Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

4 months ago
(Sumber gambar: BGR)

Oleh: @HarryRezqiano

Kita sudah melewati kuartal pertama dari tahun 2018. Ada berbagai jenis genre dan judul game yang terbit sepanjang kuartal pertama 2018 ini. Dan dari database tahunan, pihak publisher juga sudah mendapatkan data penjualan produk-produk mereka sepanjang tahun fiskal 2017.

Yang artinya para publisher, dapat melihat apa saja produk mereka yang sepanjang tahun 2017 kemarin berhasil menguasai pasar, menjadi bahan pembicaraan banyak pihak, dan terjual laris manis menghasilkan laba untuk perusahaan.

Pusat video games dunia boleh dibilang ada di Jepang. Negara ini merupakan pangsa pasar video game yang besar selain Amerika dan Eropa. Ditambah lagi dengan kenyataan kalau Jepang punya reputasi sebagai penghasil banyak IP dan console video game sejak era 80an, Jepang  layak dijadikan acuan laku tidaknya sebuah produk video game.

Yang paling ‘nelangsa’ di pasar ini sampai sekarang adalah Microsoft dengan seri Xbox mereka, yang selalu under  performed dan susah laku di kalangan gamers Jepang. Hal ini terjadi dikarenakan pasar Jepang lebih ‘nasionalis’ dan lebih memilih produk dalam negeri mereka sendiri, yang memenuhi selera gamers lokal lebih baik ketimbang publisher games dari negara luar.

Hal ini dapat dengan mudah terlihat dari list IP video games yang terjual lebih dari satu juta unit di Jepang. Semua games tersebut merupakan video game buatan lokal. Berasal dari developers dan publishers Jepang sendiri. Artinya jelas: pembuat video games Jepang tahu selera pasar dan fokus disana.

Maksud saya, tidak semua orang Jepang suka game-game yang berorientasi tembak-menembak seperti yang laku keras di wilayah Amerika sana. Jadi seharusnya, itu merupakan sebuah kode buat developers dan publishers game Amerika, jika mereka ingin berjualan di wilayah penuh persaingan ketat seperti pasar game Jepang.

Lihat saja IP-IP yang menjadi “Best Sellers” di Jepang sepanjang tahun fiskal 2017 kemarin. Data berasal dari majalah gaming terkemuka Jepang “Famitsu”, dimana mereka juga melaporkan kalau pasar console di Jepang tumbuh hingga 121.8% sepanjang 2017. Ini merupakan prestasi dimana dalam 11 tahun terakhir pasar console cenderung stagnan tanpa pertumbuhan berarti.

IP games yang laku sepanjang 2017 di Jepang antara lain:

Pokemon Ultra Sun & Moon.

Game untuk Nintendo 3DS ini terjual sebanyak 2.198.231 unit sepanjang tahun fiskal 2017 kemarin.

(Sumber gambar: NintendoEverything)

Sumber gambar: NintendoEverything

Splatoon 2.

Game ini untuk Nintendo Switch; console hybrid paling laku sepanjang sejarah. Splatoon 2 sudah laku sebanyak 2.146.190 unit di tahun 2017 untuk di Jepang saja.

Sumber gambar: Nintendo

Sumber gambar: Nintendo

Monster Hunter World

Game PlayStation 4 bagian dari franchise populer Monster Hunter ini sudah terjual 1.917.492 unit di tahun 2017. Masih besar kemungkinan kalau angka ini akan terus bertambah mengingat popularitas Monster Hunter.

Sumber gambar: SiliconEra

Sumber gambar: SiliconEra

Dragon Quest XI

Game franchise RPG terkenal di Jepang ini dijual untuk Nintendo 3DS dan mampu terjual sebanyak 1.763.948 unit pada tahun 2017. Agak sedikit mengherankan mengingat basis gamers Dragon Quest di Jepang lebih banyak dari itu, tapi secara keseluruhan bukan angka penjualan yang buruk tentunya.

(Sumber gambar: NicoBlog)

Sumber gambar: NicoBlog

Super Mario Odyssey

Game ini dibuat untuk Nintendo Switch. Salah satu penyebab laku kerasnya Switch pasti karena game Mario terbaru ini. Game Mario hampir jadi jaminan akan laku di pasaran. Game dari franchise Super Mario ini sudah terjual sebanyak 1.613.076 unit di sepanjang tahun kemarin.

