Siapa Yang Memenangkan E3 2018?

3 months ago
00-d-e3-2018

Apakah kamu menghabiskan waktu subuh kamu dengan makan sahur sambil nonton Youtube dan melihat berbagai judul game baru yang diumumkan? E3 2018 yang diadakan dari tanggal 12-14 Juni lalu ini memang jadi surganya para gamer. Diselenggarakan bertepatan dengan bulan Ramadhan, berbagai perusahaan game dari seluruh dunia datang untuk memamerkan game terbaru mereka.

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para gamer adalah konferensi besar yang diadakan perusahaan game terkemuka. Ada Sony, Microsoft, Nintendo, EA, Ubisoft, dan masih banyak lagi. Biasanya konferensi E3 menjadi tolak ukur apakah sebuah game atau konsol akan menjalani tahun yang sukses atau tidak.

Kalau begitu, perusahaan game mana yang sukses di E3 kali ini? Siapa pula yang tampil mengecewakan? Berikut ini adalah breakdown dari setiap konferensi E3 2018.

EA

e3 2018

Sumber: Yahoo

Penampilan EA dalam E3 2018 kali ini bisa dibilang cukup buruk, apalagi kalau kita bicara soal konteks masalah yang dibuat oleh publisher raksasa ini beberapa bulan sebelum E3. Berbagai kontroversi yang EA buat sendiri, diklarifikasikan dengan sangat ambigu dan cenderung menghindari inti permasalahannya.

Kembali ke topik game, ada pengumuman sekuel Unravel 2 yang cantik, serta Sea of Solitude yang jadi bagian dari EA Originals kedua setelah A Way Out yang sukses besar. Sisanya? Kelewat biasa dan sangat mudah diprediksi. EA banyak mengenalkan judul game olahraga tahunan mereka seperti Madden NFL dan NBA Live. Prediksi FIFA yang bakal menyabet lisensi Liga Champions pun benar adanya. Battlefield V ikut-ikutan menambah mode battle royale mengikuti Call of Duty. Anthem yang digadang-gadang jadi headliner EA di E3 tahun ini tak terlalu banyak membeberkan konten baru dan malah cenderung membosankan.

Dosa besar EA di E3 kali ini adalah membocorkan kehadiran game Star Wars baru produksi Respawn Entertainment di luar panggung utama, serta menghidupkan kembali game strategi Command & Conquer dalam bentuk game mobile yang sangat kasual.

Nilai: D

Microsoft

Sumber: Variety

Sumber: Variety

Pada E3 tahun lalu, Microsoft dikritik karena tidak punya judul game eksklusif Xbox One yang memadai. Hal ini diperparah dengan berbagai game ekslusif yang ditunda rilisnya atau dibatalkan.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, Microsoft mengumumkan akuisisi beberapa studio game untuk menambah katalog game ekslusif Xbox One dalam jangka panjang. Untuk jangka pendek, Microsoft mengumumkan beberapa game ekslusif seperti Forza Horizon 4, Gears of War 5, dan Halo Infinite.

Namun, konferensi Microsoft dibuat meriah dengan berbagai game 3rd party yang beragam, menarik, dan tentunya ditunggu-tunggu para gamer. Ada game ninja Sekiro: Shadows Die Twice, kelanjutan petualangan Nero dan Dante di Devil May Cry 5, remake Resident Evil 2, hingga pengumuman mengejutkan dari game Battletoads dan Cyberpunk 2077. Cyberpunk 2077 sendiri menjadi buah bibir banyak gamer karena menyajikan gameplay RPG yang sangat solid dibalut grafik cantik berestetika cyberpunk.

Microsoft memang kekurangan judul eksklusif untuk Xbox One, namun mereka kini mencoba mengatasinya. Sambil menunggu, mereka punya berbagai game menarik yang bisa kamu coba.

Nilai: A

Bethesda

Sumber: Sick Empire

Sumber: Sick Empire

Bethesda memang belum memiliki pengalaman konferensi E3 sekuat perusahaan lain. Namun, game yang mereka sajikan sangat berbobot dan memiliki nilai jual tinggi.

Bethesda mengenalkan beberapa game menarik seperti Rage 2, Doom Eternal, serta Quake Champions. Saat produser Todd Howard naik ke panggung, semua senjata utama Bethesda pun dikerahkan. Todd membeberkan berbagai info terbaru seputar game Fallout 76. Ia juga mengenalkan Elder Scroll versi mobile, Blades; serta IP baru bernama Starfield.

