Perjalanan Si Juki Keliling Nusantara Berlanjut di Petualangan di Belitung

8 months ago
si juki jalan-jalan nusantara petualangan di belitung

Komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara berlanjut ke buku keduanya. Setelah travelling ke Labuan Bajo, kali ini Si Juki dan Mang Awung melancong ke Pulau Belitung. Mereka mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik seperti pantai Tanjung kelayang hingga SD Muhammadiyah yang jadi setting novel dan film Laskar Pelangi.

Buku kedua dari komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara ini diluncurkan pada hari Jumat lalu di Gedung Kemenko Kemaritiman. Buku komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara ini merupakan kerja sama antara Pionicon selaku management IP Si Juki, penerbit Elex Media Komputindo, serta Kementrian Koordinator Bidang kemaritiman.

Faza Meonk dan Juki bersama Suwandi Sandiwan Brata dan Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: CIAYO Pictures
Faza Meonk dan Juki bersama Suwandi Sandiwan Brata dan Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: CIAYO Pictures

Acara peluncuran buku Petualangan di Belitung ini dihadiri oleh kreator Si Juki Faza Meonk, Bupati Belitung H Sahani Saleh, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Direktur Penerbitan Elex Media Suwandi Sandiwan Brata, serta Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Peluncuran komik Si Juki ini juga berbarengan dengan peluncuran buku non fiksi Mengamankan Laut dan Melancong Ke Laut karya Nikolaus Loy dkk.

“Ini seri kedua dari 10 seri Jalan-jalan Nusantara. Dalam komik seri ini Si Juki tetap dengan karakternya yang selalu kritis, meski tidak sekritis biasanya,” terang Faza Meonk. “Karena komik ini lebih pada promosi wisata, budaya dan makanan khas di Bangka Belitung jadi alurnya lebih ke panduan wisata.”

Dalam kesempatan yang sama, Faza juga membocorkan judul komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara, yang berdasarkan pada destinasi wisata 10 Bali Baru. “Intinya ada 10 daerah yang akan diangkat. Untuk seri selanjutnya yang akan dirilis itu Bromo, setelah itu masih rahasia ya bagaimana keputusan dari Kementerian dan penerbit,” ungkapnya.

Baca Juga: Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara Kerja Sama Dengan Kemenko Maritim

Luhut Binsar Pandjaitan bersama Juki menjawab pertanyaan media. Sumber: CIAYO Pictures
Luhut Binsar Pandjaitan bersama Juki menjawab pertanyaan media. Sumber: CIAYO Pictures

Sementara itu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap komik Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara ini bisa menambah wawasan masyarakat, anak-anak, serta remaja akan potensi alam dan wisata di Indonesia. “Komik ini bisa mengedukasi anak. Jadi saya kira ini akan berhasil. Ke depan kalau seri ini mendapat respons yang bagus, kita akan angkat kembali masalah sampah yang hingga kini menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia,” ujar Luhut.

“Sulit membuat buku itu apalagi itu berhubungan dengan pariwisata. Kami berterima kasih kini Belitung dikemas lagi dalam sebuah buku,” ungkap bupati Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem ini. Ia berharap Petualangan di Belitung mampu mendorong pariwisata di Belitung yang saat ini tengah mengejar status UNESCO Global Geopark.

BONUS NEWS: Si Juki The Movie 2 Tengah Digarap!

Menanda tangani memorabilia Si Juki. Sumber: CIAYO Pictures
Menanda tangani memorabilia Si Juki. Sumber: CIAYO Pictures

Dalam kesempatan yang sama, Faza Meonk juga mengungkapkan proses penggarapan sekuel dari film Si Juki The Movie. Menurut Faza, nantinya film Si Juki The Movie 2 bakal menampilkan banyak artis muda.

“Film Si Juki The Movie 1 kan banyak melibatkan artis legend, nah untuk film kedua akan banyak artis baru. Tapi nama-nama artisnya masih rahasia, nanti bulan depan akan ada konferensi pers,” ujar Faza.

Dikutip dari Republika, Si Juki The Movie 2 nantinya masih akan diproduksi oleh Falcon Pictures. Namun selain informasi-informasi tersebut, Faza masih enggan mengungkap detail lain seperti plot, tema, dan konflik utama film tersebut. “Yang pasti ini akan menarik dan menghadirkan sesuatu yang baru,” pungkasnya.

Baca Juga: Faza Meonk Banyak Belajar Dari Film Si Juki

Film Si Juki The Movie 2 dijadwalkan tayang tahun 2020. Mari kita nantikan perkembanganya lebih lanjut!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-comiket-94

Mengintip Persiapan Comiket 94, Acara Komik Terbesar di Jepang

Penasaran dengan event komik terbesar di Jepang? Simak behind the scene dari Comiket 94, mulai dari persiapan H-1 hingga.. more

Majalah komik Amazin akan diluncurkan di Comic Frontier 13 lewat event di panggung serta penampilan cosplay dari Kyarin (Hira Dazzle).

Amazin Siap Diluncurkan di CF13 Bersama Cosplayer Resmi

Majalah komik Amazin akan diluncurkan di Comic Frontier 13 lewat event di panggung serta penampilan cosplay dari Kyarin .. more

Tips berburu apartemen di Jepang (Sumber: hokkudaiaccomodation)

Tips Berburu Apartemen di Jepang

Menyewa apartemen di Jepang memang gak mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan dan disiapkan secara matang, terutama bag.. more

00-d-FateGrand-Order-Fes-2018

Meriahnya Fate/Grand Order Fes 2018 3rd Anniversary

Fate/Grand Order Fes 2018 membawa berbagai update baru untuk gamenya, seperti servant baru Scathatch=Skadi yang sangat k.. more

Sumber gambar: taylorholmes.com

10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjal.. more