Sering Keliru, Ini Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Earbuds!

1 year ago
Sumber: pixabay

“Bro minjem headset dong!”, “minjem headphone dong”, “earphone mana earphone?” Ketiga sebutan ini memang sudah tak asing lagi bagi telinga kita. Ya, benda yang fungsinya sama-sama menyalurkan suara ini biasanya memiliki sebutan berbeda-beda bagi tiap orang. Padahal masing-masing memiliki arti dan kegunaan yang berbeda loh bro sis. Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara headset, headphone, earphone dan earbuds! Yuk disimak, biar ga salah-salah lagi ya.

Headset

Headset. Yang mencolok dari headset adalah adanya mikrofon yang ter-attached pada speaker. Sumber: Ali Express

Headset. Yang mencolok dari headset adalah adanya mikrofon yang ter-attached pada speaker. Sumber: Ali Express

Headset dapat dikatakan sebagai gabungan dari dua perangkat, yaitu headphone dan microphone. Berbentuk melingkar di kepala dan memiliki speaker yang menutupi area telinga, headset juga mempunyai microphones yang berfungsi untuk berkomunikasi.

Headset biasanya lebih ideal digunakan bagi orang yang ingin mendengarkan sekaligus berkomunikasi, misalnya gamers. Biasanya dalam game online, di mana pemainnya tidak bisa bertatap muka. Headset merupakan alternatif agar mereka bisa saling terhubung dan berinteraksi. Atau juga untuk keperluan video call, wawancara online, skype dan lain-lain

Headphone

Headphone tidak memiliki mikrofon. Hanya terdapat dua speaker. Sumber: Ali Express

Headphone tidak memiliki mikrofon. Hanya terdapat dua speaker. Sumber: Ali Express

Hampir sama dengan headset, headphone juga memiliki bentuk yang sama namun lebih simple. Sama-sama melingkar dikepala dan mempunyai dua buah speaker yang menutupi telinga . Kualitas suara yang terdapat di headphone juga biasanya jauh lebih baik ketimbang headset, mengingat headphones lebih dikhususkan untuk orang yang gemar mendengarkan musik.

Headphones juga mempunyai fitur ‘noise cancelling’ yaitu untuk mengisolasi suara dari luar yang masuk, karena dapat menganggu suara dari speakers. Sehingga hanya suara yang dikeluarkan speakerlah yang bisa didengar oleh telinga.

Ketidakhadiran mikrofon menjadi satu-satunya pembeda antara headset dan headphone. Jadi headphone lebih populer di kalangan pecinta musik, bahkan headphone menjadi perangkat wajib DJ -DJ di dunia ketika tampil dan manggung!

Earphone

Earphone. Bentuknya lebih kecil dengan speker yang digantungkan/dicantol pada telinga. Sumber: Ali Express

Earphone. Bentuknya lebih kecil dengan speker yang digantungkan/dicantol pada telinga. Sumber: Ali Express

Fungsinya sama dengan headphones, yang membedakan hanya ukurannya yang jauh lebih kecil. Didesain pas untuk ‘menyangkut’ di lubang telinga, earphone lebih efisien untuk dibawa kemana-mana. Tampilannya minimalis, jadi tidak terlalu mencolok dilihat orang. Keuntungan earphone dibanding headphone adalah, pengguna dapat sesuka hati mencabut pasang speaker. Biasanya orang-orang lebih memilih untuk mendengarkannya di satu sisi telinga saja, agar sekaligus tetap sadar dengan dunia luar.

Earbuds

Earbuds. Ujung speaker biasanya 'dicolok' ke dalam lubang telinga. Sumber: Ali Express

Earbuds. Ujung speaker biasanya ‘dicolok’ ke dalam lubang telinga. Sumber: Ali Express

Bentuknya kecil menyerupai earphone, yang membedakannya adalah ujung speaker di-desain untuk masuk ke lubang telinga. Jadi tidak mudah ketarik dan terlepas. Kelemahannya adalah banyak pengguna yang merasa telinga menjadi panas dan tidak nyaman apabila earbuds digunakan terlalu lama.


Nah, serupa namun tak sama kan bro sis? Fungsinya sama-sama menyalurkan suara dari device, tapi ternyata ada sedikit perbedaan dalam hal bentuk dan kegunaan. Kalau bro sis lebih suka dan nyaman pakai yang mana?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

00 d hari komik dan animasi nasional

20 Tahun Hari Komik dan Animasi Nasional: Momentum Peringatan Dengan Segala Pro dan Kontra

Sejak tahun 1998, tanggal 12 Februari diperingati sebagai Hari Komik dan Animasi Nasional. Apa latar belakang gerakan na.. more

Sumber: redbubble.com

Tren Web Movie di Korea Selatan dan Kabar Terbaru dari EXO Sehun!

Sebuah tantangan bagi sutradara untuk membuat film berkualitas tinggi dengan budget terbatas. .. more

apex legends

Mengenal Apex Legends, Game FPS Baru Nan Sensasional

Baru berusia seminggu dan minim promosi, game Apex Legends berhasil menjaring 25 juta gamer! Apa sih yang membuat game i.. more

BEKRAF Game Prime Dari Tahun Ke Tahun

Pagelaran Game Prime untuk ketiga kalinya hadir di Indonesia. Setelah sukses di tahun 2016 dan 2017, acara BEKRAF Game P.. more

Sumber: comicvine.com

Benarkah Hawkeye Akan Berubah Menjadi Ronin di Avengers: Infinity War?

Belakangan ini kita sering kali melihat meme-meme yang menyindir Hawkeye karena dia tidak terlihat di poster Avengers: I.. more