Sepuluh Nama Keluarga Jepang Dengan Maknanya

2 years ago
Sumber gambar: pinterest.com

Pujangga Inggris Shakespeare bilang, “Apalah arti sebuah nama?”. Tapi kalau kalimat itu dikatakan pada orang biro periklanan, mereka akan bilang “Arti sebuah nama alias brand sangat penting!”.

Jika kata pujangga sebuah nama itu tiada artinya (seperti halnya begadang, menurut penyanyi dangdut) tapi menurut orang advertising sebaliknya, ini artinya “nama” adalah elemen yang melekat pada manusia. Apa yang akan terjadi jika tidak ada nama? Kekacauan global. Jadi apapun itu, nama adalah hal yang penting dan punya makna.

Walau tidak begitu populer, tapi di Indonesia ada beberapa suku yang menggunakan nama keluarga sebagai penanda identitas. Suku Batak misalnya; mereka punya puluhan nama keluarga (marga) sebagai penanda di antara mereka. Nama keluarga tersebut biasanya memiliki makna khusus atau spesifik yang mengindikasikan satu hal mengenai “keluarga besar” mereka.

Penggunaan nama marga/keluarga juga terjadi di luar negeri. Berbagai negara memiliki konsep nama keluarga yang memudahkan identifikasi dan pengelompokan. Orang di negara seperti Amerika Serikat atau China memanggil seseorang yang belum akrab atau baru saling mengenal dengan nama keluarga. Nama depan baru digunakan jika keduanya sudah saling mengenal atau akrab sehingga melepaskan unsur formalitas.

Di Jepang juga sama.

Warga disana menggunakan nama keluarga, yang ditulis di bagian depan nama (berbeda dari negara Barat yang menuliskan nama keluarga di bagian belakang nama).

Mereka bahkan memakai segel/stempel nama keluarga (Hanko / 判子 ) yang berfungsi sebagai “tanda tangan” di berbagai dokumen. Di Jepang, penggunaan segel/stempel seperti ini adalah sebuah tradisi lama dalam masyarakat yang masih dilestarikan hingga kini.

Hanko modern. Sumber gambar: etsy.com

Hanko modern. Sumber gambar: etsy.com

Hanko tersebut biasanya bertuliskan nama keluarga. Ada banyak sekali nama keluarga di Jepang. Nama keluarga ini memiliki sejarah dan makna sendiri-sendiri. Berikut sepuluh nama keluarga di Jepang dengan makna dibaliknya. 

  1. Satō –

Nama ini bermakna “untuk membantu”, dan di masa lalu klan/keluarga Sato termasuk keluarga terpandang yang disegani. Saat ini tercatat ada lebih dari 1.9 juta warga negara Jepang dengan nama keluarga Sato.

Seleb dengan nama ini antara lain adalah Hiroko Sato; seorang aktris, penyanyi dan juga model gravure.

Hiroko Sato. Sumber gambar: kamenrider.wikia.com

Hiroko Sato. Sumber gambar: kamenrider.wikia.com

  1. Saitō –

Arti bebas dari nama keluarga ini adalah “kesucian dan pemujaan pada dewa”. Menurut data ada sekitar 980 ribu warga Jepang yang memakai nama keluarga ini. Konon klan Saitō berhubungan dengan Fujiwara (藤原氏) yang terkenal punya derajat tinggi di kalangan orang Jepang sejak era Heian (794-1185 Masehi).

Seleb bernama keluarga Saitō misalnya aktor Takumi Saitō.

Takumi Saitō. Sumber gambar: youtube.com

Takumi Saitō. Sumber gambar: youtube.com

  1. Nakamura – 中村

Nakamura dapat diartikan sebagai “orang yang berasal dari desa di tengah” jika kanji nama mereka diartikan per kanji (Naka 中 berarti tengah & Mura 村 adalah desa). Jumlah orang Jepang yang menggunakan nama keluarga ini ada sekitar satu juta warga.

Atlit sepakbola professional Shunsuke Nakamura menggunakan nama keluarga ini.

Shunsuke Nakamura. Sumber gambar: dailyrecord.co.uk

Shunsuke Nakamura. Sumber gambar: dailyrecord.co.uk

  1. Kobayashi –

Berdasarkan dua kanji yang ada, Kobayashi dapat diartikan sebagai “hutan kecil”. Marga Kobayashi digunakan lebih dari sejuta manusia di Jepang sesuai data yang ada.

Yū Kobayashi, seorang seiyuu alias pengisi suara professional, merupakan salah satu tokoh terkenal bermarga Kobayashi.

Yū Kobayashi. Sumber gambar: kotaku.com

Yū Kobayashi. Sumber gambar: kotaku.com

  1. Suzuki –

Bukan, bro sis. Arti kanji itu bukan mobil atau motor hehehe. Arti dari kanji Suzuki kurang lebih adalah “pohon lonceng/bell”. Warga negara Jepang dengan nama keluarga Suzuki cukup banyak yang terdata, yakni sekitar 1.707.000 orang.

Seleb dengan nama keluarga Suzuki misalnya penyanyi & aktris Ami Suzuki.

