Sonic Mania: Game Fan-made Yang Disetujui Oleh Sega

2 months ago
Sonic Mania. Game Sonic terbaru dari Sega. Sumber gambar: youtube.com

Game Sonic The Hedgehog dari Sega memiliki reputasi panjang di bisnis video game dunia.

Sonic The Hedgehog. Game klasik Sega Mega Drive / Genesis. Sumber gambar: droid-life.com

Sonic The Hedgehog. Game klasik Sega Mega Drive / Genesis. Sumber gambar: droid-life.com

Bermula dari persaingan sengit antara Sega dengan Nintendo di era keemasan video game dunia tahun 90an dulu. Tepatnya tahun 1991, saat Sega menginginkan maskot untuk menyaingi Mario dari Nintendo.

Memang pada masa itu, suhu persaingan antara Sega dengan Nintendo boleh dibilang tinggi sekali, berhubung keduanya adalah dua penguasa pasar video game global (karena saat itu Sony maupun Microsoft belum memasuki bisnis menggiurkan ini).

Nintendo punya Mario, maskot mereka yang dikenal dengan tampilan khas itu. Dan saat itu Sega belum memiliki maskot yang mewakili brand image mereka.

Mario & Sonic. Dua maskot besar yang selalu bersaing ketat. Sumber gambar: gonintendo.com

Mario & Sonic. Dua maskot besar yang selalu bersaing ketat. Sumber gambar: gonintendo.comMario & Sonic. 

Terciptalah Sonic The Hedgehog.

Sonic The Hedgehog (1991). Sumber gambar: sonic.wikia.com

Sonic The Hedgehog (1991). Sumber gambar: sonic.wikia.com

Sonic memang dipersiapkan untuk melawan hegemoni Mario sebagai maskot video game. Dan Sega berhasil melakukan hal itu. Sonic digambarkan sebagai seekor landak anthropomorphic berwarna biru dengan sepatu merah yang dapat berlari super kencang dan melompat tinggi; berlawanan dengan Mario-nya Nintendo yang relatif berlari lebih lamban dan melompat tidak setinggi Sonic.

Sega merilis Sonic The Hedgehog untuk console Sega Mega Drive (atau Sega Genesis untuk market internasional) pada tahun 1991, dan ini menjadi kesuksesan besar untuk Sega. Game platform berkecepatan tinggi ini berhasil menarik perhatian publik gamers pada masa itu.

Desain karakter yang unik, karena landak sering diasosiasikan dengan kecepatan lambat namun di game ini Sonic digambarkan sebagai landak yang super cepat (sesuai namanya “Sonic”), menjadikan Sonic sebagai idola baru. Yuji Naka sebagai kreator Sonic berhasil menciptakan maskot untuk Sega yang tidak hanya jadi ikonik namun benar-benar seru untuk dimainkan gamenya.

Yuji Naka, mantan boss Sonic Team yang juga pencipta Sonic. Sumber gambar: tssznews.com

Yuji Naka, mantan boss Sonic Team yang juga pencipta Sonic. Sumber gambar: tssznews.com

Game Sonic terus berkembang setelah game pertama dirilis.

Ada berbagai jenis game Sonic The Hedgehog yang dibuat dan dirilis ke pasaran. Kebanyakan dari mereka adalah game platforming seperti game pertamanya, namun ada pula game Sonic yang berbeda bentuk seperti misalnya pinball game (Sonic The Hedgehog Spinball) ataupun game action/adventure (Sonic Lost World). Bahkan game balapan (Sonic & Sega All-Stars Racing) dan game fighting (Sonic The Fighters) juga pernah dibuat oleh Sega.

Berhenti berlari, saatnya berkelahi! Sumber gambar: polygon.com

Berhenti berlari, saatnya berkelahi! Sumber gambar: polygon.com

Hampir semua dari game Sonic ini dikerjakan in-house oleh Sega sendiri melalui Sonic Team mereka. Terkadang juga ada game Sonic yang di-outsourcing kan ke perusahaan/developer lain yang ditunjuk oleh Sega.

Dan dalam kasus langka, game Sonic buatan fans Sega juga ada beredar dengan supervisi dan marketing mechanism langsung dari Sega. Seperti game Sonic Mania yang baru-baru ini dirilis ke pasaran.

Berbeda dengan Nintendo yang super ketat menjaga IP mereka agar tidak di “utak-atik” oleh pihak lain, Sega cenderung lebih flexible (walau tetap serius dalam menanganinya). Seringkali game Nintendo buatan fans yang kandas di tengah jalan karena Nintendo sebagai publisher melakukan C&D (cease and desist) order kepada developer/fans yang membuat game Nintendo itu.

