Single? Yuk Main Game Simulasi Kencan Buatan Anak Sekolah Jepang!

9 months ago
Art yang tipikal khas game simulasi kencan Jepang. Sumber gambar: noelworks.net

Genre Game Simulasi Kencan alias Dating Sim Game bukanlah hal aneh atau baru di dunia game, terutama dari developer Jepang.

Genre ini termasuk sangat populer dengan berbagai tema dibuat di dalamnya. Mulai dari yang normal seperti kisah sehari-hari anak sekolahan hingga yang absurd dengan melibatkan elemen-elemen fantasy seperti adanya makhluk astral, alien atau banyak hal lain yang buat sebagian orang akan terasa ngawur.

Tokimeki Memorial. Game simulasi kencan populer. Sumber gambar: gamefaqs.com

Tokimeki Memorial. Game simulasi kencan populer. Sumber gambar: gamefaqs.com

Game Dating Sim ini memang biasanya ditujukan untuk pangsa pasar gamer cowok yang mungkin mengalami kesulitan mencari pacar di dunia nyata sehingga diharapkan game model ini dapat menjadi semacam ‘training’ untuk mereka di dunia nyata. Walau kesannya mungkin ngawur banget, tapi tak jarang banyak bro yang merasa kalau game date sim memupuk rasa pede mereka saat mendekati sis yang mereka sukai di dunia nyata.

Belajar cara PDKT cewek anggota klub renang? Sumber gambar: youtube.com

Belajar cara PDKT cewek anggota klub renang? Sumber gambar: youtube.com

Game simulasi kencan biasanya dibuat oleh developer game secara professional. Dalam artian dirancang dan dibuat dengan perlakuan seperti game genre lainnya. Nah… apa jadinya kalau game dating sim alias game simulasi kencan seperti itu dikerjakan oleh sekelompok anak sekolahan?

Kebanyakan game simulasi kencan (terutama buatan Jepang) ber-setting tentang kehidupan anak sekolahan. Tapi lucunya dibuat oleh orang dewasa, di perusahaan developer game professional, dan berdasarkan imajinasi mereka. Game berjudul “Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven” ini berbeda dari game dating sim kebanyakan. Developer dari game ini adalah sekelompok remaja yang menamakan diri sebagai “Noel Works” dari Azabu Gakuen, Tokyo. Azabu Gakuen sendiri adalah sebuah sekolah SMP-SMA di Tokyo, Jepang.

Sekelompok pelajar yang mencoba membuat game dating sim. Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Sekelompok pelajar yang mencoba membuat game dating sim. Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Salah satu hal lucu dari Noel Works ini adalah saat mereka memperkenalkan diri melalui website resmi mereka http://noelworks.net . Mereka mendeskripsikan diri dengan keterangan “Banyak anggota kami yang merupakan cowok-cowok tidak populer di kalangan cewek saat di sekolah. Kami ingin menggambarkan romansa yang seharusnya kami rasakan. Kami mau populer tapi enggak dapat kesempatan, jadi kami dedikasikan keinginan itu ke dalam game romance ini”.

Melihat bakat dan premise yang dimiliki Noel Works, terlihat kalau game buatan mereka lumayan menjanjikan. Tapi berhubung mereka masih berupa remaja-remaja sekolahan, yang otomatis tidak punya uang lebih ataupun sumber pendanaan memadai untuk pembuatan sebuah game, maka adalah sebuah langkah cerdas untuk Noel Works memanfaatkan metode ‘crowdfunding’ alias pendanaan dari massa untuk game Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven ini.

Metode crowdfunding (seperti Kickstarter) bukanlah hal aneh dalam pembiayaan sebuah game di masa sekarang. Bahkan developer game sekaliber Yu Suzuki juga menggunakan metode yang sama untuk pembiayaan game buatannya, Shenmue III [Trailer Shenmue III Dirilis dan Reaksi Fans Terbelah], dan terbukti sukses. Jadi sebuah langkah wajar dan pintar untuk Noel Works menggunakan sarana crowdfunding untuk membiayai game Tenkyu no Kyoukaisen/Borderline of the Heaven.

Dengan menggunakan website crowdfunding Jepang bernama ‘Campfire’ (https://camp-fire.jp/projects/view/52086) dana yang mereka butuhkan sebesar 300.000 Yen atau sekitar US$ 2.680 langsung tercapai dalam waktu sekitar satu jam saja. Menandakan kalau banyak gamers yang tertarik akan konsep game simulasi kencan buatan para remaja Noel Works ini. Untuk mempromosikan game mereka, Noel Works juga menulis “Kami, yang sedang berada di masa puber seperti sekarang, adalah yang paling tepat untuk membuat game simulasi kencan dengan romansa seperti ini!” Iklan yang malu-maluin tapi akurat juga ya, bro sis? Hehehe.

Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven sendiri bercerita tentang seorang cowok anak sekolahan bernama Haruto. Haruto punya masa lalu yang buruk sehingga dia selalu menjaga jarak dengan orang-orang kecuali dengan teman masa kecilnya Take (cowok) dan Kotone (cewek). Tapi situasi akan mulai berubah saat munculnya sosok Ciel, cewek blonde dengan twintail yang punya masa lalu serupa dengan Haruto.

Kotone (kiri) & Take (kanan). Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Kotone (kiri) & Take (kanan). Sumber gambar: en.rocketnews24.com

 

Ciel, si blonde twin tail. Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Ciel, si blonde twin tail. Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Noel Works berencana merilis game ini dalam bentuk fisik / disc dengan harga mulai dari 3.000 Yen saja. Alasannya karena mereka melakukan ini bukan demi profit besar. Selama ongkos produksi tertutupi maka hal itu sudah bagus.

Dan walaupun fokus pada market lokal Jepang, tapi Noel Works tidak menutup kemungkinan untuk meluaskan pemasaran game Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven mereka ke pasar luar negeri lewat pengumuman di website mereka yang menyatakan “Pengiriman ke luar negeri tersedia. Silakan mengirimkan email ke kami untuk info lanjutan”.

Heroiness dari Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven. Sumber gambar: en.rocketnews24.com

Jadi apa bro sis berminat memainkan game simulasi kencan Tenkyu no Kyoukaisen alias Borderline of the Heaven ini? Bisa kirim email ke kelompok anak sekolahan Jepang kreatif ini. Happy gaming!

Trailer date sim game “Tenkyu no Kyoukaisen / Borderline of the Heaven”

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(CIAYO Comics)

Setahun Perjalanan CIAYO Comics

Setahun sudah, CIAYO Comics sebagai platform komik digital Indonesia hadir dengan deretan komik-komik favorit. Para peci.. more

hewan peliharaan unik dari anime

10 Hewan Peliharaan Unik Dari Anime Yang Lucu dan Aneh

Anime punya berbagai hewan unik dan aneh yang jadi teman tokohnya. Inilah 10 hewan peliharaan unik dari anime... more

Benarkah Spiderman Akan Muncul di Film spin-off ‘Venom’?

Setelah teaser trailer keluar dua bulan yang lalu, akhirnya trailer pertama film spin-off  ‘Venom’ muncul dan memp.. more

00-d-rediscover-3

Rediscover: Imagination

Bagaimana menerapkan konsep Rediscover dan fantasi dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Mari membahasnya lewat video Red.. more

00 cover d

Universal Studios Jepang Meluncurkan Wahana Sailor Moon 4D

Universal Studios Jepang membuka wahana 4D dari serial anime klasik Sailor Moon. Sailor Moon 4D ini akan hadir mulai 16 .. more