Spider-Man Keluar Dari MCU? Kerja Sama Disney-Sony Terancam Gugur!

5 months ago
spider-man keluar dari mcu

Saat artikel ini ditulis, film Spider-Man: Far from Home menjadi film Sony paling laris. Mungkin dengan fakta ini, Spider-Man yang lisensinya dipegang oleh Sony akan terus menjadi bagian integral Marvel Cinematic Universe milik Marvel dan Disney. Namun jika kabar ini bisa dipercaya, mungkin Far from Home akan jadi terakhir kalinya kita melihat Spidey bersama pahlawan hebat Bumi lainnya karena beredar kabar Spider-Man keluar dari MCU!

Bagi Beban/Hasil

Spider-Man MCU muncul pertama kali di Captain America: Civil War. Sumber: Polygon
Spider-Man MCU muncul pertama kali di Captain America: Civil War. Sumber: Polygon

Laporan ini pertama kali muncul di situs Deadline yang mengabarkan bahwa direktur Marvel Studios Kevin Feige tidak akan memproduseri film-film baru Spider-man ke depannya. Masalahnya karena Sony dan Disney tidak menemukan jalan tengah saat bernegosiasi tentang pembagian hak guna Spider-Man.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Disney menginginkan pembagian budget produksi 50/50 antara Sony dan Disney dalam produksi film Spider-Man dan film lainnya dalam ranah Spiderverse. Untuk saat ini, Disney/Marvel sendiri hanya menerima 5% dari keuntungan film-film Spider-Man dalam ranah MCU. Dengan menaikkan pembagian budget menjadi 50/50, maka Disney juga menginginkan naiknya persentase keuntungan yang didapat.

Baca Juga: Spider-Man: Far from Home Tutup Phase 3 MCU

Jika Spider-Man keluar dari MCU, maka ada plothole yang berpotensi ditinggalkan di Far from Home. Sumber: The Verge
Jika Spider-Man keluar dari MCU, maka ada plothole yang berpotensi ditinggalkan di Far from Home. Sumber: The Verge

Menanggapi penawaran itu, dilaporkan bahwa Sony menolak secara tegas. Hal ini tentu membuat sekuel-sekuel film Spider-Man dipertanyakan. Apalagi laporan Deadline juga menyatakan bahwa dua film Spider-Man baru tengah direncanakan. Tom Holland sekali lagi memerankan Peter Parker, dan sutradara Jon Watts diharapkan bisa menjadi sutradara untuk ketiga kalinya.

Jika Spider-Man keluar dari MCU, maka itu artinya tidak akan ada kontribusi Kevin Feige yang secara kasarnya merupakan jiwa kreatif dari film-film MCU dan juga Spider-Man. Meski demikian, laporan Deadline menyatakan Sony percaya diri melanjutkan Spider-Man tanpa dukungan Disney karena mereka sudah punya pondasi kuat dari dua film Tom Holland, serta film-film Spiderverse lainnya seperti Venom.

Masalah Credit

Kevin Feige diam-diam menjadi produser Venom? Sumber: Empire
Kevin Feige diam-diam menjadi produser Venom? Sumber: Empire

Dikonfirmasi secara terpisah oleh io9, pihak Sony mencoba untuk menenangkan situasi. Menurut perwakilan Sony, masalah deal-dealan antara mereka dan Sony justru bukan karena uang, melainkan karena masalah credit. Sony menambahkan bahwa Kevin Feige telah berkontribusi dalam berbagai film Spiderverse, namun tidak mendapatkan credit sebagai produser. Sony mengakhiri pernyataan mereka dengan menyebut bahwa keputusan Spider-Man keluar dari MCU masih dinegosiasikan.

Pada akhirnya, Sony buka bicara dalam kapasitas resmi, menyatakan kekecewaat atas kepergian Feige. “Kami kecewa, namun menghormati keputusan Disney untuk melanjutkan keterlibatan Kevin Feige dalam film live action Spider-Man.” Komentar ini hanya menyinggung kepergian Kevin Feige tanpa memberikan implikasi jelas apakah Spider-Man masih menjadi bagian MCU atau tidak. Apakah Spidey tetap tinggal, namun tidak dalam pengawasan Feige?

