Siapa Pencetus Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang?

2 years ago
Sumber: Google Images

Pernah gak sih kalian bertanya-tanya siapa awal pencetus dan yang pertama kali mempopulerkan mata besar berkilauan khas di manga dan anime? Apa itu asli original dari kreator Jepang? Atau terinspirasi dari suatu hal? Nah, dari dulu-dulu kita baca manga, bentuk mata yang besar dan berkilauan memang sudah identik banget.

Mata besar berkilauan khas anime dan manga. Sumber: Google Images

Mata besar berkilauan khas anime dan manga. Sumber: Google Images

Kalau ngomongin soal anime atau manga, pasti nama yang terbesit di kepala adalah Hayao Miyazaki, Fujiko F. Fujio, Masashi Kishimoto, Akira Toriyama, Eiichiro Oda, Gosho Aoyama dan lain-lain. Namun memangnya bro sis gak penasaran sama pelopor manga dan anime di Jepang?

Komik Jepang sukses menginvasi Indonesia sejak era Kungfu Boy, Dragon Ball kemudian dilanjutkan dengan Naruto, One Piece dan komik romance lainnya. Seperti yang diketahui ciri, khas dari manga dan anime adalah bola mata karakternya yang besar dan berkilauan.

Osamu Tezuka. Sumber: Japan Info

Osamu Tezuka. Sumber: Japan Info

Nah, style komik Jepang dengan bola mata besar berkilauan merupakan ciptaan dari mangaka yang bernama Osamu Tezuka. Inspirasi bola mata besar ini ia dapatkan dari kartun Disney Bambi dan Betty Boop.

Betty Boop. Sumber: Quora

Betty Boop. Sumber: Quora

Bambi. Sumber: Quora

Bambi. Sumber: Quora

Osamu Tezuka juga dikenal sebagai God of Manga dan Godfather of Anime. Pada tahun 1946, Osamu sensei mempublikasikan manga pertama dalam sejarah Jepang yang berjudul Diary of Ma-Chan. Diary of Ma- Chan terdiri dari beberapa panel dan dipublikasikan oleh surat kabar Jepang. Kemudian dilanjutkan pada tahun 1963, anime karya Ozamu yang berjudul Testuwan Astro atau Astro Boy pun diproduksi anime-nya.

Manga pertama di Jepang, Diary of Ma-Chan. Sumber: TezukaOsamu.net

Manga pertama di Jepang, Diary of Ma-Chan. Sumber: TezukaOsamu.net

Sebenarnya Astro Boy bukanlah anime pertama Jepang. Jauh pada tahun 1917, terdapat animasi berdurasi 2 menit yang menampilkan seorang samurai sedang mangayunkan pedangnya. Animasi yang berjudul Namakura Gatana ini dibuat oleh Oten Shimokawa dan Seitarou Kitayama. Meski begitu, Astro Boy merupakan anime pertama yang sukses di dunia internasional.

Kalau diperhatikan, mata Astro Boy memang sekilas mirip dengan mata Bambi dan Betty Boop ya? Sumber: quora

Kalau diperhatikan, mata Astro Boy memang sekilas mirip dengan mata Bambi dan Betty Boop ya? Sumber: quora

Dr. Osamu Tezuka lahir pada tahun 3 November 1928 di Prefektur Osaka. Beliau dianggap sebagai seorang pionir dalam teknik dan genre-genre manga. Mengawali karir sebagai dokter, Tezuka kemudian beralih menggambar manga. Semasa hidupnya, Tezuka telah menghasilkan lebih dari 700 manga loh bro sis!

Osamu Tezuka dan tumpukan komik Astro Boy-nya. Sumber: tofugu.com

Osamu Tezuka dan tumpukan komik Astro Boy-nya. Sumber: tofugu.com

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Ngomik Berbagi Kebaikan untuk #PejuangExtraordinary

Ngomik Untuk Berbagi Kebaikan Dengan #PejuangExtraordinary

Kebaikan dapat disalurkan melalui media apa saja. Asalkan ada niat baik yang ikhlas, pasti ada jalannya. Misalnya nih, a.. more

Nasi Kare Jepang. Sumber gambar: wikipedia.org

Nasi Kare: Masakan India Yang Malah Jadi Kuliner Nasional Jepang

Kare sangat populer di Jepang. Saking populernya Kare disana mengakibatkan tak sedikit generasi masa kini Jepang yang me.. more

faza-banner-desktop

Faza Meonk Banyak Belajar Dari Film Si Juki

Film Si Juki: The Movie berakhir setelah tayang di bioskop selama dua minggu. Bagaimana pengalaman Juki di film pertaman.. more

00-d-kak-seto-popcon

Ketika Kak Seto Men-Sleding Pengunjung POPCON Asia 2018

Ketua umum LPAI Kak Seto hadir di POPCON Asia 2018 untuk bicara soal meme kids zaman now, serta nasihat-nasihat untuk hi.. more

sumber: Wikimedia Commons

Franchise Star Wars Masih Terus Berlanjut di Layar Lebar: Apakah Karya Agung Milik George Lucas Ini Memang Perlu Untuk Dilanjutkan ?

Seperti kita tahu, sejak franchise Star Wars dibeli Disney hingga saat ini, franchise tersebut masih merilis film-film n.. more