Semua Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Popcon Asia 2017

5 months ago
Popcon Asia (Sumber: Popcon Asia)

Sebagai salah satu festival pop culture terbesar di Indonesia, tahun ini Popcon Asia kembali mengadakan pagelarannya yang ke-enam. Dengan mengusung tema POP Parade, Popcon masih berkomitmen untuk mengangkat dan mempromosikan budaya populer dan industri kreatif Indonesia.

Hadirnya Popcon Asia juga sebagai wadah bagi para kreator dan artist untuk mempromosikan seni populernya, baik film, musik, animasi, komik, game, teknologi dll. Selain itu, Popcon Asia juga dapat menjadi ajang berkumpulnya para kreator, artist, fans bahkan investor untuk mengembangkan koneksi, berbagi ide dan saling belajar.

Tentunya tidak hanya pagelaran saja, Popcon Asia juga akan diisi berbagai hiburan dan edukasi. Seperti bazaar, workshop, masterclass, musik, mainan, animasi dan berbagai pertunjukkan hiburan lainnya. Tidak main-main, kali ini pihak penyelenggara mendatangkan line up warbiyasah skala internasional!

Sumber: Popcon Asia

Sumber: Popcon Asia

Sumber: Popcon Asia

Sumber: Popcon Asia

Line up Popstar diatas memang bukan lah orang asing lagi di kancahnya. Contohnya Chris Cantada, youtuber Filipina yang berhasil mengantongi banyak sekali penghargaan dengan lebih dari 270 juta viewers. Mantan drummer Sponge Cola ini lebih dikenal luas lewat aksinya dalam video fanmade Power Rangers dan Starwars.

Chris Cantada (Sumber: youtube.com)

Chris Cantada (Sumber: youtube.com)

Ada juga pemeran power ranger asli yang turut hadir meramaikan Popcon Asia. Walter Jones ‘The Original Black Ranger’ dari serial Power Ranger Mighty Morphin pun telah mengonfirmasi kehadirannya di acara Popcon Asia. Kedatangan Walter Jones tentu saja menambah daftar line up popstar yang dimana sebelumnya, Yoshi Sudarso dan Peter Sudarso, pemeran ranger biru di series power ranger yang berbeda juga dipastikan akan hadir.

Yoseph dan Peter Sudarso - rangers biru di series Power rangers

Yoseph dan Peter Sudarso – rangers biru di series Power rangers

Selain itu, salah satu line up yang juga sangat ditunggu-tunggu kedatangannya adalah Aimée de Jongh, kreator multitalenta asal Belanda ini memang sudah lama berlalu lalang di dunia kreatif. Sudah banyak sekali penghargaan yang ia dapatkan dari berkarir sejak remaja. Tak hanya berbakat di bidang komik, Aimée de Jongh juga sangat amat berprestasi di animasi. Bahkan animator Walt Disney Pictures, Joseph Gilland sangat memuji Aimée dan menganggap ia adalah seorang artist yang jarang ditemukan saat ini.

Aimée de Jongh (Sumber: popcon Asia)

Aimée de Jongh (Sumber: popcon Asia)

Dari tahun ke tahun, Popcon Asia seringkali dijadikan sebagai ajang launching entertainment, misalnya film. Masih ingatkah di tahun 2015, saat sekuel AADC 2 mengumumkan perilisannya di Popcon? Dan pada tahun 2016, giliran Reza Rahardian cs yang mengadakan launching trailer film Firegate. Kira-kira kejutan apa lagi ya dari dunia film tahun ini? Kita tunggu saja pengumumannya.

Tentunya ga cuma Popstar saja yang menjadi highlight di Popcon Asia 2016. Berbagai activity menarik juga turut meramaikan Popcon Asia tahun ini. Ada banyak sekali workshop dan masterclass yang akan menambah kreativitas dan produktifitas-mu. Nah kan, gak cuma sekadar ajang hiburan aja, kamu ga bakal sia-sia deh isi weekend kamu di Popcon.

Popconnect

Sarana untuk mempertemukan antara kreator lokal dan publisher. Para artist bisa datang ke acara popconnect untuk berbincang dan menyerahkan portfolionya ke publisher yang dituju. Woah, siapa tau kan kamu bisa diterima di publisher impian kamu!

