Shun Oguri: Aktor Ganteng Multi Peran Asal Jepang

2 years ago
Aktor dengan reputasi multi peran Shun Oguri. Sumber gambar: aosora.info

Untuk penggemar film maupun drama televisi Jepang (alias J-Dorama) sepertinya nama “Shun Oguri” sudah tidak asing lagi ‘kan?

Pria Jepang tampan yang lahir sehari setelah Natal alias 26 Desember tahun 1982 ini sudah wara-wiri di showbiz Jepang sejak usianya yang masih muda. Tepatnya di dorama televisi NHK Jepang berjudul “Hachidai Shogun Yoshimune”. Itu terjadi di tahun 1995.

Selepas debutnya itu Shun muda semakin sering muncul di dorama televisi walau masih dalam peran-peran pembantu yang tidak terlalu signifikan. Hal normal yang harus dilalui oleh seorang debutan di industri showbiz di negara manapun termasuk di Jepang.

Tahun 1998 mungkin bisa dibilang sebagai batu loncatan penting dalam karir akting seorang Shun Oguri. Di tahun itu dia kebagian peran sebagai murid korban bully Yoshikawa di dorama sukses yang dibuat berdasarkan manga dengan judul yang sama: Great Teacher Onizuka / GTO.

Dorama klasik GTO. Shun Oguri yang mana hayo… Sumber gambar: lelielmorguerite.wordpress.com

Dorama klasik GTO. Shun Oguri yang mana hayo… Sumber gambar: lelielmorguerite.wordpress.com

Dari GTO Shun Oguri semakin di kenal luas di kalangan publik, dan hal ini membuatnya semakin populer dan mendapatkan peran yang lebih signifikan dari sebelumnya. Misalnya peran sebagai orang tuli di dorama berjudul Summer Snow di tahun 2000. Atau peran yang berkebalikan dari perannya di GTO; dimana dia menjadi karakter pem-bully di dorama Gokusen. Berbagai jenis peran non penampilan fisik juga dilakukan Oguri, seperti misalnya menjadi seiyuu atau pengisi suara anime di Full Metal Alchemist The Movie – Conqueror of Shamballa. Itu terjadi di tahun 2005. Dan uniknya saat itu Shun melakukannya bareng abang kandungnya yang bernama Ryo Oguri.

Oguri Bros. Shun dan abangnya Ryo. Sumber gambar: arukunews.jp

Oguri Bros. Shun dan abangnya Ryo. Sumber gambar: arukunews.jp

Tapi sepertinya yang benar-benar melejitkan karir Shun Oguri ke level stardom dan memberikannya predikat “ouji-sama” alias Sang Pangeran adalah dorama sukses yang berasal dari manga berjudul sama: Hana Yori Dango, alias Boys Over Flower, atau kalau dulu kita di Indonesia mengenal judul ini lewat drama Taiwan berjudul “Meteor Garden”. Masih ingat judul itu, bro sis? Walaupun Meteor Garden lebih dulu lahir tapi dorama dengan Shun Oguri berperan sebagai si karakter ganteng-tapi-pendiam-banget Rui Hanazawa itulah yangg dianggap sebagai adaptasi resmi manga Hana Yori Dango.

Geng orang kaya legendaris F4. Sumber gambar: coffeeandirony.com

Geng orang kaya legendaris F4. Sumber gambar: coffeeandirony.com

Dari sana Shun dipercaya memerankan karakter manga populer lainnya, Conan Edogawa (alias Shinichi Kudo) di film live action Detective Conan / Meitantei Conan pertama.

Oguri sebagai Kudou. Cocok tidak? Sumber gambar: youtube.com

Oguri sebagai Kudou. Cocok tidak? Sumber gambar: youtube.com

Tahun 2008 merupakan tahun penting buat Shun. Di tahun itu dia berperan di dorama berjudul Binbo Danshi sebagai seorang pelajar miskin. Disini dia mengalami cinlok alias cinta lokasi dengan sesama pemeran dorama ini.

Perempuan yang beruntung itu (atau sebaliknya, Shun yang beruntung?) adalah Yu Yamada, seorang aktris dan model. Hubungan mereka sempat digoyang rumors dan gosip, namun terbukti cinta mengalahkan segalanya. Keduanya mendaftarkan diri sebagai pasangan suami istri (alias married hehehe) di tahun 2012. Saat ini mereka memiliki dua anak.

