Shinji Mikami: Tokoh Dibalik Kesuksesan Genre “Survival Horror” Seperti Resident Evil

7 months ago
Sumber gambar: 2ch.hk

Dunia harusnya berterima kasih pada Shinji Mikami 三上 真司 .

…. Oke mungkin dunia tidak perlu melakukannya. Tapi Capcom harus! Karena nama mereka melambung tinggi di era 90an salah satunya karena kepopuleran game genre ‘Survival Horror’ yang jadi gimmick untuk serial game “Biohazard/Resident Evil” di dunia.

Game Survival Horror PS1. Sumber gambar: gamefaqs.com

Game Survival Horror PS1. Sumber gambar: gamefaqs.com

Shinji Mikami berasal dari Prefektur Yamaguchi. Menurut pengakuannya dia sudah terobsesi hal-hal berbau horor, terutama film, sejak kecil. Film favoritnya antara lain adalah “The Texas Chainsaw Massacre” serta “The Evil Dead”.

Lamaran kerja Shinji Mikami sempat ditolak oleh Capcom saat dia mengajukan diri walau seminggu setelah penolakan dia mendadak dipanggil untuk mulai bekerja disana. Karir gamingnya dimulai tahun 1990 sebagai ‘junior game designer’. Game pertama Mikami saat di Capcom adalah game quiz untuk Nintendo Game Boy: “Capcom Quiz: Hatena no Daiboken”. Untuk judul ini Mikami menghabiskan waktu sekitar 3 bulan sebelum gamenya dirilis ke pasar game Jepang. Game ini tidak pernah ditranslasikan ataupun dijual untuk pasar game di luar Jepang.

Game buatan Mikami selanjutnya berupa game licensed-by Disney alias game yang menggunakan lisensi dari raksasa industri hiburan dan animasi Amerika, Disney. Game-game itu adalah “Who Framed Roger Rabbit?” untuk Game Boy serta “Aladdin” & “Goof Troop”. Keduanya merupakan game Super Famicom / SNES.

Shinji Mikami terlibat di game ini. Sumber gambar: coleka.com

Shinji Mikami terlibat di game ini. Sumber gambar: coleka.com

Di tahun 1993 Shinji Mikami mendapatkan penugasan untuk membuat game bertema horror. Yang menjadi acuan adalah game Famicom/NES klasik berjudul “Sweet Home” karya staff Capcom lain bernama Tokuro Fujiwara 藤原 得郎. Fujiwara sendiri adalah desainer game senior buat Mikami. Karya-karya dia memang ada yang berasa horror seperti Sweet Home dan Makaimura 魔界村 /Ghosts ‘n Goblins walau tidak semua (Commando dan Bionic Commando lebih ke action platformer dengan elemen sci-fi).

Inspirasi game Biohazard / Resident Evil. Sumber gambar: scarygamesfree.com

Inspirasi game Biohazard / Resident Evil. Sumber gambar: scarygamesfree.com

Saat mengerjakan game berdasarkan Sweet Home itu, Mikami memasukkan banyak ide dia sendiri sehingga akhirnya game yang diberi judul “Biohazard” (atau “Resident Evil” saat dijual di luar Jepang) tersebut tidak lagi memiliki kesamaan dengan Sweet Home. Mikami yang kecewa dengan film “Zombie” (1979) karya sutradara Italia Lucio Fulci lantas memasukkan ‘ide-ide perbaikan’ versinya sendiri akan film itu ke dalam game Biohazard.

Zombie (1979). Sumber gambar: machinemeandotorg.wordpress.com

Zombie (1979). Sumber gambar: machinemeandotorg.wordpress.com

Dengan elemen dari film-film zombie lainnya, terutama dari karya-karya sineas film zombie terkenal “Dead” series George Romero, jadilah sebuah game dengan emphasis zombie, monster dan situasi bertahan hidup dari serangan mereka.

Walau “Survival Horror” sebenarnya bukanlah genre yang tercipta setelah Biohazard/Resident Evil, namun genre dimana karakter game terdesak situasi yang horrific atau menakutkan mulai dikenal dan populer berkat Resident Evil-nya Shinji Mikami. Tidak melulu mengandalkan aksi dar-der-dor asal hajar, sebuah game Survival Horror lebih mengandalkan kecerdasan menyelesaikan puzzles, me-manage inventory (senjata dan obat-obatan) serta kelincahan menghindar ataupun melarikan diri dari situasi berbahaya demi menghemat peluru dan obat.