(Sumber gambar: Nintendo-Europe)

Sumber gambar: Nintendo-Europe

Mario Kart 8 Deluxe

Game Nintendo Switch lagi! Selain game petualangan Mario, game balap go-kart Mario juga merupakan “system seller” yang terbukti sejak lama. Mario Kart 8 Deluxe sudah laku hingga 1.613.076 menurut catatan sepanjang tahun fiskal 2017.

(Sumber gambar: YouTube)

Sumber gambar: YouTube

Dragon Quest XI

Adanya versi untuk PlayStation 4 mungkin salah satu penyebab kenapa penjualan game yang sama versi 3DS tidak begitu besar? Bisa jadi. Terjual 1.353.432 (lebih sedikit ketimbang penjualan versi 3DS), Dragon Quest XI versi PlayStation 4 jelas lebih superior soal grafis. Tapi itu semua tergantung pilihan gamers sendiri.

Sumber gambar: TechnoBuffalo

Sumber gambar: TechnoBuffalo

The Legend of Zelda: Breath of The Wild

Game of the Year 2017 versi The Game Awards ini terjual di Nintendo Switch sepanjang tahun 2017 sebanyak 563.274 unit. Sedikit? Ingat kalau itu penjualan di tahun 2017 di Jepang saja. Dan Breath of the Wild juga punya versi untuk Nintendo Wii U, sehingga harus berbagi pasar. Sama seperti Dragon Quest XI. Tapi secara hitungan global, estimasi penjualan Breath of the Wild sudah mencapai lebih dari enam juta unit di seluruh dunia.

Sumber gambar: GamingRespawn

Sumber gambar: GamingRespawn

Monster Hunter XX

Game untuk Nintendo 3DS. Sangat jarang game Monster Hunter yang tidak laris terjual hingga jutaan unit dan game ini kembali membuktikannya. Monster Hunter XX bisa laku hingga 417.119 unit hanya di tahun 2017 saja.

Sumber gambar: MonsterHunterWikia

Sumber gambar: MonsterHunterWikia

Sementara di bagian console, penjualan Nintendo Switch melewati para pesaingnya dengan meyakinkan di tahun 2017 kemarin.

Nintendo Switch: terjual 3.152.773 unit

(Sumber gambar: Nintendo)

Sumber gambar: Nintendo

Nintendo 3DS: terjual 1.410.312 unit

Sumber gambar: Nintendo

Sumber gambar: Nintendo

Sony PlayStation 4: terjual 2.036.011 unit

(Sumber gambar: Playstation)

Sumber gambar: Playstation

Sony PlayStation Vita: terjual 271.716 unit

(Sumber gambar: Walmart)

(Sumber gambar: Walmart)

Microsoft Xbox One: terjual 16.212 unit

(Sumber gambar: Xbox)

Sumber gambar: Xbox

Tahun fiskal yang menyenangkan untuk para produsen video game Jepang. Mari berharap hal yang lebih baik terjadi di 2018.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(denofgeek.com)

5 Tempat Terseram di Jepang Ini Pasti Bikin Kamu Merinding!

Cerita yang bergenre horror, film horror, komik horror dan buku lainnya, biasanya dibuat dengan tujuan untuk menghibur o.. more

00-d-ciayo-stream

WOW! Dengan CIAYO Stream, Kamu Bisa Main Game PC High End Di Ponsel!

Ingin main game PC high end tapi kamu cuma punya smartphone? Dengan CIAYO Stream, kamu bisa main game high end dimana sa.. more

00 d hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!

Author komik bersaing memperebutkan hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3! Ada laptop, tablet, konsol game, bahkan motor?.. more

00 el desktop

Rahasia Dibalik Laku Kerasnya Fiksi Baper-baperan

Cerita fiksi romantis - entah itu dalam novel hingga sinetron dan anime nampaknya laku keras. Kok bisa begitu ya, bro si.. more

00-d-lisensi-uefa-untuk-pes

Setelah 10 Tahun, Lisensi UEFA Untuk PES Tidak Dilanjutkan

Setelah pertandingan final Liga Champions di akhir Mei nanti, game PES akan kehilangan lisensi liga-liga kasta tinggi da.. more