[SPOILER ALERT] Maze Runner: The Death Cure, Siapa Sebenarnya Penjahat dalam Film Ini?

8 months ago
Sumber: https://www.empireonline.com

Para pembaca setia novel seri Maze Runner pasti sudah tidak sabar menunggu The Death Cure, film ketiga yang merupakan seri penutup dari cerita paling populer dalam genre fantasi abad ini. Bersamaan dengan itu juga, para pembaca pasti lebih tahu bagaimana kisah ini akan berakhir dengan sesuatu yang agak lemah.

Tapi ini beda media, antara novel dan film merupakan dua media berbeda. Hal ini memunculkan semacam harapan bahwa versi film akan menyelamatkan banyak kekecewaan yang dulu sempat ramai dibicarakan para penikmat novelnya.

Franchise Maze Runner menjadi sangat memikat, ketika film pertama dan kedua berhasil menyisakan banyak misteri. Oleh sebab itu, diseri ketiga ini semua orang berharap kumpulan misteri itu memiliki jawaban yang mengejutkan. Bisa dikatakan Maze Runner merupakan kombinasi dari “Divergent” dan “The Hunger Game”, namun dengan sentuhan misteri yang lebih rumit dan pertualangan yang lebih melelahkan.

The Death Cure action

Sumber: www.denofgeek.com

Maze Runner: The Death Cure” tampil dengan sangat meyakinkan lewat adegan pembuka berupa “pembajakan” kereta api. Spektakuler adegan pembuka ini mengingatkan kita kepada film “Mad Max: Fury Road” yang garang. Kolaborasi para pemberontak, Thomas (Dyan O’Brien), Brenda (Rosa Salazar), Newt (Thomas Brodie-Sangster), Frypan (Dexter Darden), dan Jorge (Giancarlo Esposito) menghadirkan aksi pemacu adrenalin demi misi penyelamatan Minho (Ki Hong Lee). Sejak seri pertama, karakter Minho memang menjadi sangat penting dan menarik karena kecerdasan serta kemampuan yang dia miliki. Walaupun di seri ketiga ini hal-hal itu semakin memudar.

Misi penyelamatan Minho tidak berjalan mulus, meskipun Thomas dan kawan-kawan berhasil menyelamatkan beberapa remaja yang katanya kebal terhadap Virus Flare (virus yang bisa membuat manusia berubah menjadi semacam zombi), namun Minho tidak ada di dalam rombongan itu. Dia sudah dipindahkan ke sebuah tempat yang diyakini sebagai kota terakhir (semacam tempat peradaban terakhir umat manusia).

The Death Cure minho

Sumber: variety.com

Siapa sebenarnya penjahat dari The Death Cure?

Musuh besar Thomas dan kawan-kawan adalah organisasi W.C.K.D (World Catastrophe: Killzone Depertment). W.C.K.D memiliki tujuan untuk menangkap para remaja yang kebal terhadap virus dan mengambil darah mereka untuk menemukan anti-virus. Oke, sampai di sini tidakkah kita semua berpikir bahwa sejahat apa organisasi W.C.K.D ini? Namun jika dilihat dari sisi kemanusiaan jelas hal ini bisa memiliki makna yang berbeda.

Selanjutnya film beralih pada misi menyelinap masuk ke dalam kota terakhir untuk menyelamatkan Minho dan menemukan beberapa jawaban yang masih diharapkan oleh penonton.

The Death Cure survivor

Sumber: cinemavine.com

Entah apa yang dipikirkan oleh James Dashner saat menulis versi novel, sehingga bagian dari penutup cerita menjadi sangat lemah. Semua orang sadar bahwa di seri pertama dan kedua, cerita Maze Runner memiliki ambisi yang besar, misteri yang asik, serta pengembangan karakter yang dalam. Banyak orang jatuh hati terhadap beberapa karakter yang dimiliki oleh seri pertama dan berlanjut pada seri kedua, namun di seri ketiga hal-hal terasa hambar seolah serangkaian karakter hanya muncul agar cerita bisa diselesaikan.