Mau hemat peluru? Gunakan pisau! Sumber gambar: nicoblog.org

Mau hemat peluru? Gunakan pisau! Sumber gambar: nicoblog.org

Sebuah game Survival Horror juga harus mampu menimbulkan rasa cemas dan paranoia yang membuat game tersebut semakin seru dan membuat adrenalin mengalir kencang. Sangat tidak dianjurkan untuk penderita sakit jantung hehehe.

Resident Evil melambungkan nama Shinji Mikami ke jajaran desainer game elite dunia. Dan dia terlibat di banyak game Resident Evil hingga Resident Evil 4. Namun game Resident Evil 4 pula yang membuat seri ini meninggalkan konsep Survival Horror dan lebih berkesann Action Horror game. Dengan sudut pandang kamera ‘over the shoulder’ (sesuatu yang kemudian jadi standard game action 3rd person) dan aksi yang lebih cepat dari game-game Resident Evil sebelumnya, Resident Evil 4 dipuja oleh banyak orang sebagai game Resident Evil yang berbeda. Lebih fresh dan seru ketimbang game-game sebelumnya. Walaupun itu artinya meninggalkan ciri khas Survival Horror yang mereka bawa sejak awal.

Perubahan radikal game Resident Evil. Dari Survival Horror ke Action Horror. Sumber gambar: gamefaqs.com

Perubahan radikal game Resident Evil. Dari Survival Horror ke Action Horror. Sumber gambar: gamefaqs.com

Shinji Mikami meninggalkan Capcom dan mendirikan studio game sendiri “Tango Gameworks” pada 1 Maret 2010. Di perusahaannya ini Shinji Mikami kembali membuat game Survival Horror; mungkin sebagai pelampiasan kekecewaannya akan arah yang dibawa oleh Capcom untuk Biohazard/Resident Evil ciptaannya itu (karena Resident Evil semakin jauh dari Survival Horror walau di Resident Evil 7 Capcom meng-klaim game itu sebagai Survival Horror).

The Evil Within adalah game Survival Horror ciptaan Shinji Mikami dan Tango Gameworks yang diperkenalkan April 2013. Fans dan media memuji game ini karena ‘kembali ke fitrah game Survival Horror’ seperti yang dibawa oleh Mikami dengan Resident Evil buatannya saat masih di Capcom dulu. The Evil Within juga sudah mendapatkan sekuelnya di Juni 2017. Sambutan untuk sekuel ini sama bagusnya seperti game yang pertama, walau ada sedikit kritik di bagian story dan karakter.

The Evil Within 2 menggunakan point of view a la Resident Evil 4. Sumber gambar: gameinformer.com

The Evil Within 2 menggunakan point of view a la Resident Evil 4. Sumber gambar: gameinformer.com

Desainer dan perusahaan game lain boleh saja membuat game-game bernuansa Survival Horror mereka serta meng-klaim sebagai yang terbaik, tapi Shinji Mikami dan Resident Evil akan selamanya dikenang sebagai pioneer genre Survival Horror di jagad video game dunia.

Game Survival Horror paling populer sedunia. Sumber gambar: wikipedia.org

Game Survival Horror paling populer sedunia. Sumber gambar: wikipedia.org

Bro sis doyan game Survival Horror? Game mana yang jadi favorit? Tag saya di komentar bro sis ya!

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: shorts.shef.ac.uk

A Silent Child, Peraih Piala Oscar Live Action Short Movie

Film A Silent Child ini bercerita mengenai seorang gadis tuna rungu bernama Libby (Maisie Sly). Dalam keluarganya, Libby.. more

00-d-FateGrand-Order-Fes-2018

Meriahnya Fate/Grand Order Fes 2018 3rd Anniversary

Fate/Grand Order Fes 2018 membawa berbagai update baru untuk gamenya, seperti servant baru Scathatch=Skadi yang sangat k.. more

[Dragon Ball Super 128] Tersingkirnya Vegeta dan Harga Diri Bangsa Saiyan

Ada kejutan menarik buat para penggemar transformasi Super Saiyan loh!.. more

Sumber: twitter.com

Lelah dengan Pekerjaan? Mungkin Kamu Bisa Ikut Festival Ala Jepang ini!

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan rutinitas kehidupan yang sewaktu-waktu dapat membuat jenuh. Pastinya ada banya.. more

Mau Jadi Editor Komik di CIAYO Comics? Ini Syaratnya!

Kita butuh bantuan kakak-kakak untuk mengisi posisi editor di CIAYO Comics... more