Tanggal 23 Juni Nanti, Sonic Berulang Tahun Ke-27

5 months ago
00-d-sonic-the-hedgehog

Sonic The Hedgehog.

Si landak biru bersepatu merah yang super ngacir ini merupakan satu dari dua maskot perusahaan video game yang tetap hidup sejak Golden Age video game dunia. Diciptakan oleh perusahaan Sega demi menyaingi seteru abadi mereka Nintendo (dengan maskot si tukang ledeng Mario), Sonic The Hedgehog adalah bagian penting kultur gaming dunia sejak lahir hingga hari ini.

Sonic The Hedgehog (1991). Sumber: YouTube

Sonic The Hedgehog (1991). Sumber: YouTube

Walaupun Sega kini tidak lagi bermain di bisnis hardware video game seperti era 80an hingga awal 2000an namun kekuatan mereka di industri ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Dan Sonic The Hedgehog, yang diciptakan tahun 1991 untuk Sega Mega Drive (Sega Genesis untuk market Amerika Serikat), adalah bagian penting dari kekuatan Sega di bisnis video game.

Tapi memang tidak semua game-game Sonic ini sukses di pasaran. Atau bagus dalam penilaian kritik.

Setidaknya itulah yang terlihat dalam perjalanan Sonic di dunia video game sepanjang tahun. Entah karena kurang inovasi dalam hal gameplay atau memang orang mulai bosan dengan game-game Sonic, yang jelas makin kesini game-game bertema Sonic The Hedgehog memang mengalami penurunan tidak hanya di bagian penjualan namun juga di bagian kritik.

Tentu tidak semua game Sonic bernasib kurang beruntung di luar sana. Ada juga game Sonic yang sukses meraih pasar dan kritik sekaligus, seperti misalnya “Sonic Adventure” (1998) untuk Sega Dreamcast. Atau game Sonic yang tadinya dibuat oleh fans sebelum kemudian disetujui oleh Sega untuk diedarkan: “Sonic Mania” (2017).

Peralihan dari 2-D ke 3-D: Sonic Adventure (1998). Sumber: Emuparadise

Peralihan dari 2-D ke 3-D: Sonic Adventure (1998). Sumber: Emuparadise

Sonic Mania bahkan dianggap sebuah sample, sebuah bukti tak terbantahkan kalau citra dan pesona Sonic The Hedgehog masih sangat bagus di industri video game yang penuh sesak dengan berbagai karakter ‘maskot banget’. Misalnya seperti si makhluk marsupial Crash Bandicoot atau si Naga Ungu Spyro.

Sumber: Sega

Sumber: Sega

Sonic tetap recognizable alias tetap dapat dengan mudah dikenali penggemar video game. Terutama sih karena penampilan khas Sonic The Hedgehog yang tidak banyak berubah sejak 1991; dimana Sonic baru tercatat mengalami sekali re-design. Dan itupun tidak terlalu drastis. Kedua desain Sonic The Hedgehog dapat dilihat di game “Sonic Generations” (2011) dimana pemain dapat merasakan mengendalikan Sonic era 90an dan era modern 2000an dalam satu game yang seru.

Sumber: OceanOfGames

Sumber: OceanOfGames

Demi menjaga gengsi sebagai maskot penting perusahaan, Sega tetap menganak-emaskan Sonic dalam business plan mereka.

Seperti berita terkini soal Sonic The Hedgehog; dimana akan diadakan perayaan ulang tahun ke-27 Sonic The Hedgehog yang tahun ini digelar 23 Juni 2018 dan bertempat di venue Tokyo Joypolis.

Di acara ini, salah satu highlight penting dan jadi sorotan publik gaming maupun media adalah akan munculnya produser serial Sonic The Hedgehog (yang juga merupakan suksesor kreator Sonic The Hedgehog, Yuji Naka) Takashi Iizuka menerangkan soal game “Sonic Mania Plus”.

Game ini merupakan upgrade/update dari game Sonic Mania sebelumnya. Menarik untuk melihat apa saja yang ditawarkan Sega dari game lama ini.

Sumber: Wikia

Sumber: Wikia

Dan tentu saja fans juga berharap kalau Iizuka nanti akan mengumumkan hal lain selain Sonic Mania Plus. Mungkin sebuah game Sonic The Hedgehog terbaru sedang dalam pembuatan? Atau konfirmasi/informasi film hybrid live action + CGI untuk Sonic? Teknik ini sebelumnya sukses diterapkan di film “The Smurfs” (2011). Atau di “Space Jam” (1996), jika dalam bentuk hand drawn animation. Yang jelas, gosip soal film live action Sonic The Hedgehog mulai berkembang liar di luar sana.

Acara perayaan ulang tahun ke-27 Sonic The Hedgehog ini akan disiarkan oleh Sega secara langsung melalui internet livestreaming di YouTube serta Periscope. Untuk fans si landak biru ataupun gamers yang mengikuti sepak terjang si landak biru super-cepat dari Sega ini wajib untuk menyimak acara perayaan ulang tahun Sonic. Jangan sampai ketinggalan!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Imut abis, tapi kok sadis?

Cuphead: Gabungan Kartun 1930an, Smooth Jazz, dan Gameplay Dark Souls

Ada baiknya ulasan ini diawali dengan peringatan: sayang-sayangi kontrolermu kalau kamu main Cuphead, ya. Game ini rawan.. more

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more

Film superhero yang kini berstatus klasik. Sumber gambar: theactionelite.com

Film X-Men Terkini Akan Berjudul ‘X-Men: Dark Phoenix’

Tak perlu lama menunggu, pihak Marvel dan 20th Century Fox sebagai pemegang lisensi film bertema X-Men baru-baru ini men.. more

Sumber: dualshocker.com

Celeste, Mendaki Gunung Depresi

Banyak game yang terinspirasi dari game - game platformer legendaris, namun pada akhirnya tidak memiliki banyak perbedaa.. more

00-d-film-monster-hunter

Milla Jovovich Kembali Bintangi Adaptasi Film Game Capcom, Monster Hunter

Setelah Resident Evil, pasangan suami-istri Paul W.S. Anderson dan Milla Jovovich akan kembali membuat film baru dari IP.. more