Serial “Tales of” Ultah Ke-22 Pada Desember 2017: Kemungkinan Ada Game Terbaru Akan Diumumkan

6 months ago
Serial “Tales of” Ultah Ke-22 Pada Desember 2017 : Kemungkinan Ada Game Terbaru Akan Diumumkan

Bro sis gamers RPG pernah dong, dengar/lihat/main game berjudul “Tales of xxxxx”? Huruf X yang saya maksud merupakan kalimat yang terus berubah dalam sejarah game “Tales of” ini.

Serial game RPG “Tales of” punya sejarah lumayan panjang.

Pertama kali game Tales of dibuat tahun 1995 dengan judul “Tales of Phantasia” untuk platform Super Famicom (nama Jepang untuk Super Nintendo). Game yang desain karakternya diciptakan mangaka kenamaan Jepang Kosuke Fujishima (terkenal dengan manga Taiho Shichauzo / You’re Under Arrest! serta Aa~ Megami-sama alias Ah! My Goddess) tersebut termasuk hits pada saat dirilis. Desain karakter yang keren dipadu dengan gameplay cepat, musik yang indah serta grafis yang ‘wow’ (tentunya untuk ukuran tahun 1995) membuat game Tales of Phantasia ini meraih popularitas di kalangan penggemar game RPG.

Game “Tales of” pertama di dunia. Sumber gambar: youtube.com

Game “Tales of” pertama di dunia. Sumber gambar: youtube.com

Serial “Tales of” memiliki 16 judul utama. Berbeda dengan Final Fantasy dari Square Enix yang menyematkan nomer di game utama mereka, “Tales of” tidak menggunakan nomer. Selain game utama, banyak pula game spin-off, manga dan tentunya anime. Kebanyakan dari game “Tales of” tidak memiliki keterikatan langsung antara satu dengan lainnya, walau ada juga yang merupakan sequel maupun prequel dari game sebelumnya.

Ambil contoh game Tales of Berseria, yang merupakan prequel dari game sebelumnya berjudul Tales of Zestiria. Keduanya berdiri sendiri namun punya keterikatan, terutama di bagian plot cerita yang disampaikan ke pemain.

Tales of Berseria merupakan prequel dari Tales of Zestiria. Sumber gambar: n4g.com

Tales of Berseria merupakan prequel dari Tales of Zestiria. Sumber gambar: n4g.com

Salah satu ciri khas game “Tales of” ini mungkin ada di bagian battle gameplay nya yang diberi nama “Linear Motion Battle System”. Sistem ini menjadikan battle di game “Tales of” terasa cepat, seru dan menegangkan karena situasi yang selalu penuh aksi. Pemain harus terus bergerak dan berusaha mengalahkan semua musuh yang ada di layar, dan itu bukan persoalan mudah karena tingkat kesulitan di game “Tales of” cukup merepotkan.

Linear Motion Battle System selalu terlihat seru. Sumber gambar: gamefaqs.com

Linear Motion Battle System selalu terlihat seru. Sumber gambar: gamefaqs.com

Jika Hironobu Sakaguchi dinobatkan sebagai “bapaknya Final Fantasy” maka gelar serupa juga cocok diberikan kepada Yoshiharu Gotanda sebagai kreator awal serial “Tales of” ini.

Yoshiharu Gotanda kini menjabat sebagai CEO tri-Ace. Sumber gambar: famitsu.com

Yoshiharu Gotanda kini menjabat sebagai CEO tri-Ace. Sumber gambar: famitsu.com

Selain Yoshiharu Gotanda dan Kosuke Fujishima, terdapat pula nama-nama beken di dunia game RPG Jepang seperti Motoi Sakuraba (salah satu komposer video game favorit saya selain Nobuo Uematsu dari Final Fantasy & Yuzo Koshiro dari Bare Knuckles series) serta Hideo Baba (produser dari banyak game “Tales of”) di balik kesuksesan serial “Tales of” di pasar game RPG Jepang.

Saya nge-fans Motoi Sakuraba gara-gara “Star Ocean: Second Story”. Sumber gambar: eternalsonata.wikia.com

Saya nge-fans Motoi Sakuraba gara-gara “Star Ocean: Second Story”. Sumber gambar: eternalsonata.wikia.com

Di awal Desember 2017 Bandai Namco sebagai pemilik IP “Tales of” mengumumkan kalau mereka akan mengadakan perayaan ulang tahun serial “Tales of” ke-22 tahun bertajuk “Tales Room” pada tanggal 16 Desember 2017 mulai dari jam 20:00 hingga 22:00 Waktu Standard Jepang. Acara ini akan disiarkan secara live lewat saluran streaming internet seperti NicoNico, YouTube dan juga Periscope.

Bersiap-siap menyambut ulang tahun ke 22. Sumber gambar: areajugones.es

Bersiap-siap menyambut ulang tahun ke 22. Sumber gambar: areajugones.es

“Tales Room” juga akan digunakan oleh Bandai Namco untuk menyampaikan informasi mengenai beberapa proyek “Tales of” yang sedang dalam masa pembuatan saat ini, seperti “Tales of Asteria”, “Tales of the Rays”, “Tales of the Stage”, serta “Tales of Festival”. Belum jelas apakah hanya judul-judul ini saja yang akan dibicarakan. Tales of Berseria merupakan game Tales terbaru saat ini di pasaran.

Untuk memastikan, para penggemar game serial “Tales of” memang harus bersabar hingga tanggal 16 Desember nanti, di acara “Tales Room” yang juga akan dimeriahkan kehadiran para seiyuu karakter game “Tales of” sebelumnya, seperti Katsuyuki Konishi (seiyuu Lloyd Irving dari Tales of Symphonia) dan Ryouta Oosaka (seiyuu Mikleo dari Tales of Zestiria). “Tales Room” sendiri akan dipandu oleh MC Ryouko Nagoshi.

Nah, bro sis jangan sampai ketinggalan streaming acara Tales Room ini ya? Tandai kalender dan ikut merayakan ulang tahun serial “Tales of” yang ke-22 tahun sambil menanti apa saja yang jadi kejutan dari Bandai Namco di event ”Tales Room” itu nanti.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: bigthink.com

5 Aksi Pesulap yang Gagal

Menjadi pesulap atau illusionist bukan hanya sekedar hobi yang seru, tapi juga sebuah profesi yang menegangkan. Dibalik .. more

00-tips-event-d

Mau Pergi Ke Event Pop Culture? 10 Tips Berikut Ini Harus Kamu Ikuti!

Dengan semakin ramainya event pop culture di Indonesia, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Ini dia 10 tips event .. more

(Sumber gambar: youtube.com)

Anime Violet Evergarden: Ketika Manusia Belajar Memahami Perasaan Sesamanya

Violet Evergarden, kisah seorang anak remaja yang menjadi prajurit wanita di medan perang. .. more

Sumber gambar: FilmBuffOnline

Steven Spielberg Akan Terlibat Di Film DC Comics; Tapi Tidak Seperti yang Dibayangkan

Untuk fans ataupun yang mengikuti karir perfilman Steven Spielberg tentu menyadari kalau ada dua tema besar yang boleh d.. more