Siap Bertempur? Inilah Peralatan Perang Komikus Digital CIAYO Comics

2 years ago

Halo bro sis, kalian udah pasti pada tahu situs komik Indonesia CIAYO Comics dong. Banyak dari kalian juga pasti udah baca komik-komik keren yang ada di ciayo.com. Komik-komik di ciayo.com semua bikinan komikus-komikus asli Indonesia lho! Nah, itu artinya, kamu juga bisa bikin komik kayak mereka!

Sebelum kamu mulai bikin komik impian kamu, pasti butuh alat menggambar buat bikin komik dong. Apa aja sih alat menggambar yang dibutuhkan buat bikin komik digital Indonesia ala CIAYO Comics? Di artikel ini, kita tanya-tanya sama salah satu komikus handal kita Mario. Mario ini adalah komikus komik action paling keren di ciayo.com Fourger Inc. Nah, Mario udah kasih list nih peralatan perang apa aja yg dia butuhkan buat bikin komik digital Fourger Inc.

Ini Dia Alat Menggambar Komikus Fourger Inc!

Komputer atau Laptop

Alat Menggambar Komikus komputer

Laptop (CIAYO Pictures)

Menurut Mario, ini adalah alat menggambar komikus terpenting yang harus dipakai untuk membuat komik digital. Yah, kalau nggak ada komputer, gimana bisa bikin komik digital ya? Komputer ini nggak harus kamu beli lho, kamu bisa kok pakai komputer yang ada di warnet, di kampus, atau minjem punya temen. Asal jangan lupa komikmu disimpen di flash disk atau hard drive eksternal ya!

Baca Juga: Fourger Inc: Kisah Empat Agen Rahasia Swasta Di Belakang Layar Peristiwa Trending

Software

Alat Menggambar Komikus software

Adobe Photoshop (CIAYO Pictures)

Nah kalau udah ada komputer, kamu juga butuh software di dalamnya. Software yang paling sering dipakai komikus adalah Adobe Photoshop. Di Photoshop ini, kamu bisa menggambar apapun yang kamu mau. Kamu bahkan bisa masukin gambar lain sebagai referensi untuk komik kamu. Kamu juga nggak perlu repot-repot ngehabisin banyak kertas buat sketsa komik, karena semuanya bisa dilakukan di Photoshop ini.

Alat Menggambar Komikus software

SketchBook Pro (CIAYO Pictures)

Khusus komik Fourger Inc, Mario juga pakai satu software khusus yaitu SketchBook Pro. Software ini digunakan oleh Mario khusus untuk menggambar detail arsitektur gedung, kendaraan, lanskap kota, dan berbagai benda mati lainnya. Menurutnya, software ini membantu banget membuat garis-garis di komiknya menjadi lebih keren

Tablet Grafis

Alat Menggambar Komikus tablet

Tablet Grafis (CIAYO Pictures)

Kalau komikus biasa, komiknya masih digambar di atas kertas, jadi mereka menggambar komiknya ya pakai pensil, tinta, dan pulpen. Kalau komik digital gimana dong? masa layar komputernya dicoret-coret? Ya pasti ngga dong. Mayoritas komikus digital pakai sebuah alat menggambar komikus yang namanya Tablet Grafis. Tablet Grafis ini adalah sebuah tablet persegi panjang yang berfungsi sebagai kanvas yang bisa dicoret-coret dengan pen yang disertakan. Nanti apapun yang kamu gambar di sana, akan muncul di layar komputer kamu. Keren ya!

Tablet Grafis yang paling terkenal dipakai komikus adalah Wacom Intuos. Namun bagi kamu yang lebih sering mobile, bisa pakai tablet yang lainnya kok seperti iPad ,Tablet Android, dan Microsoft Surface. Bagi kamu yang mau pake surface selebar mungkin, bisa juga coba Microsoft Surface Studio. Yah budgetnya juga lebar sih.

Baca Juga: Tips dan Langkah Membuat Komik One-Shot Dalam Format Webtoon

Referensi Komik

Alat Menggambar Komikus referensi

Komik Montage (CIAYO Pictures)

Sekarang peralatan untuk bikin komik digital udah lengkap nih, tapi bingung mau bikin komik apa? Pertama-tama kamu harus cari ide dong. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan ide adalah dengan mencari referensi dari komik-komik lain. Mario pun udah baca banyak banget komik-komik action lainnya untuk mendapatkan referensi gambar Fourger Inc, salah satunya adalah komik Montage karya Jun Watanabe. Menurut Mario, style dari komik misteri ini berguna banget untuk menggugah ide-ide kreatif dalam teknik penggambaran Fourger Inc.

Alat Menggambar Komikus meja

Perlengkapan Perang Komikus (CIAYO Pictures)

Nah udah pada paham kan alat menggambar komikus yang digunakan oleh komikus-komikus digital ciayo.com. Udah punya alatnya? Siap bikin komik? Kirim aja ke hello@ciayo.com. Siapa tahu komik kamu bisa nangkring di sebelah Fourger Inc.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

[KONTEN KHUSUS 18+] Apakah Fan Service di Anime Itu Dibutuhkan???

Pernahkah kalian mendengar istilah Fan Service di anime? Istilah ini sering muncul di forum-forum pecinta manga dan anim.. more

00-d-trollhunters

Trollhunters: Saat Sekelompok Remaja Mengemban Tugas yang Tidak Biasa

Trollhunters adalah film yang dibuat oleh Guillermo Del Toro. Cerita Trollhunters sendiri sebelumnya telah dibuat olehny.. more

00-d-the-incredibles-2

Jeda 14 Tahun, Apakah The Incredibles 2 Masih Tetap Badass?

14 tahun lalu, The Incredibles mampu memukau para penontonnya lewat aksi keluarga superhero ini. Kini, apakah The Incred.. more

(Sumber: bleach.wikipedia.com)

Kata-kata Ini Gak Ada di Kamus Namun Memiliki Makna Yang Dalam

Pernah mau ngungkapin perasaan tapi merasa gak ada kata yang tepat dalam kamus Bahasa Indonesia? Tenang! Gak cuma kamu a.. more

00-d-vin-diesel-meme

Vin Diesel Hobi Mengoleksi Meme Dirinya Sendiri

Vin Diesel adalah sosok aktor tangguh namun inspiratif dan juga hangat. Selain itu, dia juga suka mengoleksi meme diriny.. more