C&D adalah perintah untuk menghentikan dan menarik game tersebut dari pasar atau internet. Kasus seperti ini misalnya remake dari Chrono Trigger atau Metroid, yang sebenarnya potensial namun harus bubar karena perintah C&D dari tim pengacara Square Enix dan Nintendo waktu itu.

Chrono Trigger fanmade yang ditutup oleh Square Enix. Sumber gambar: jpninfo.com

Chrono Trigger fanmade yang ditutup oleh Square Enix. Sumber gambar: jpninfo.com

Sonic Mania mengalami nasib yang lebih baik.

Pembuatan game ini dimulai dari tahun 2015 oleh Christian “Taxman” Whitehead, orang Australia yang juga pengurus komunitas fans game Sonic. Taxman yang juga seorang programmer membuat prototype game Sonic versi dia dan teman-temannya selama beberapa bulan. Tahu kalau dia mungkin akan mengalami kesulitan (seperti misalnya C&D) dari Sega, Taxman memutuskan untuk menemui Takashi Iizuka. Iizuka sendiri adalah produser dari game-game Sonic saat ini.

Team developer Sonic Mania. Mereka semua adalah fans Sonic. Sumber gambar: neogaf.com

Team developer Sonic Mania. Mereka semua adalah fans Sonic. Sumber gambar: neogaf.com

Tak disangka, Iizuka sangat tertarik dan antusias dengan project yang Taxman beri nama ‘Sonic Discovery’ tersebut dan memintanya agar menambahkan level-level dari game klasik Sonic sebelumnya.

Iizuka juga memberikan nama ‘Sonic Mania’ di project ini dengan alasan kalau “project ini adalah dari mania untuk mania, sebuah produk yang berasal dari passion/cinta akan game-game Sonic sebelumnya”.

Produser game-game Sonic saat ini, Takashi Iizuka. Sumber gambar: metro.co.uk

Produser game-game Sonic saat ini, Takashi Iizuka. Sumber gambar: metro.co.uk

Sonic Mania memiliki banyak referensi dari game-game Sonic di era 16 Bit/Sega Mega Drive dahulu. Misalnya pilihan untuk filter gambar ala CRT atau layar televisi tabung era 90an tanpa melupakan elemen modern seperti pilihan tampilan 4K jika game-nya dimainkan di mesin seperti PlayStation 4 Pro.

Screenshot game Sonic Mania. Sumber gambar: store.playstation.com

Screenshot game Sonic Mania. Sumber gambar: store.playstation.com

Pasar menanggapi Sonic Mania dengan baik. Reviewer seperti portal game GameSpot memberikan nilai 9/10 secara keseluruhan. Game yang dirilis Agustus 2017 di berbagai platform (Nintendo Switch, Sony PlayStation 4, Microsoft Xbox One, dan tentunya Windows PC) ini di prediksi akan menjadi game Sonic dengan review dan tanggapan fans terbaik dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini.

Sonic Mania merupakan contoh dimana fans berat suatu IP game bisa berkontribusi di dalam game yang jadi kesukaannya. Dengan pendekatan yang ‘benar’, mereka bahkan bisa menjadi bagian resmi dan serius dari game itu sendiri. Karena bagaimanapun, sebuah IP game adalah milik dari developer/publisher. Dan itu dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Tak heran kalau Nintendo super-serius dalam menangai IP mereka. Namun langkah yang Sega ambil saat seseorang menggunakan IP mereka, harus diakui, sedikit lebih baik ketimbang Nintendo.

Sonic Mania sudah tersedia di pasaran dan bro sis bisa membelinya sekarang juga. Happy gaming!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more

Sumber: pinterest.com

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

kepribadian, kepribadian yandere, otaku, sasaeng fans, penyakit jiwa, attached, sakit jiwa, gila, ocd, yandere.. more

Yuk, Ikutan Voting dan Tentukan Juara CIAYO Comics Challenge!

CIAYO Comics Challenge udah masuk ke fase final. Yuk ikutan voting dan tentukan juaranya!.. more

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

TERBONGKAR!! Osama bin Laden Meninggalkan Komputer Berisi Game, Anime, dan Film Bajakan!

Ternyata, isi dari komputer bin Laden dipenuhi berbagai jenis file yang nampak tidak lazim. Apakah terlintas di pikiranm.. more

La’komfest 2017 digelar di Kafe Potret Medan. Sumber gambar: facebook.com/HarryRezqiano

La’komfest 2017, Saat Anak Medan Semakin Serius Ngomik Digital

Kali ini khusus untuk yang menggemari komik, terutama komik webtoon. Komik webtoon merupakan format komik yang sedang po.. more