Sebagai kejutan, Todd mengungkapkan game Elder Scrolls 6 yang tengah dikerjakan, serta Skyrim versi Alexa yang kelihatan seperti sebuah lelucon namun ternyata bisa kamu mainkan betulan.

Nilai: B

Square Enix

Sumber: Kingdom Hearts Insider

Sumber: Kingdom Hearts Insider

Setelah sekian lama, Square Enix kembali mengadakan konferensi E3 mereka, tapi dalam bentuk video seperti yang biasa dilakukan Nintendo. Sayang, konferensi Square Enix ini terasa sangat sia-sia.

Square Enix seakan hanya mengulang kembali info-info dari game baru mereka yang sudah pernah diungkap. Berharap ada info baru dari Kingdom Hearts 3? Jangan deh. Shadow of the Tomb Raider dan Just Cause 4 pun sudah lebih dulu diungkap. Square Enix memang mengenalkan game baru seperti The Quiet Man dan Babylon’s Fall, tapi tak banyak info yang mereka beberkan.

Kesalahan terbesar Square Enix adalah mereka tidak memanfaatkan momen ini untuk memberi kejelasan dari proyek-proyek ambisius lain yang mereka tangani, seperti Avengers Project dan remake Final Fantasy VII. Mungkin mereka ingin fokus merampungkan Kingdom Hearts 3 secepat mungkin sebelum Utada Hikaru merilis soundtracknya lebih duluan dari gamenya.

Nilai: C

Ubisoft

Sumber: Yandex

Sumber: Yandex

Dari seluruh perusahaan yang terlibat dalam E3, Ubisoft selalu bermain aman dalam konferensi mereka. Sepanjang acara mereka senantiasa fokus pada game mereka, dan hanya game saja.

Ubisoft tak punya kejutan banyak di tahun ini, namun mereka punya banyak game solid yang ingin dikenalkan. Assassin’s Creed: Odyssey, The Division 2, dan Skull of Bones jadi game segar yang mereka kenalkan. Crossover dengan Nintendo kembali dijajaki, kali ini menampilkan Donkey Kong dan Star Fox dalam beberapa game Ubisoft. Trailer baru Beyond Good & Evil 2 mungkin akan sedikit mengejutkan untuk para pecinta game cult classic ini. Ada pula game Transferrence yang dibuat bersama studio film milik Elijah Wood, Spectrevision.

Satu tips bagi Ubisoft untuk E3 tahun depan, mungkin mereka harus berhenti dengan penampilan lebay seperti saat mengenalkan game Just Dance dan Trials terbaru.

Nilai: B+

PC Gaming Show

Sumber: W3LiveNews

Sumber: W3LiveNews

Entah kenapa PC Gaming Show selalu jadi titik terlemah dalam E3. Segmen khusus gamer PC ini sayangnya tidak dipenuhi begitu banyak game AAA menarik, dan jadi wadah bagi berbagai developer game indie untuk unjuk karya mereka.

Di E3 2018 ini, ada beberapa game indie yang menarik seperti Satisfactory, Two Point Hospital, Rapture Rejects, Night Call, dan masih banyak lagi. Berbagai developer besar turut andil memeriahkan PC Gaming Show dengan judul game Ooblets, Jurassic Park: Evolution, Warframe: The Sacrifice, The Walking Dead versi Telltale dan Overkill, Hitman 2, dan Anno 1800.

Penyelamat PC Gaming Show sendiri datang dari Sega yang memborong berbagai game mereka ke PC. Judul-judul tersebut diantaranya adalah Valkyria Chronicles 4, Yakuza 0 dan Yakuza Kiwami! Setelah sekian lama, aksi Kazuma Kiryu akan bisa dinikmati oleh para PC gamer.

Nilai: B-

Sony

Sumber: JagatPlay

Sumber: JagatPlay

Penampilan solid Sony selama 2 tahun terakhir di E3 seakan membawa ekspektasi besar di benak fans. Mereka punya banyak game ekslusif menarik untuk Playstation 4 seperti The Last of Us 2, Days Gone, Death Stranding, Ghost of Tsushima, dan Spider-Man. Di E3 2018 kali ini apa yang bakal Sony kenalkan?

