Lagu yang Menginspirasi Star Wars Cantina Band? Sing Sing Sing!

1 month ago
star wars cantina desktop

Siapa sih yang tidak tahu Star Wars? Seri Star Wars sendiri kini sudah menjadi salah satu ikon pop kultur yang sangat populer. Tak heran, karena banyak orang yang merasa masa kecil atau remajanya merasa dekat dengan Star Wars sehingga perasaan tersebut terus dibawa hingga kini, ditambah juga dengan serinya yang masih berlanjut. Sementara bagi generasi muda, seri Star Wars juga menarik dan mudah diikuti. Star Wars kemudian menjadi hal yang dapat disukai semua kalangan.

Tua dan Muda Semuanya Suka Star Wars (sumber: starwars)

Tua dan Muda Semuanya Suka Star Wars (sumber: starwars)

Cerita dan transisi adegan Star Wars memang menarik dan memorable. Misalnya saja animasi tansisi tiap adegan mirip animasi power point yang melegenda itu. Namun selain dari unsur visual, unsur audio alias soundtrack dari seri tersebut juga ikut serta membuat seri tersebut populer karena mudah diingat dan mudah diikuti. Misalnya tema Star Wars yang selalu diputar disetiap intro filmnya.

Selain tema Star Wars, ada lagu lain yang juga tidak kalah memorable yaitu Cantina Band. Bagi yang tidak bisa mengingat lagu tersebut hanya dari mendengar judulnya, boleh mendengarkan lagunya dulu dari video yang satu ini.

Figrin D’an and The Modal Nodes adalah nama band fiksi yang memainkan lagu Cantina Band dalam film Star Wars. Mereka terdiri dari alien-alien ras Bith yang memiliki ciri kepala botak besar dan mata hitam. Mereka berkeliling galaksi untuk menghibur prajurit Republik, dan lagu paling populernya adalah Cantina Band.

Storm Trooper, Salah Satu Prajurit Republik (sumber: nerdist)

Storm Trooper, Salah Satu Prajurit Republik (sumber: nerdist)

Komposer lagu Cantina Band adalah John Towner Williams yang juga terlibat dalam pembuatan soundtrack seri Indiana Jones dan tiga film pertama Harry Potter. Di bawah arahan George Lucas, creator dari seri Star Wars, John Williams diminta untuk membuat lagu yang mungkin akan dimainkan oleh alien-alien masa depan jika mereka menemukan lagu-lagu Benny Goodman dari tahun 1930an dalam kapsul waktu.

John Williams (sumber: thenational)

John Williams (sumber: thenational)

Mengambil lagu Benny Goodman sebegai inspirasi, tentu lagu pertama yang akan terlintas adalah Sing Sing Sing!

Bagi yang belum mengenal Benny Goodman, ia adalah musisi yang populer di tahun 1930an. Genre musik spesialisasinya adalah swing, yaitu salah satu sub-genre dari jazz yang memberikan efek seperti berayun saat mendengar temponya.

Benny Goodman dengan Klarinetnya (sumber: wmky)

Benny Goodman dengan Klarinetnya (sumber: wmky)

Sing Sing Sing sangat populer dan digunakan hampir di setiap pesta dansa atau acara jazz hingga kini. Lagunya asik dan memang seperti mengajak kita berayun dan menari mengikuti melodinya. Jadi tidak salah pilih kalau memang dijadikan inspirasi untuk lagu Cantina Band yang memang tujuan asli dalam filmnya adalah untuk menghibur pada prajurit yang sudah lelah secara mental maupun fisik, dan mengajak mereka menari bersama.

Karena musiknya yang asik, Sing Sing Sing benar-benar digunakan oleh penari professional maupun penari amatir dalam perlombaan menari. Lagu tersebut sangat populer digunakan sebagai pengiring quick step, salah satu jenis dansa ballroom dance yang memiliki ciri khas gerakan dan langkah kaki cepat.

Karena populer dikalangan penari ballroom dance, tentu saja Sing Sing Sing juga masuk ke dalam anime Ballroom e Youkoso. Dalam anime tersebut, karakter utamanya, yaitu Fujita Tatara memilih lagu Sing Sing Sing untuk digunakan dalam kompetisi ballroom dance bersama partnernya, yaitu Hiyama Chinatsu.

Fujita Tatara dan Hiyama Chinatsu (sumber: fanpop)

Fujita Tatara dan Hiyama Chinatsu (sumber: fanpop)

Musik memang sesuatu yang ajaib, ya. Satu hal bisa menginspirasi banyak hal-hal lainnya dan keindahannya tidak pernah hilang. Musik juga bisa memperindah objek visual. Melodi serta tempo dalam musik juga bisa menyihir kita untuk bergerak menari, termotivasi, ataupun mengingat kembali memori dan perasaan yang sudah lama kita kenang. Makanya, yuk nikmati musik selagi tidak dilarang dan menarilah!

About Author

Nana Hanifah

Nana Hanifah

Salah satu penulis dalam circle Rimawarna. Baru lulus SMA dan sekarang butuh uang karena supply uang jajan berhenti.

Comments

Most
Popular

Yasmine Putri

Yasmine Putri: Be Flexible but Always Stay Professional

Rubrik Chit Chat kali ini menghadirkan salah satu artist profesional dalam negeri yaitu Yasmine Putri. .. more

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more

Bung Hatta (Sumber: Intelejen)

Mencium Bau Buku dan Kebiasaan-Kebiasaan Aneh Book Nerd

iapa yang suka baca buku? Kayaknya salah satu pendidikan awal yang kita dapat saat kecil adalah membaca. Apalagi buat br.. more

Sumber: www.comingsoon.net

The Cloverfield Paradox: Tidak Semua yang Mengejutkan Itu Baik

Tahun ini, “Cloverfield” muncul dengan judul “The Cloverfield Paradox” yang “sedikit” agak memaksa para peni.. more