Setelah Mjolnir Hancur, Senjata Apa yang Akan Dipakai Oleh Thor?

8 months ago
Sumber : pinterest.com

Thor : Ragnarok menyisakan duka yang mendalam bagi sang Pangeran Asgardian, Thor Odinson. Odin menghilang, kakaknya Hela datang dan membuat kekacauan, Asgard dihancurkan, Thor dibuang, satu matanya hilang dan Mjolnir pun hancur tanpa arang.

Tidak cukup sampai disana, Thor yang sudah melihat Asgard dihancurkan harus berhadapan dengan kapal Thanos yang menuju bumi. Meskipun Thor memiliki kekuatan baru sebagai God of Thunder, apakah dia bisa melawan Thanos dan pasukannya tanpa Mjolnir?

Perjalanan Mencari Senjata Baru

Mjolnir memang sudah sangat lekat dengan Thor, baik dari sejarah asli bangsa Norse sendiri maupun cerita di komik MARVEL. Dalam trailer dan film Thor : Ragnarok kita sudah melihat Mjolnir kesayangannya hancur oleh kakaknya Hela. Tapi sebenarnya, bukan hanya sekali itu Mjolnir hancur. Tercatat sudah 11 kali Mjolnir rusak atau hancur, dengan berbagai sebab dan akibat yang berbeda-beda.

cbr.com

cbr.com

Tapi meskipun demikan, Thor tidak tinggal diam dan menangisi Mjolnir yang hancur. Dia bangkit layaknya seorang Dewa, dan mengambil atau membuat senjata baru yang cocok untuk menjadi pendampingnya. Senjata-senjata milik Thor pun memiliki kekuatan serupa dengan Mjolnir, di mana salah satunya adalah magic enhancement yang membuat suatu benda hanya bisa digunakan oleh orang yang dirasa ‘pantas’.

Jarnbjorn, Kapak Para Dewa Asgardian

Salah satu senjata yang memiliki magic enchantment layaknya Mjolnir adalah Jarnbjorn, sebuah kapak-palu yang digunakan Thor sebelum dia mendapatkan Mjolnir dari Odin. Pada abad ke 11, Thor mencoba melawan Apocalypse — seorang mutan dengan kekuatan Celestial — dengan menggunakan senjata Jarnbjorn. Senjata ini dilumuri oleh darahnya sendiri, meningkatkan kekuatan serang dengan drastis dan memberikan kemampuan untuk dapat menembus pertahanan Celestial.

punchdrunkcritic.com

punchdrunkcritic.com

Saat Thor melawan Apocalypse, Jarnbjorn menghilang dari tangan Thor sebelum akhirnya ditemukan oleh Kang the Conqueror dari makam Baron Mordo di Brazil. Sekarang Jarnbjorn ada di gudang senjata Asgard, sebelum akhirnya digunakan kembali oleh Thor untuk melawan Malekith dan pasukan Frost Giant.

Stormbreaker, Saudara Kembar Mjolnir

Senjata lainnya yang mempunyai magic enchantment serupa dengan Mjolnir dan Jarnbjorn adalah Stormbreaker. Senjata ini unik, karena tempat dan pembuatnya sama persis dengan Mjolnir. Ya, Stormbreaker dibuat oleh Dwarves of Nidavelir dari bahan Uru Metal yang sama dengan Mjolnir.

cbr.com

cbr.com

Pemegang pertama Stormbreaker sebenarnya bukanlah Thor, tapi Beta Ray Bill — seorang Korbinites, ras alien berkepala kuda berbadan manusia — yang didapatkannya setelah menang melawan Thor. Setelah pertarungan berakhir, Odin kemudian meminta Dwarves of Nidavellir untuk membuatkan palu baru untuk diberikan pada Beta Ray Bill sebagai hadiah kemenangan.

Stormbreaker sendiri memiliki sejarah yang hampir serupa dengan Mjolnir. Stormbreaker terbelah menjadi dua ketika Beta Ray Bill mencoba melawan ras Super-Skrull yang datang menyerang Asgard. Stormbreaker kemudian dipulihkan menjadi bentuk semula, dan kembali digunakan oleh Beta Ray Bill.

Odinsword, Pedang Penghancur Semesta

Tidak hanya senjata berbentuk palu dan kapak, Thor juga ternyata pernah mendapatkan senjata berupa pedang yang bernama Odinsword. Sesuai dengan namanya, pedang yang bentuknya sangat besar ini adalah milik Odin sang raja Asgard. Pedang ini memiliki kekuatan yang sangat besar, sampai Odin sendiri mengatakan bahwa setiap kali pedang ini dikeluarkan dari sarungnya, seluruh semesta menjadi taruhannya.

sideshowtoy.com

sideshowtoy.com

Odinsword sendiri memiliki sebuah kutukan yang disebut dengan ‘Nibelung Curse’. Kutukan ini dipercaya akan memberikan kekuatan kosmik yang luar biasa besar, bahkan dapat membawa Asgard menuju kehancuran. Odin juga mengatakan bahwa hanya Odinsword lah yang dapat menghentikan God of Fear. Tapi begitu kutukannya dihilangkan, Thor kemudian menggunakan Odinsword ini untuk mengalahkan pamannya yang jahat bernama Cul Bronson.

