Seniman Mural Asal Indonesia ini Berhasil Go International!

3 years ago
Knowl­edge speaks — Wis­dom lis­tens, Athens Greece 2016 (Sumber: wdstreetart.com)

Hai bro sis? Gimana liburannya? Gak berasa ya Ramadhan sudah selesai. Kota Jakarta emang sudah mulai terlihat hiruk pikuknya, yah siap-siap macet lagi deh. hehe. Nah, buat bro sis yang sudah klik artikel ini pasti tertarik dan penasaran tentang mural deh.

Ya, gausa dijelasin panjang-panjang kayak di text books pelajaran Seni Rupa, kebanyakan dari kita pasti uda tahu apa itu seni mural. Mural atau biasa disebut dengan wall image/street art memang sering kita temukan di sudut-sudut dinding kota. Kesenian Mural emang gabisa kita lepaskan dari bangunan, mengingat awalnya mural merupakan lukisan besar yang dibuat untuk mendukung ruang arsitektur.

Nah, ternyata kalau ngomongin soal mural, Indonesia juga punya jagoannya loh. Buat para penikmat street art pasti pernah mendengar nama Wild Drawing atau WD? Yah, meskipun bukan nama asli, nama Wild Drawing atau WD emang sudah mendunia banget! Namun, meski rajin men-update tentang karyanya di media sosial miliknya, Wild Drawing sekalipun belum pernah memperlihatkan wajah aslinya.

Con­crete Mon­sters, Les­bos isl, Greece 2013 (Sumber: wdstreetart.com)

Con­crete Mon­sters, Les­bos isl, Greece 2013 (Sumber: wdstreetart.com)

Jadi, kalau bro sis mau ngobrol sama Wild Drawing, bro sis cuma bisa komunikasi lewat facebook dan instagram pribadinya. Apalagi pria kelahiran Bali ini kabarnya sudah menetap di Yunani, tepatnya Athena.

Salah satu karyanya, ‘Owlself’ yang berlokasi di Bali pernah menjadi perbincangan di media massa dunia loh. Bahkan Owlself sendiri pernah menjadi salah satu ‘The 20 Most Stunning Works of Street Art of 2015’ seperti yang dilansir dari Brightside.me

The 20 Most Stunning Works of Street Art of 2015, Owl­self, Bali Indone­sia 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

The 20 Most Stunning Works of Street Art of 2015, Owl­self, Bali Indone­sia 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Nah, daripada berlama-lama yuk kita simak karya-karyanya! Berikut merupakan karya-karya terbaik Wild Drawing yang sudah kami rangkum dari akun instagramnya.

The Last are Lost from the List, Athens Greece 2014 (Sumber: wdstreetart.com)

The Last are Lost from the List, Athens Greece 2014 (Sumber: wdstreetart.com)

 No land for the Poor, Athens Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

No land for the Poor, Athens Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Hope Dies Last, Athens Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Hope Dies Last, Athens Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Humane, Naousa Greece 2016 (Sumber: wdstreetsrt.com)

Humane, Naousa Greece 2016 (Sumber: wdstreetsrt.com)

Money Kills, Bali Indone­sia 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Money Kills, Bali Indone­sia 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Uncon­di­tional Love, Naxos isl. Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Uncon­di­tional Love, Naxos isl. Greece 2015 (Sumber: wdstreetart.com)

Sebagian gambar berlokasi di Bali, namun banyak juga yang berlokasi di Yunani, Jerman, Finlandia dan lain-lain. Buat kamu yang akan liburan ke Bali, spot-spot dinding hasil mahakarya Wild Drawing bisa dijadikan referensi loh. Dijamin deh bakalan instagram-able banget!

Psst! CIAYO Comics juga pernah bikin mural loh! Sebagai bentuk terima kasih CIAYO Comics atas keberhasilan campaign #UntukSemua di bulan Ramadhan kemarin, komikus-komikus CIAYO Comics berkumpul bersama-sama untuk membuat mural. Ga cuma satu dua komikus aja yang terlibat, seluruh author komik juga ikut meramaikan dengan berbagai gambar khas komik masing-masing. Penasaran gimana keseruannya dan hasilnya? Yuk disimak video dibawah ini khusus #UntukSemua!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Game terbaru Hokuto no Ken berjudul Hokuto ga Gotoku. Sumber gambar: gematsu.com

Game Fist of The North Star Terbaru Akan Dibuat Oleh Developer Game Yakuza

Berita yang sedang beredar cukup mengejutkan para gamers, terutama fans dari serial Hokuto no Ken alias Fist Of The Nort.. more

00-d-Hero-Overwatch-Paling-Populer

Siapa Hero Overwatch Paling Populer di Indonesia?

Overwatch merupakan salah satu game FPS paling populer, termasuk di Indonesia. Siapa hero Overwatch paling populer versi.. more

Teriakan Berdarah – File 005 Gejolak Dalam Diri

Jika saja aku mengerti apa yang sebenarnya terjadi padaku dan memberi batasan pada gejolak diriku yang lain ini, mungkin.. more

Sumber: doraemon.wikia.com

Ini Karakter – Karakter Favorit Para Artist

Setiap artist biasanya punya tokoh atau karakter favorit yang sedikit banyak mempengaruhi pembuatan karya. Nah, gimana d.. more

Sumber gambar: mondofox.it

Go Nagai: Mangaka Senior yang Mempopulerkan Genre Ecchi dan Super Robot

Go Nagai adalah sosok mangaka jenius yang tidak terjebak pada satu genre. Ia membuat manga bertema robot, komedi, peremp.. more