Speedrunners, Komunitas Gamer yang Menamatkan Game Secara Kilat

9 months ago
Sumber: Kotaku.com

Pernah gak kamu berpikir saat memainkan sebuah game dan ingin menyelesaikan game tersebut dengan cepat tanpa memikirkan seberapa jauh penyelesaian game? Kalau kamu memang seperti itu, gak usah cemas, soalnya kamu gak sendirian. Cara bermain seperti itu ada dan disebut Speedrun.

Speedrun adalah proses menyelesaikan game secepat mungkin, biasanya disertai oleh bukti seperti rekaman atau screenshot dari hasil speedrun tersebut. Pada umumnya, para speedrunner menggunakan kemampuan mereka sampai batas maksimal hanya untuk mengurangi beberapa detik dari rekor mereka. Mereka harus mengerti mekanisme game yang mereka mainkan secara penuh untuk meraih rekor yang mereka inginkan.

Dram, seorang speedrunner Super Mario ternama sedang memainkan Kaizo Mario World, game modifikasi dari Super Mario World (Sumber: Youtube.com)

Dram, seorang speedrunner Super Mario ternama sedang memainkan Kaizo Mario World, game modifikasi dari Super Mario World (Sumber: Youtube.com)

Tidak sedikit cara – cara yang mereka gunakan, termasuk menggunakan glitch. Sebuah kelemahan pada game yang bisa digunakan untuk keuntungan speedrunner itu sendiri. Trik seperti ini sangat umum dipakai dan masih banyak trik lainnya yang dapat digunakan, tergantung dari game masing – masing. Tentunya, tidak masalah jika seseorang tidak ingin menggunakan trik – trik tertentu seperti glitch, mungkin malah bisa menjadi tantangan tersendiri.

Contoh glitch dari The Legend of Zelda : Ocarina of Time (Sumber: Youtube.com)

Contoh glitch dari The Legend of Zelda : Ocarina of Time (Sumber: Youtube.com)

Jenis – jenis speedrun pun tidak sedikit, namun yang biasa digunakan sebagai dasar adalah Any%, run yang tidak memiliki kriteria apapun. Selama game-nya selesai, tidak masalah. Adapun Any% Glitchless, yang sama seperti Any% namun tidak diijinkan untuk menggunakan glitch. Setiap speedrunner mempunyai preferensi masing – masing, dan setiap kriteria pun memiliki aturan agar bisa dianggap sah.

The Legend of Zelda : Ocarina of Time dan berbagai jenis speedrun di dalamnya (Sumber: Speedrun.com)

The Legend of Zelda : Ocarina of Time dan berbagai jenis speedrun di dalamnya (Sumber: Speedrun.com)

Salah satu contoh dari Speedrun yang cukup terkenal dan terjadi baru – baru ini adalah rekor The Legend of Zelda : Ocarina of Time. Any% yang dipecahkan oleh speedrunner bernama Torje, live di Twitch, dalam waktu 17 menit saja! Kamu bisa melihat prosesnya di sini

Speedrun tidak terbatas hanya pada pemecahan rekor. Banyak event yang menggunakan Speedrun sebagai atraksi utamanya dan biasanya digunakan untuk menggalang dana. Contohnya adalah “Games Done Quick”, acara penggalangan dana untuk pasien kanker yang dijalankan selama seminggu penuh dan di isi oleh puluhan speedrun.

Event Games Done Quick (Sumber: psmag.com)

Event Games Done Quick (Sumber: psmag.com)

Speedrun butuh kesabaran dan disiplin dalam menjalankannya. Latihannya pun tidak sebentar, bisa hitungan bulanan, bahkan tahunan. Kalau memang sesulit itu, kenapa orang – orang masih mau menyelesaikan sebuah game dengan sangat cepat, ya?

Alasannya sih klise, karena kepuasan yang didapatkan saat kamu tahu kamu adalah yang terbaik, mungkin setara dengan kepuasan seorang atlet olimpiade saat memenangkan medali emas, dan mendapatkan bragging rights. Tapi tidak berhenti di sana, karena persaingannya sangat ketat dan tidak jarang posisi rekormu akan disalip oleh orang lain, jadi harus tetap berlatih dan terus menantang diri sendiri.

Kumpulan video percobaan speedrun milik Exarion, speedrunner Pokemon ternama (Sumber: Twitch.com)

Kumpulan video percobaan speedrun milik Exarion, speedrunner Pokemon ternama (Sumber: Twitch.com)

Penulis mengajak kalian untuk mencoba speedrun untuk mengetahui rasanya menyelesaikan game secepat mungkin dan menorehkan rekor kalian. Bisa dimulai dengan mempelajari apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Speedrunner, dan lihat apabila kalian menyukainya.

Pelajari bagaimana cara menyelesaikan tantangan yang mungkin mustahil untuk diselesaikan lebih cepat. Memang tidak mudah, dan pastinya perlu upaya yang kuat. Namun, seiring kamu mulai menyelesaikan tantangan itu lebih cepat dari sebelumnya, kamu akan mengerti mengapa orang – orang yang berada di peringkat atas leaderboard melakukan hal tersebut.

Penulis sendiri sedang belajar speedrun untuk Dark Souls 3, karena ingin mengetahui kemampuan dalam game ini. Gimana? Apakah kamu pernah berpikir untuk melakukan speedrun? Kira-kira apa game yang kamu pilih? Apakah senang saat memainkannya? Beritahu kami di kolom komentar.

About Author

Yudha Tama

Yudha Tama

Seorang programmer, penikmat pop culture, dan a gamer at heart. Sekarang sedang mendalami dunia Speedrunning. Bisa dikontak lewat : prabaesayudhatama@gmail.com | facebook.com/maru027

Comments

Most
Popular

Joged Bumbung, Warisan Budaya yang Dicap Negatif. Mengapa Bisa Demikian?

Pernah dengar Joged Bumbung? Mengapa orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya, malah membiarkan anaknya ikut men.. more

00-d-reverse-project

Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

Reverse Project menggabungkan elemen ilustrasi dan musik untuk menyampaikan cerita bertema post apocalypse... more

The Nun - Cover (Sumber: screenweek)

Review Film The Nun, Kisah Spin Off atau Prekuel?

The Nun, mengungkapkan sosok Valak dalam The Conjuring 2... more

Sumber: picswall

Menyambut Halloween, Berikut Tips Membuat Cerita Horror

Untuk menulis cerita ataupun membuat komik bergenre horror berbeda dengan membuat cerita fiksi biasa, seperti romance at.. more

Dari kiri-kanan: Sherina Munaf (Komite Studio Ghibli), Willawati (CEO Kaninga Pictures), Toshio Suzuki (Direktur Eksekutif Studio Ghibli), Tommy Fukuda (Marubeni Indonesia), Kaonashi (Spirited Away), dan Tetsuya Sakurai (Hakuhodo DY Media Partners). Photo by CIAYO Pictures.

Indonesia Kedatangan Studio Ghibli. Ada Apa Ya?

Wah, Studio Ghibli mau ngapain nih di Indonesia?.. more