Ami Suzuki. Sumber gambar: jpopcdcovers.wordpress.com

Ami Suzuki. Sumber gambar: jpopcdcovers.wordpress.com

  1. Takahashi –

Jika dilihat dari dua kanji yang jadi nama ini, arti dari Takahashi “jembatan tinggi”. Beberapa pendapat menyatakan kalau ini mungkin ilustrasi dimana klan Takahashi di masa lalu tinggal di areal tinggi seperti pegunungan. Secara statistik ada lebih dari 1.416.000 warga Jepang yang menggunakan nama keluarga Takahashi.

Artis yang menggunakan nama keluarga ini misalnya mangaka jenius pencipta Ranma ½ dan banyak judul manga lainnya, Rumiko Takahashi.

Rumiko Takahashi. Sumber gambar: aminoapps.com

Rumiko Takahashi. Sumber gambar: aminoapps.com

  1. Watanabe –

Yang menarik adalah kanji Watanabe juga terkadang ditulis dengan tulisan 渡邊 walau tidak mengubah artinya, yaitu “melintasi wilayah/perbatasan”. Ada lebih dari 1.134.000 penduduk Jepang yang menggunakan nama keluarga ini.

Seleb dengan nama keluarga Watanabe adalah aktor Jepang yang juga populer di perfilman Hollywood, Ken Watanabe.

Ken Watanabe. Sumber gambar: independent.co.uk

Ken Watanabe. Sumber gambar: independent.co.uk

  1. Yamamoto –

Dua kanji yang menyatu dan menjadikan nama Yamamoto terdiri dari 山 yang berarti “pegunungan” serta 本 yang punya makna “asal muasal”. Klan/keluarga marga Yamamoto tercatat ada sebanyak 1.077.000 manusia di negara Jepang yang tersebar di berbagai prefektur.

Sayaka Yamamoto merupakan idol dari grup NMB48 yang termasuk keluarga besar klan Yamamoto Jepang.

Sayaka Yamamoto. Sumber gambar: jpopasia.com

Sayaka Yamamoto. Sumber gambar: jpopasia.com

  1. Tanaka –

Marga Tanaka memiliki arti unik “sawah tengah” jika dilihat dari kanji yang mereka gunakan untuk penulisan nama tersebut. Menilik asal nama ini kemungkinan besar nenek moyang keluarga Tanaka berasal atau memiliki hubungan dengan pertanian atau bercocok tanam. Statistik menunjukkan ada 1.336.000 manusia di Jepang dengan marga Tanaka.

Siapa manusia terkenal dengan nama keluarga Tanaka? Ada Minami Tanaka yang berprofesi sebagai seiyuu pro seperti Yū Kobayashi.

Minami Tanaka. Sumber gambar: konoburogu.blogspot.com

Minami Tanaka. Sumber gambar: konoburogu.blogspot.com

  1. Itō –

Jika dilihat dari kanji yang mereka gunakan, nama keluarga ini bisa diartikan sebagai “ini” atau “yang itu”. Adanya kanji 藤 menjadikan marga ini dianggap memiliki hubungan sejarah dengan klan Fujiwara, seperti marga Saitō – 斉藤. Namun hal ini masih jadi perdebatan di kalangan sejarahwan Jepang sampai sekarang. Sementara jumlah pengguna marga ini ada kurang lebih satu juta warga menurut catatan yang ada.

Mangaka horor Junji Itō merupakan salah satu anggota keluarga besar Itō.

Junji Itō. Sumber gambar: pinterest.com

Junji Itō. Sumber gambar: pinterest.com

Tentu saja ada banyak lagi marga / nama keluarga di Jepang. Kita akan bahas lain kali. Nama keluarga Jepang mana yang keren menurut bro sis?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-honor-9i

Ini Dia Smartphone Favorit Samantha “Heartbeat”

Sebagai remaja kekinian dan style conscious, Samantha butuh smartphone yang keren dan punya kamera oke. Pilihannya jatuh.. more

Sumber: Meka Medina

Neo Yokio: Mewujudkan Isi Pikiran Absurd Jaden Smith Dalam Bentuk Anime

Selain Jaden Smith, ada pula Jude Law, Susan Sarandon, Steve Buscemi, Desus Nice, The Kid Mero, Stephen Fry, Richard Ayo.. more

Devil May Cry HD Collection. Sumber gambar: twitter.com/devilmaycry 

Bukan Devil May Cry 5, Capcom Malah Merilis Ulang Devil May Cry HD Collection

Sebagai game action, DmC boleh lah… Tapi sebagai bagian saga Devil May Cry? Ugh… Sorry, men. It sucks... more

Dua raksasa industri komik superheroes Amerika. Sumber gambar: medium.com

DC Comics VS Marvel Comics: Dua Tetangga Yang Jarang Akur

Kemiripan dan persamaan yang terjadi dalam komik-komik DC Comics vs Marvel Comics membentuk kubu-kubu fans garis keras y.. more

Comiket 92 (jurnalotaku.com)

“Comiket 92”, Ajang Bertemunya Para Cosplayer Jepang

Bro sis suka melihat Cosplayer? Atau malah suka Cosplay? Nah, mungkin bro sis bakal tertarik sama acara satu ini. Comic.. more