Siapa Hero Overwatch Paling Populer di Indonesia?

5 months ago
00-d-Hero-Overwatch-Paling-Populer

Walaupun tak sepopuler game lain yang berjenis MOBA dan Battle Royale, Overwatch memiliki tempatnya tersendiri di Indonesia. Level kompetisi dalam game ini sama tingginya dengan game-game lain, sehingga menjadikan game FPS ini digandrungi banyak gamer, termasuk di Indonesia.

Dengan jajaran hero yang variatif berjumlah 28 karakter, tentunya menarik untuk mencari tahu siapa hero yang jadi favorit gamer Overwatch di Indonesia. Ada banyak alasan untuk memilih hero favorit di Overwatch, namun banyak yang memilih berdasarkan kecocokan dengan gaya bermain masing-masing.

Sumber: Overwatch Wikia

Sumber: Overwatch Wikia

Belum lama ini, media Kakuchopurei mengadakan survei di salah satu grup Overwatch terbesar di Indonesia, Overwatch Indonesia Community, untuk mencari tahu siapa hero Overwatch paling populer versi gamer Indonesia.

Overwatch Indonesia Community merupakan bagian dari Blizzard Gamers Indonesia yang juga menaungi komunitas game-game Blizzard lain seperti Starcraft dan Hearthstone. Belum lama ini, Blizzard Gamers Indonesia menjadi organisasi yang menyeleksi kontingen Indonesia yang bakal bersaing di kompetisi eSports Asian Games 2018 untuk cabang Starcraft II dan Hearthstone, dimana sempat terjadi masalah saat proses seleksi berlangsung.

Baca Juga: Cabor E-sports Asian Games Terpilih Mengundang Pro dan Kontra!

Diadakan selama 4 hari, survei ini bertujuan tak hanya untuk mencari tahu hero Overwatch paling populer menurut gamer Indonesia, namun juga membandingkannya dengan hero Overwatch paling populer dari seluruh gamer Overwatch global sehingga bisa ditemukan gaya bermain para gamer Overwatch dari Indonesia. Penasaran hasilnya? Yuk disimak!

Ini Dia Hero Overwatch Paling Populer di Indonesia!

hero Overwatch paling populer

Sumber: Kakuchopurei

Hasil survei ini dibagi ke dalam 4 kategori berdasarkan popularitasnya. Di kategori pertama, kita sudah bisa langsung melihat seperti apa gaya bermain yang disukai gamer Overwatch Indonesia. Lima dari enam hero tipe support: Mercy, Moira, Zenyatta, Ana dan Lucio; mendominasi 7 besar hero terpopuler. Jangan kira karakter-karakter ini mudah dimainkan, karena buktinya ada Ana dan Zenyatta yang tergolong karakter support sulit, serta Moira yang memiliki skill ofensif.

Melengkapi jajaran hero Overwatch paling populer versi gamer Indonesia ada dua tanker D.va dan Reinhardt. Uniknya, jika Reinhardt jadi hero terpopuler versi global, maka di Indonesia posisinya bertukar dengan D.va. Mungkin alasannya karena D.va lebih fleksibel dan punya faktor kejutan, atau karena keimutannya? Hmm…

Baca Juga: Razer Akan Memproduksi Gaming Gear Overwatch Bertema D.Va

Sumber: Kakuchopurei

Sumber: Kakuchopurei

Kategori kedua didominasi oleh hero yang terfokus pada skill. Rupanya, gamer Indonesia lebih suka dengan hero tipe DPS dengan burst damage tinggi seperti Tracer, Junkrat, dan Soldier 76. Hal ini cukup berbeda dengan pilihan global yang dipimpin Hanzo, Genji dan McCree (walaupun di Indonesia pun dua Hamada bersaudara tetap muncul di atas). Uniknya, McCree sepertinya bukan jadi pilihan utama gamer Indonesia.

Sumber: Kakuchopurei

Sumber: Kakuchopurei

Sang koboi High Noon justru muncul di kategori ketiga. Hero di sini jarang digunakan kecuali untuk situasi tertentu. Melihat dari pilihan gamer Indonesia, herohero ini digunakan untuk satu fungsi spesifik saja. contohnya Winston untuk nge-dive atau Reaper untuk melawan hero tipe tanker.

Lucunya, Pharah dan Reaper kurang begitu populer di kalangan gamer Indonesia. Keduanya diperkirakan bakal cukup diandalkan menimbang gamer Indonesia yang senang memainkan Junkrat, Tracer, dan Soldier 76. Mungkin skillset mereka kurang cocok sehingga tak banyak dimainkan.

Sumber: Kakuchopurei

Sumber: Kakuchopurei

Melengkapi survei ini adalah kategori terakhir. Hero di sini punya berbagai alasan sehingga mereka nggak dijadikan pilihan utama gamer Indonesia. Entah itu karena sulit dimainkan, terlalu pasif, tidak masuk ke dalam meta, baru saja di-nerf, atau termasuk karakter baru seperti Wrecking Ball. Layaknya gamer Overwatch global, hero seperti Symmetra, Bastion, dan Torbjorn tidak dijadikan pilihan utama.


Itu dia karakter hero Overwatch paling populer versi gamer Indonesia, yang ternyata didominasi hero jenis support dan DPS. Bagaimana menurut kamu? Siapa hero favorit kamu? Beri tahu di komentar ya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

chit-chat-FAIRY-DEMON-&-Diskopantera-desktop

Diskopantera Ajak Fans Nostalgia Disko Era 80-90an

Berawal dari mengisi gig teman, Diskopantera menjadi DJ yang menyuguhkan sensasi disko era 80-90an Indonesia dan luar ne.. more

Patung Black Panther Di Korea Selatan Dirusak Orang Mabuk!

Marvel menyumbangkan dua patung Black Panther untuk kota Busan. Belum lama berdiri, dua-duanya dirusak orang mabuk!.. more

Sumber: 9gag.com

Virtual Youtuber, Akankah Menjadi Trend di Masa Depan?

Sekarang semua orang udah bisa jadi vlogger atau Youtuber dengan mudah. Tinggal membahas suatu topik dan mengunggahnya d.. more

Sazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-rollSazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-roll

Anime Ini Dinobatkan Sebagai Anime Nasional Jepang dan Alasannya Bikin Melongo!

Jepang sebagai negara penghasil anime memang sudah sukses menjadikan anime sebagai gaya hidup. Hampir di tiap negara pas.. more

Joged Bumbung, Warisan Budaya yang Dicap Negatif. Mengapa Bisa Demikian?

Pernah dengar Joged Bumbung? Mengapa orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya, malah membiarkan anaknya ikut men.. more