Legenda Komik Stan Lee Wafat di Usia 95 Tahun

1 month ago
00-d-stan-lee

Pecinta komik di seluruh dunia dibuat terkejut. Stan Lee, author komik Marvel dan legenda komik dunia, dipastikan telah meninggal pada usia 95 tahun. Ia wafat menyusul istrinya, Joan Lee, yang lebih dulu meninggal di tahun 2017 akibat komplikasi yang disebabkan stroke.

Penulis cerita dan editor Marvel Comics ini meninggal di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles. Berita kematiannya disampaikan oleh Kirk Schenck, pengacara dari anak Stan Lee, J.C. Lee. Penyebab kematiannya tidak dijelaskan saat artikel ini ditulis, namun situs TMZ melaporkan ambulans dipanggil ke kediamannya di Hollywood pada hari Senin.

“Dia merasa berhutang kepada para fans untuk terus berkarya,” ungkap sang anak J.C. Lee. “Ia mencintai kehidupannya dan dia mencintai apa yang ia lakukan selama hidupnya. Seluruh keluarga dan fans mencintainya. Dia tak bisa digantikan begitu saja.”

Apa Kata Teman Stan Lee

stan lee

Sumber: Sandusky Register

Kabar meninggalnya Stan Lee mengguncang banyak penggemarnya, termasuk orang-ornag terdekat dan sesama pelaku industri. CEO Disney Bob Iger menganggapnya sebagai sosok yang sangat extraordinary layaknya karakter komik yang ia ciptakan. “Bisa dibilang ia adalah superhero bagi para fans Marvel di seluruh dunia. Stan punya kemampuan untuk menginspirasi, menghibur, dan menghubungkan para fans. Imajinasinya hanya bisa ditandingi oleh kebesaran hatinya.”

Presdir studio film Marvel Studios Kevin Feige mengaku karirnya berubah drastis sejak bertemu Stan Lee. “Stan meninggalkan warisan yang akan tetap lestari sepanjang masa. Semoga anaknya, keluarga, dan jutaan fans Stan yang tersentuh lewat kejeniusan, kharisma, dan kebaikannya diberi kekuatan.”

Baca Juga: Extraordinary Love: Menilik Kisah Cinta Stan Lee dan Joan Lee

Sumber: The Daily Beast

Sumber: The Daily Beast

“Tak akan ada lagi sosok yang mampu menyaingi Stan Lee,” ungkap Chris Evans, pemeran Captain America dalam film-film MCU. “Bertahun-tahun ia telah memberikan para tua dan muda dengan petualangan, pelarian, kenyamanan, percaya diri, inspirasi, kekuatan, persahabatan, dan kebahagiaan.”

Turut mengiringi Chris Evans, bintang film-film Marvel lainnya memberikan kenang-kenangan terakhir bagi Stan Lee. Chris Hemsworth (Thor), Ryan Reynolds (Deadpool), Robert Downey Jr. (Iron Man), Benedict Cumberbatch (Dr. Strange), Hugh Jackman (Wolverine), Chris Pratt (Peter Quill), Tom Holland (Spider-Man), Jeremy Renner (Hawkeye), Zoe Saldana (Gamora), dan Josh Brolin (Thanos/Cable) jadi beberapa aktor yang menyampaikan ucapan bela sungkawanya.

Perjalanan Hidup Stan Lee

Sumber: Syfy

Sumber: Syfy

Di mata fans, Stan Lee merupakan sosok bertalenta yang menciptakan berbagai karakter superhero populer yang pernah ada. Ia memiliki sumbangsih besar dalam penciptaan karakter Black Panther, Spider-Man, X-Men, Thor, Iron Man, Fantastic Four, Hulk, Daredevil, Ant-Man, dan puluhan karakter lainnya. Ia lahir di Manhattan tahun 1922, saat krisis ekonomi “The Great Depression” melanda.

Di usia 17 tahun, Stan Lee bekerja sebagai penulis naskah komik di penerbit kerabatnya, Martin Goodman. Di tahun 1941, Lee menjadi editor in chief pada usia 19 tahun. Sempat mengerjakan komik propaganda Perang Dunia II, ia menghabiskan 30 tahun ke depan menciptakan berbagai judul komik. Banyak karakter diciptakan seperti Fantastic Four, Iron Man, Thor, Hulk, Spider-Man, Doctor Strange, hingga Silver Surfer. Komik terus dibuat silih berganti, dan setiap karakter muncul di komik teman-temannya hingga membentuk sebuah universe besar.

Baca Juga: The Reflection: Anime Original Kedua Karya Stan Lee

Sumber: AP News

Sumber: AP News

Setelah menghabiskan 30 tahun menulis komik, Stan Lee memfokuskan tenaganya untuk menyebarkan IP Marvel ke khalayak ramai. Koran dan publikasi lain disambangi untuk dimasukkan komik Marvel. Bahkan di tahun 1980an ia pindah ke Los Angeles untuk meyakinkan para sineas Hollywood untuk membuat film dari IP Marvel. Namun usahanya belum berbuah manis, karena saat itu film superhero DC Comics seperti Batman dan Superman masih menguasai pasar. Pada akhirnya, titik balik film Marvel diraih lewat film X-Men, Spider-Man, hingga film pencetus Marvel Cinematic Universe itu sendiri, Iron Man.

Stan Lee memang sudah tiada. Namun seperti yang dikatakan oleh Kevin Feige, ia meninggalkan banyak sekali warisan yang akan dikenang sepanjang masa. Setiap kali kamu menonton Iron Man di layar lebar, ingatlah bahwa karakter RDJ tersebut awalnya lahir dari buku komik yang ditulis seorang Stanley Martin Lieber pada tahun 1968. Selamat jalan, Stan Lee. Excelsior!

Sumber: Tucson

Sumber: Tucson

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Banner Indonesia Comic Con 2017. Sumber gambar: coroflot.com

Popcon Asia 2017 vs Indonesia Comic Con 2017: Siapa yang Lebih Menarik?

Sama-sama merupakan event pop culture dunia, dengan ragam perpaduan antara East Pop Culture dengan West Pop Culture, mak.. more

00-d-chips-heroes-uprising

Mentahkan Serangan Alien di Game CHIPS: Heroes Uprising!

Bantu Chips menyelamatkan teman-temannya dan Chammyland dari invasi alien dalam game CHIPS: Heroes Uprising. Bangun towe.. more

00-d-tabletop-game

Tabletop Game, Board Game, dan Perkembangannya Selama Ini

Catur? Go? Ludo? Ular Tangga? Dungeons & Dragons? Berbagai board game dan tabletop game barusan telah hadir sejak lama s.. more

sumber: www.tripwiremagazine.co.uk

Film Unsane, Ketika Film Psychology Thriller Dibuat Menggunakan Kamera iPhone7 Plus

Gimana jadinya kalau handphone digunakan untuk membuat sebuah film? Mungkin Unsane bisa menjadi jawabannya... more

Consilium

Consilium, Komik Bergenre Action Sci-fi yang Penuh Drama

Bro sis waktu kecil pernah nonton film-film tentang agen rahasia? Kayak James Bond, Kingsman, Mission Impossible, dan la.. more