Baca Juga: 5 Fakta Keren Film Maze Runer: The Death Cure, Yang ke-3 Bikin Merinding!

Apa yang terjadi pada novelnya juga terjadi pada filmnya. Penggembangan karakter di seri ketiga ini benar-benar hambar walaupun Wes Ball selaku sutradara berhasil menciptakan ketegangan serta gambar yang memukau. Paling tidak, novel James Dashner cukup berhasil diselamatkan oleh Wes Ball lewat tampilan visual yang luar biasa.

The Death Cure sutradara

Sumber: www.slashfilm.com

Konsep cerita yang biasa saja tentang penyelamatan dan pergi ke tempat berbahaya lalu keluar dengan selamat, menciptakan banyak harapan bahwa cerita ini akan memiliki twist yang mengejutkan. Bahkan untuk karakter Teresa (Kaya Scodelario), sosok pengkhianat yang terus bersama dan memata-matai Thomas pun tidak bisa menghadirkan kejutan yang berarti. Selain itu, konflik antara karakter yang coba dibangun seperti karakter Newt dan Thomas tidak mampu menciptakan kesan yang mendalam.

Keseruan “Maze Runner: The Death Cure” memang terletak pada adegan aksi yang sangat menghibur. Mulai dari kejar-kejaran, menyelinap, melawan monster mengerikan sampai baku tembak. Semua itu menjadi menu utama, yang pasti akan membuat banyak orang beranggapan bahwa cerita terasa tidak lagi terlalu penting, walaupun ketika para karakter mulai bicara dan membangun dialog kita semua mulai menyadari bahwa film ini cukup membosankan.

The Death Cure city

Sumber: variety.com

Jika kalian belum pernah menonton atau membaca seri Maze Runner, sebaiknya jangan menonton seri ketiga ini, sebab film ini tidak bisa berdiri sendiri dan minim penjelasan tentang apa yang terjadi di seri sebelumnya. Sedikit agak bersyukur karena Wes Ball tidak membagi seri penutup ini menjadi dua bagian seperti yang terjadi pada film “The Hunger Game”, entah Wes Ball menyadari bahwa film ini terlanjur memiliki cerita yang lemah. Maka keputusan mengakhirnya dengan durasi yang sedikit agak panjang menjadi opsi yang lebih tepat.

Tayang perdana sejak tanggal 24 Januari 2018, “Maze Runner: The Death Cure” memang ditujukan kepada para penggemar franchise Maze Runner. Jadi jika kalian adalah salah satu dari penggemar seri ini atau sudah terlanjur mengikuti serta penasaran dengan cerita penutup dari Maze Runner. Tunggu apa lagi, mari bertualang bersama Thomas dan kawan-kawan untuk menelusuri labirin yang sebenarnya.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

00-d-noyer-van-java

Jelajahi Bandung Post Apocalypse Dalam Noyer Van Java

Penasaran gimana jadinya kalau kota kembang Bandung bertahan dari musibah global? Jelajahi kota Bandung di masa post apo.. more

Sumber: Arstechnica.com

GDQ, Menggalang Dana dengan Speedrun Game

Ada banyak acara penggalangan dana yang menggunakan game sebagai tema utamanya, seperti Extra Life dan Gamers For Giving.. more

Sumber gambar: newegg.com

AMD akan Meningkatkan Produksi Graphic Card untuk Mengatasi Kelangkaan Akibat Cryptomining Seperti Bitcoin

Situasinya mungkin tidak terasa oleh publik (jika dibandingkan misalnya dengan kelangkaan bahan makanan pokok) tapi kela.. more

(CIAYO Pictures)

Volt dan Setan Jalanan Menyerbu CIAYO Comics

Bro sis udah pernah denger Volt sama Setan Jalanan belom? Kalo yang ngikutin karya-karya dari Skylar Comics atau Frank K.. more