Benarkah Si Juki Demo di DPR Bersama Mahasiswa?

5 months ago
Tokoh komik ciptaan Faza Meonk, Si Juki demo di DPR menolak RKUHP. “Juki juga wajib untuk turut serta dalam pergerakan ini,” jelas Faza.

Ada pemandangan unik saat melihat perkembangan demonstrasi di sekitar kawasan Senayan dan gedung DPR tanggal 24 September lalu. Di tengah-tengah aksi mahasiswa yang menuntut pembatalan RKUHP, ternyata ditemukan sosok karakter komik Si Juki! Benarkah Si Juki ikut demo di DPR?

Dilaporkan oleh beberapa media dan sesama demonstran, sosok Si Juki dengan kepala besarnya itu tampil mencolok bersama para mahasiswa. Mengenakan kaos bertuliskan “Kami bersama mahasiswa” dan “Lebih baik tidur daripada ngawur,” Juki berpartisipasi dalam long march bersama mahasiswa.

Si Juki berjalan menuju Senayan. Sumber: Si Juki
Si Juki berjalan menuju Senayan. Sumber: Si Juki

“Gue tadi sore ke Senayan emang bukan buat ikut teriak di depan DPR,” tulis Juki di akun medsosnya. “Gue cuma pengen nyapa mereka yang panas-panasan berjuang buat kita-kita yang biasanya asik selonjoran di kamar sambil scroll layar hape. Tut Wuri Handayani lah.”

Juki memulai perjalanannya dari kawasan Plaza Semanggi mengikuti kumpulan mahasiswa yang bergerak menuju Senayan. Sesampainya di gedung DPR, Juki dan mahasiswa lainnya tertahan oleh tembakan gas air mata serta water cannon. “Mana mata gue gede lagi. Odolnya boros,” candanya.

Melewati pagar pembatas. Sumber: Si Juki
Melewati pagar pembatas. Sumber: Si Juki

Dihubungi terpisah oleh Detik, kreator Si Juki Faza Meonk mengaku bahwa karakter Si Juki sejak awal punya misi untuk menggaris bawahi keresahan dan isu-isu populer di masyarakat. “Si Juki sendiri adalah mahasiswa yang jelas mendukung pergerakan mahasiswa,” jelas Faza.

Faza berharap kemunculan Juki di Senayan bisa membawa pengaruh. “Juki juga wajib untuk turut serta dalam pergerakan ini,” tutup Faza.

Baca Juga: Reza Arap Livestream 24 Jam Kumpulkan Sumbangan Karhutla

Memang dalam beberapa minggu ini, Juki cukup kritis bercuit tentang isu-isu penting di Indonesia seperti tentang karhutla dan RUU KPK. Jauh sebelumnya pula, Juki pun aktif menggelorakan tagar #SayaTidakMemilih untuk mendorong netizen lebih kritis dalam memilih calon presiden dan wakil legislatif.

Aspirasi Si Juki. Sumber: Si Juki

Tentunya ketika karakter komik pun sampai ikut terjun dalam aksi demonstrasi membuktikan bahwa kini semakin banyak lapisan masyarakat yang lebih melek dengan isu sosial politik di masyarakat. Bagi komunitas komik dan kreatif, menyampaikan aspirasi lewat karya sudah bukan hal yang langka.

Dan dengan terjun langsungnya pelaku tersebut untuk mewujudkan aksi nyata, seperti Si Juki demo di DPR, menjadi bukti bahwa masalah di negara Indonesia menjadi tanggung jawab semua orang; dimana masyarakat turut andil untuk mengarahkan masa depan negara Indonesia.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(etonline.com)

Kematian Chester Mengguncang Generasi 90an

Generasi 90an pasti ikut terguncang dengan berita mengejutkan tentang kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington. .. more

Preview Anime Musim Panas 2018: Kyoto Teramachi Sanjo no Holmes

Dalam anime, cerita bertema detektif terkenal seperti Conan, Kindaichi, ataupun grup detektif yang ada di Dan Detective .. more

(pm1.narvii.com)

Konohamaru VS Boruto: Siapa yang Akan Menjadi Hokage ke 8?

Hokage adalah Kage dari Desa Konohagakure, yakni gelar yang diberikan kepada seorang pemimpin desa. Hokage bertanggung j.. more

Knowl­edge speaks — Wis­dom lis­tens, Athens Greece 2016 (Sumber: wdstreetart.com)

Seniman Mural Asal Indonesia ini Berhasil Go International!

Nah, ternyata kalau ngomongin soa mural, Indonesia juga punya jagoannya loh. Buat para penikmat street art pasti pernah .. more

00-virtual-san2

Virtual-san is Looking: Anime Kolaborasi Puluhan Virtual Youtuber

Di anime Virtual-san is Looking, lebih dari 30 Virtual Youtuber Jepang berkolaborasi membuat segmen acara yang lucu dan .. more