Archipelageek

Sebagai salah satu event terbesar di Asia Tenggara, BEKRAF bekerjasama dengan AGI menyelenggarakan Archipelageek, yaitu ajang pameran game Indonesia. Dari banyaknya game yang mendaftar, sudah terseleksi game-game terbaik. Jadi tak hanya bisa lihat-lihat, kamu juga bisa bermain dan ngobrol bareng developer game favorit kamu.

Masterclass

Ga cuma pameran dan lomba, kamu juga bisa menambah pengetahuan dan skill kamu dengan mengikuti masterclass di Popcon Asia 2017. Akan ada tiga kelas dengan mentor kenamaan yang tentunya jarang-jarang banget bisa kamu temui.

Aimée de Jongh (Sumber: Popcon Asia)

Aimée de Jongh (Sumber: Popcon Asia)

Namanya juga masterclass, berarti kamu akan diajari oleh para master. Oleh karena itu, kamu diharuskan untuk merogoh sejumlah biaya untuk tiap kelas yang ingin kamu ikuti. Sebelumnya, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas di sini.

Kelas animasi by Simon Allen (Sumber: Popcon Asia)

Kelas animasi by Simon Allen (Sumber: Popcon Asia)

Workshop

Berbagai workshop dengan tema yang menarik tersedia di Popcon asia 2017. Selain bisa mendengar pengalaman dan menambah pengetahuan, kamu juga bisa bertukar pikiran dengan para ‘guru’ kredible. Sejauh ini total ada 5 workshop yang diumumkan oleh pihak penyelenggara.

Untuk detail mengenai workshop ini, kamu bisa baca di sini.

Challenge/ Competition

Keseruan Popcon tahun ini juga semakin berasa dengan adanya berbagai kompetisi dan challenge seru. Kebanyakan dari kompetisi ini gratis loh guys, namun adapun beberapa yang mematok biaya pendaftaran. Tenang, ga mahal kok, worth it banget sama total hadiahnya.

Kompetisi ini turut melibatkan berbagai brand-brand besar seperti Indomilk, Sephora dan lain-lain. Jadi kebayang dong bakal betapa petjahnya acara ini. Buat kamu yang ingin sekadar menikmati dan hobi mantengin kompetisi, jangan lupa hadir ke acara ini ya!

Popcon Awards

Popcon Awards (Sumber: Popcon Asia)

Popcon Awards (Sumber: Popcon Asia)

Sebagai bentuk apresiasi insan industri kreatif Indonesia, Popcon bekerja sama dengan spektakel.id , AGI dan @akademisamali mempersembahkan Popcon Award. Award ini pun terbagi menjadi tiga kategori yaitu komik, video online dan game.

Ratusan pameran sudah dipastikan akan hadir di event kali ini. Nah, buat yang weekend bingung mau kemana, yuk dateng ke JCC Senayan. Selain bisa cuci mata, kamu juga bisa menjadi bagian dari insan industry kreatif Indonesia loh. Untuk tiket per-hari hanya dikenai seharga Rp 95.000,00. Tapi kalau kamu mau dateng 2 hari, kamu bisa langsung membeli tiket 2 day pass hanya dengan Rp. 170.000,00. Tiket bisa dibeli secara online dan on the spot. Namun, menurut pengalaman sih, membeli online lebih disarankan untuk menghindari antrean panjang. See you guys on this weekend. Ingat, 5-6 Agustus di Hall B, JCC Senayan.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Animasi Pendek Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Mewek

Kali ini komik viral ini dibalut dengan versi berbeda dan lebih menyentuh. Sudah siap nangis bareng animasi ini? Yuk, la.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Payung: Komik Viral yang Bikin Mewek

Hi guys! masih inget nggak sama komik Payung? Komik oneshot bikinan Thoma Prayoga ini adalah salah satu oneshot pertama .. more

Member Cosuki Malang dengan kostum masing-masing

Cosuki, Basecamp-nya Cosplayer Malang

Ngoleksi kostum, gathering rutin, ikutan kompetisi, dandan pol dan pake kostum cosplay yang niat? Itulah aktivitas seru .. more

Sumber: natalie.mu

Biblia Koshodou no Jiken Techou/Biblia Used Bookstore Casebook Akan Hadir Dalam Versi Live Action Movie!

Kabar gembira buat para penggemar novel Biblia Koshodou no Jiken Techou/Biblia Used Bookstore Casebook! Rencananya, live.. more