A Silent Child, Peraih Piala Oscar Live Action Short Movie

1 year ago
Sumber: shorts.shef.ac.uk

Di tahun ini, penghargaan Oscar memberikan penghargaan bagi tiga kategori short movie yaitu film pendek animasi, dokumentasi, dan live action. Pemenang dari kategori film pendek animasi terbaik didapatkan oleh film Dear Basketball  karya Glen Keane yang dinarasikan sendiri oleh Kobe Bryant mengenai kehidupannya setelah mengenal permainan bola basket dalam hidupnya.

Peraih penghargaan kategori film pendek dokumentasi, dimenangkan oleh Heaven Is a Traffic Jam on the 405 yang berkisah mengenai seorang seniman dan mental illness yang pernah ia alami dulu. Sementara untuk kategori film pendek live action dimenangkan oleh ‘A Silent Child’, yang disutradarai oleh Chris Overton dan Rachel Shenton sebagai penulis naskah.

Sumber: thedreamcage.com

Sumber: thedreamcage.com

Film A Silent Child ini bercerita mengenai seorang gadis tuna rungu bernama Libby (Maisie Sly). Dalam keluarganya, Libby satu-satunya yang kehilangan kemampuan pendengarannya. Gak jarang, Libby merasa sangat kesepian karena keluarganya yang kurang paham bagaimana cara untuk berkomunikasi dengannya.

Bagaimana pun juga Libby sendiri masih seorang anak kecil berumur 4 tahun. Hingga akhinya keluarga Libby memutuskan untuk menyewa jasa pengasuh bernama Joanne (Rachel Shenton) untuk membantu Libby mempersiapkan dirinya memasuki sekolah.

Semenjak bertemu dengan Joanne, Libby pun berubah. Ia gak jadi anak yang pemurung lagi berkat Joanne yang selalu berkomunikasi dengan dirinya menggunakan bahasa isyarat. Libby merasa didengarkan, bahkan berkomunikasi dengan baik untuk pertama kali dalam hidupnya selama empat tahun hidup dalam ‘sunyi’.

Sumber: home.bt.com

Sumber: home.bt.com

Rachel sebagai penulis naskah patut diberikan applause meriah. Rachel belajar mengunakan bahasa isyarat semenjak Ia berumur 12 tahun ketika ayahnya menjadi seorang tuna rungu. Semenjak itu, Rachel selalu berusaha untuk meningkatkan kepedulian orang-orang tentang disibilitas melalui kegiatan amal dan volunteer.

Ketika maju keatas panggung Oscar kemarin, Rachel pun memberikan pidato-nya menggunakan bahasa isyarat sebagai tanda terima kasih dan janjinya kepada Sly, pemeran tokoh Libby yang duduk di kursi penonton. Ia mengatakan kalau ada jutaan anak lainnya yang hidup dalam kesunyian sebagai seorang tuna rungu dan gak bisa berkomunikasi dengan orang lainnya. Terutama ada sebuah gap besar yang menghalangi mereka untuk mendapatkan edukasi seperti anak lainnya.

Sumber: encounters-festival.org.uk

Sumber: encounters-festival.org.uk

Untuk bisa berkomunikasi dengan lancar adalah cara setiap orang untuk bisa memberitahu apa yang sedang dirasakan. Bahagia, sedih, marah, atau kecewa. Kadang bagi orang yang bisa berbicara aja bahkan sulit untuk mengungkapkan perasaannya.

Sumber: www.thesun.co.uk

Sumber: www.thesun.co.uk

Bisa dibayangkan apa yang dirasakan oleh anak kecil seperti Libby, yang hidup diantara anggota keluarganya yang berbeda dengannya? Film ‘A Silent Child’ dibuat dengan budget yang kecil oleh bantuan para donator. Tapi pesan moral dan kisah sederhana yang menyentuh dari seorang anak penyadang disabilitas untuk bisa sekolah dan hidup di tengah masyarakat, berhasil memenangkan piala Oscar tanggal 4 Maret kemarin. Congratulations!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-komik-noblesse

Ini Perbedaan Antara Komik Noblesse Dengan Animenya!

Komik Noblesse diangkat menjadi anime, namun terdapat perbedaan yang signifikan. Apakah Noblesse: Awakening adaptasi yan.. more

CIAYO Comics

Mencuri di Komplek Ini Justru Dibantuin, Loh!

Kalau biasanya tindak kriminal sangat meresahkan warga, itu gak berlaku di komplek yang satu ini. Mencuri justru dibantu.. more

Sumber: CelebMix

10 Kekreatifan Video Klip Band OK Go Ini Akan Membuatmu Tercengang!

Selain karena diproduksi secara low budget, konsep video klip yang ditampilkan OK Go sangatlah kreatif dan sekilas rumit.. more

Internet Café? Hotel? Keduanya benar. Sumber gambar: xperience.link

Warnet di Akihabara Jepang yang Lebih Mirip Hotel daripada Internet Café

Di wilayah Akihabara Jepang, ada internet café (alias warnet) yang bisa berfungsi sebagai hostel/hotel mini untuk turis.. more

Membaca cerita fiksi dan efeknya (Sumber: emazed.com)

Cerita Fiksi dan Efeknya ke Pembaca

Ternyata kamu hobi baca novel fiksi dan bahkan berbakat dalam nulis cerita pendek. Tenang! Hal itu sama sekali gak salah.. more