Tied the knot! Shun Oguri dan Yu Yamada. Sumber gambar: jpopasia.com

Tied the knot! Shun Oguri dan Yu Yamada. Sumber gambar: jpopasia.com

Shun Oguri menjajal banyak peran dan karakter sepanjang karirnya.

Saat bermain di dorama Hana Yori Dango dan mendapatkan gelar ‘pangeran’ dari berbagai media sempat membuat Shun galau karena dia tidak ingin ‘terkunci’ di model peran yang itu-itu saja. Karena itulah selepas Hana Yori Dango, Shun bermain di berbagai judul dorama dan film agar kemampuan aktingnya tetap diakui.

Beberapa di antaranya merupakan adaptasi manga atau anime dengan karakteristik yang berbeda-beda. Seperti misalnya Crows Zero dimana Oguri berperan sebagai pelajar preman jagoan Genji Takiya.

Si Genji Preman Sekolahan. Bukan Si Doel. Sumber gambar: showbiz.liputan6.com

Si Genji Preman Sekolahan. Bukan Si Doel. Sumber gambar: showbiz.liputan6.com

Atau sebagai Kappa Kepala Desa gokil di Arakawa Under The Bridge.

Peran gokil dengan penampilan gokil. Sumber gambar: gitadine.blogspot.com

Peran gokil dengan penampilan gokil. Sumber gambar: gitadine.blogspot.com

Shun Oguri juga pernah berperan sebagai Lupin The Third di film bioskop “Lupin The Third” pada tahun 2014. Menurut saya pribadi, Shun Oguri tidak cocok sama sekali memerankan Lupin The Third. Tidak terasa aura Lupin di akting Shun Oguri. Tapi mungkin saya sedikit berlebihan? Maklum bro sis… Saya fans berat Lupin The Third sejak lama sehingga saat melihat film bioskopnya yang tidak sesuai harapan, saya sedikit kesal hehehe.

Sorry, Shun! Aktingmu gak oke sebagai Lupin Sansei. Sumber gambar: henshin.com.br

Sorry, Shun! Aktingmu gak oke sebagai Lupin Sansei. Sumber gambar: henshin.com.br

Terkini, Shun Oguri berperan sebagai Gintoki Sakata. Untuk perannya ini saya angkat jempol karena Oguri cukup berhasil memerankan karakter Gin-chan yang kadang-serius-kadang-gokil itu. Aktingnya meyakinkan. Saya yakin tidak hanya saya yang setuju akan hal ini. Bro sis fans Gintama lainnya juga banyak yang mengatakan hal yang sama.

Berperan sebagai jack-of-all-trades Gintoki. Sumber gambar: loop.co.id

Berperan sebagai jack-of-all-trades Gintoki. Sumber gambar: loop.co.id

Buat bro sis lainnya, peran Shun Oguri mana yang paling mengesankan? Kalau ada pendapat soal ini bisa ditulis di bagian komentar ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Happy Death Day: Dibunuh dan Terbangun Lagi Berulang-Ulang

Ada film thriller menarik yang wajib ditonton buat kalian yang gak begitu suka dengan film horror. Film yang berjudul .. more

review avengers: endgame

Avengers: Endgame, Pengalaman Baru Di Luar Ekspetasi

Hari ini tepatnya tanggal 24 April 2019, Avengers: Endgame akhirnya rilis diseluruh bioskop. Kali ini kisah menceritakan.. more

Game Smartphone Naruto x Boruto: Ninja Voltage Kini Tersedia Untuk Seluruh Region

Seperti game “tower defense” lain di smartphone (atau bahkan di PC sekalipun), game Ninja Voltage ini dapat di-downl.. more

Pesta internal Sony dan rekan-rekan. Sumber gambar: gameaxis.com

Pemenang PlayStation Awards 2017 Baru Saja Diumumkan

Bagian terlucu tahun ini untuk PlayStation Awards mungkin adalah saat Microsoft berhasil mendapatkan PlayStation Award u.. more

Sumber: www.thedailybeast.com

Pesona Novel-Novel Haruki Murakami yang Aneh, Getir, dan Sepi

Tahun 2017 kemarin mungkin saja menjadi tahun yang sangat besar bagi hidup Haruki Murakami, karena pertanda bahwa diriny.. more