Uru Destroyer Arm, Tangan Pembalas Dendam

Pada pertarungan antara Thor dan Malekith yang sudah sedikit diceritakan di atas, Thor sebenarnya tidak hanya kehilangan senjata Jarnbjorn. Dia juga kehilangan tangan kanannya, dan dijadikan trofi kemenangan sekaligus bukti karena Malekith telah mengalahkan God of Thunder.

Thor kemudian kembali ke Asgard dan diberikan sebuah tangan yang terbuat dari Uru Metal, material yang sama yang digunakan untuk membuat Mjolnir, Jarnbjorn dan Stormbreaker. Tangan ini kemudian diberi nama Uru Destroyer Arm karena memang warnanya yang gelap dan mirip dengan tangan Destroyer Armor milik Asgardian. Selain digunakan untuk menggantikan tangan Thor yang hilang, Uru Destroyer Arm juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan serang senjata yang terbuat dari Uru Metal secara drastis.

sideshowtoy.com

sideshowtoy.com

Senjata Baru Thor di Avengers: Infinity War

Banyak spekulasi dan rumor yang beredar tentang senjata yang akan dipakai Thor dalam film Avengers: Infinity War nanti. Ada yang bilang Jarnbjorn, ada juga yang bilang Stormbreaker, dan ada pula yang mengatakan senjata sekelas dewa lainnya yang mungkin belum pernah muncul di komik.

Kalau menurut saya pribadi, isu tersebut rasanya tidak mungkin dilakukan oleh MARVEL. Thor pasti akan memegang senjata baru di Avengers: Infinity War yang berasal dari komiknya, yaitu Jarnbjorn atau Stormbreaker. Untuk Odinsword sendiri, rasanya sangat kecil kemungkinannya karena Odin di MCU sudah mati dan menghilang menyatu dengan semesta. Asgard pun sudah dihancurkan oleh Sultur, berikut dengan gudang senjata yang ada didalamnya.

Teori yang paling mendekati adalah Thor membuat senjatanya sendiri setelah Mjolnir hancur. Dari trailer Avengers: Infinity War, kita dapat melihat Thor berada di dalam sebuah benda yang kemungkinan besar adalah Nidavellir, tempat Jarnbjorn, Mjolnir, Stormbreaker dan Uru Destroyer Arm.

comicvine.gamespot.com

comicvine.gamespot.com

Dari trailer ini banyak fans MARVEL yang mengatakan bahwa Thor sedang membuat senjata baru dengan mesin. Hal ini menimbulkan asumsi bahwa akan ada perbedaan proses pembuatan senjata Asgardian di MCU. Jika di komik senjata dibuat dengan bantuan para Dwarves, mungkin saja di MCU dirubah menjadi menggunakan mesin.

Yah, cara terbaik untuk membuktikannya adalah dengan menunggu Avengers: Infinity War yang akan tayang pada tanggal 25 April 2018 nanti. Kalau menurut kamu, senjata apa sih yang akan dipakai oleh Thor nanti?

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

00-d-game-prime-2018-ciayo-comics

Kembali Ke Sekolah Bersama SDN CIAYO di Game Prime 2018!

Di Game Prime 2018 CIAYO Comics dan Generasi 90-an bakal ngebawa satu gedung SD penuh! Gimana bisa? Apa yang bakal hadir.. more

Ini Dia Komik Strip Paling Viral Selama Juni dan Juli 2017

Komik strip sampai sekarang masih menjadi primadona di dunia maya. Perkembangan dan inovasi komikus strip dan jumlahnya .. more

Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio & Borton Liew, CEO CIAYO Corp

Agate Studio dan CIAYO Games Kukuhkan Kolaborasi Dalam Project [Rahasia]

Dunia kreatif memiliki aspek yang luas untuk diselami. Dengan kecanggihan teknologi, hal-hal kreatif punya wadah bervari.. more

Joss Whedon dan Zack Snyder. Sumber gambar: bleedingcool.com

Pergantian Mendadak Kursi Sutradara Justice League yang Tidak Terduga, Mau Tahu Alasannya?

Saat pembuatan sebuah film, posisi sutradara merupakan posisi yang sangat penting. Tahukah bro sis, kalau film Justice L.. more

Sumber: The Japan Times (https://www.japantimes.co.jp/news/2017/11/04/world/social-issues-world/deterrence-force-crashes-libyas-comic-con-seizes-organizers-alleged-attack-morals/#.WgAgWmhL-Uk)

TERCYDUK, Event Comic Con Di Libya Digerebek Kelompok Paramiliter!

Baru-baru ini beredar berita di Libya, bahwa event Comic Con nasional yang diselenggarakan di ibu kota Tripoli diberhent.. more