Namun bagaikan film yang anti-klimaks, Sony mengenalkan semua game tersebut tanpa embel-embel lainnya. Ada The Last of Us 2 yang tampil mencekam namun dalam ekspektasi. Ghost of Tsushima sangat menegangkan meskipun yang dimainkan adalah side-quest. Death Stranding yang jadi proyek ambisius Hideo Kojima tetap membingungkan. Spider-Man menampilkan berbagai musuh baru dalam pertarungan yang sangat kacau.

Selain itu? Nggak ada. Begitu Sony mengenalkan semua game tersebut, acara mereka selesai. Game yang mereka kenalkan keren sih, tapi kalau ternyata cuma itu saja malah jadi kecewa juga saat menontonnya. Rasanya seperti nonton film di bioskop, dan memang seperti inilah pengalaman di konferensi Sony tahun ini.

Nilai: B

Nintendo

Sumber: Nintendo World Report

Sumber: Nintendo World Report

Seperti tahun-tahun sebelumnya, konferensi E3 2018 Nintendo disajikan dalam bentuk video. Meski demikian, konferensi Nintendo setiap tahunnya selalu konsisten memenuhi harapan fans.

Nintendo mengenalkan berbagai game menarik seperti Pokemon: Let’s Go Pikachu dan Eeve yang bisa disambungkan dengan game Pokemon GO. Kemudian ada Super Mario Party, Fire Emblem: Three House, Fortnite, dan Hollow Knight.

Puncak pengumuman Nintendo adalah Super Smash Bros. Ultimate yang bakal menghadirkan semua karakter Super Smash Bros. yang pernah ada. Salah satunya adalah Solid Snake dari Metal Gear Solid. Pengisi suara David Hayter dipastikan kembali memerankan Snake setelah perannya direbut Kiefer Sutherland di Metal Gear Solid V.

Rating: B+

Devolver Digital

Sumber: Youtube

Sumber: Youtube

Tahun lalu, penerbit game Devolver Digital menggemparkan gamer di seluruh dunia berkat konferensi E3 mereka yang sangat lebay, lucu, dan juga penuh dengan adegan kekerasan. Konferensi yang lebih mirip film parodi satir ini ternyata berhasil menarik perhatian para gamer karena berani menyinggung isu-isu dalam dunia gaming yang sedang ngetren.

Bagaimana dengan konferensi mereka tahun ini? Ada dua game menarik yang dikenalkan oleh Devolver Digital. Misalnya game shooter horizontal My Friend Pedro, hingga game survival shooter SCUM. Kejutan datang lewat remaster dari Metal Wolf Chaos, game mecha produksi From Software yang populer di internet karena menampilkan karakter presiden Amerika yang bertarung menggunakan robot raksasa!

Seperti apa kehebohannya? Lebih baik kamu saksikan saja sendiri konferensi dari Devolver Digital ini. Jangan lupa juga untuk menonton konferensi mereka tahun lalu.

Nilai: LET’S PARTYYYYYY!!!


Konferensi E3 2018 mana yang jadi favorit kamu? Apa game yang paling kamu nantikan kehadirannya? Jangan lupa untuk comment jawabannya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: Billboard)

Music Video K-Pop TVXQ Sengaja Menghilangkan Jepang dari Peta Dunia?

Sudah lihat music video terbaru boyband TVXQ? Ternyata ada yang hilang, loh! .. more

00-d-aquaman

Villain Film Aquaman Terungkap! Seperti Apa Kisahnya?

Gimana jadinya kalau pecinta alam ningrat muak sama orang-orang yang suka buang sampah sembarangan? Inilah motif dari Or.. more

(Sumber foto: youtube.com)

Manga romance 3D Kanojo Real Girl Mendapat Adaptasi Live-Action

3D Kanojo: Real Girl berawal dari kisah manga yang dibuat oleh Mao Nanami. Berkisah tentang hubungan antara gadis cantik.. more

00-d-garudayana

Garudayana: Kisah Perwayangan Dalam Kemasan Unik Dan Segar

Dunia pewayangan Arcapada geger! Kinara, si gadis pemburu harta karun menemukan telur emas Garuda yang legendaris. Pihak.. more

Sumber: Duniaku.net

Breaking News: CIAYO Corp Akan Garap Komik, Game, dan Film Animasi Vandaria Saga

Melanjutkan pengumuman tentang logo baru CIAYO Corp,langkah strategis perdana yang dilakukan oleh CIAYO Corp ini adalah .. more