Jika pernyataan Sony itu benar adanya, maka permasalahan Spider-Man keluar dari MCU bukan sebuah perkara sederhana. Ada banyak faktor yang bermain di sini, dan beberapa di antaranya sudah dikemukakan ke publik. Mulai dari Disney yang menginginkan bagian lebih besar dari keuntungan film Spider-Man, hingga Kevin Feige yang tidak mendapatkan apresiasi atas sumbangsihnya.

Kita tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Kita tidak tahu seperti apa kontrak hak guna Spider-Man antara Disney dan Sony. Kita juga tak tahu apakah Kevin Feige terlibat dalam Venom atau Into the Spider-verse, karena sekali lagi dia tidak mendapatkan credit. Namun satu yang pasti, fans Spider-Man sekali lagi menjadi korban dari perseteruan antara eksekutif Disney dan Sony.

Baca Juga: Benarkah Spider-Man Akan Muncul di Spinoff Venom?

Fans Bergerak

Spider-sense mendeteksi kekecewaan fans. Sumber: Digital Spy
Spider-sense mendeteksi kekecewaan fans. Sumber: Digital Spy

Bicara soal fans, fans Spider-Man mulai bergerak menyuarakan pendapat mereka. Tagar #BoycottSony dan #BoycottSonySpiderMan jadi trending di Twitter, dengan fans menyerukan untuk memboikot produk-produk Spider-Man dari Sony.

“Tom Holland harus berhenti menjadi Spider-Man untuk memaksa Sony bekerja kembali dengan Marvel. Spider-Man 3 bakal gagal tanpa dukungan Holland dan MCU,” tulis seorang fans. “Cara terbaik untuk menanggapi Sony adalah dengan memboikot film-film mereka. Mereka harus tahu kami ingin Spider-Man di tempat yang seharusnya (MCU),” tulis fans lainnya.

Saat artikel ini ditulis, saham Sony di NYSE turun sebanyak 0,11% dari penutupan sebelumnya. Jumlah ini memang kecil, namun tergantung perkembangan kabar Spider-Man keluar dari MCU ini, saham Sony bisa kembali naik atau terjun bebas.

Yah, apapun itu, mari kita nantikan perkembangan kabar ini dan semoga di antara Sony dan Disney bisa diambil keputusan yang bisa diterima kedua belah pihak.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: img.cinemablend.com

Saya Tidak Akan Disukai Oleh Emma Watson Karena Menulis Ini. I’m Sorry Emma.

Film Beauty & The Beast tahun 1991 meninggalkan memori tersendiri pada masa kecil saya. Tapi saya tidak akan disukai Emm.. more

(CIAYO Pictures)

Anniversary CIAYO Comics Jadi Ajang Have Fun Para Author

Satu tahun sudah, CIAYO Comics mewarnai dunia komik digital Indonesia. Tidak hanya have fun dengan seluruh karyawannya, .. more

10 IP asli Indonesia drari program Katapel BEKRAF akan menghadiri acara Licensing Expo China 2019 di Shanghai. Siapa saja mereka?

10 IP Asli Indonesia Yang Bakal Hadir di Licensing Expo China 2019

10 IP asli Indonesia drari program Katapel BEKRAF akan menghadiri acara Licensing Expo China 2019 di Shanghai. Siapa saj.. more

bedah film totoro

Ikuti Bedah Film Totoro di Gelar Jepang UI 25!

Gelar Jepang UI dan KAORI Nusantara akan mengadakan acara bedah film Totoro pada tanggal 2 Agustus 2019 di Auditorium Pu.. more

Kolaborasi Square Enix dan Marvel Avengers (thenextweb.com)

Square Enix dan Marvel Akan Berkolaborasi Membuat Game

Kabarnya Square Enix, produsen game Jepang, dan Marvel, produsen komik dan film Amerika, akan berkolaborasi untuk membua.. more