May the 4th Be with You! Ini Dia Sejarah Star Wars Day!

12 months ago
00-d-star-wars-day

Setiap tahunnya, tanggal 4 Mei selalu dikenang oleh para fans Star Wars. Biasanya, hari ini disebut sebagai Star Wars Day. Sepanjang hari selama tanggal 4 Mei, para fans merayakan segala hal berbau Star Wars dan mengenang apa saja yang membuat mereka mencintai serial space opera ciptaan George Lucas ini.

01 star wars day

Sumber: WampaDude

Apa yang mendasari terpilihnya tanggal 4 Mei sebagai Star Wars Day? Alasan utamanya karena tanggal 4 Mei bisa dibaca sebagai plesetan salah satu kalimat bersejarah dalam Star Wars. “May the Force be with you,” bisa dibaca menjadi “May the 4th be with you,” dimana bagian “May the 4th (dibaya May the Fourth) merujuk ke tanggal 4 Mei. Sejauh ini sudah paham?

02-star-wars-day

Sumber: La Chicchara

Namun, sejarah Star Wars Day lebih dari sekedar main plesetan kata. Kalimat plesetan tersebut pertama kali muncul di tahun 1979, 2 tahun setelah Star Wars tayang di bioskop. Partai Konservatif di Inggris membeli sebuah kolom iklan di koran The London Evening News, untuk merayakan kemenangan Margaret Thatcher sebagai perdana menteri Inggris yang baru. Iklan tersebut menampilkan tulisan “May the Fourth Be with You, Maggie. Congratulations.”

Kalimat tersebut kemudian digunakan lagi dalam sebuah depat parliament Inggris di tahun 1994, dan dalam buku The Science of Star Wars karangan Jeanne Cavelos pada tahun 1999.

03-star-wars-day

Sumber: Facebook

Kalimat “May the 4th be with you” dalam era media sosial pertama kali mencuat pada tahun 2008. Sebuah grup Facebook didirikan dengan nama Luke Skywalker Day: May the 4th. Grup ini dibentuk untuk mengenang karakter Luke Skywalker pada tanggal 4 Mei. Walaupun grup tersebut tak menciptakan sensasi viral, popularitasnya menyebar di kalangan mahasiswa, dan secara sporadis mereka membentuk perayaan Star Wars Day mereka sendiri.

04-star-wars-day

Sumber: Philippine Star

Setelah berbagai acara Star Wars Day diselenggarakan secara swadaya setiap tanggal 4 Mei, baru pada tahun 2011-lah dibuat acara Star Wars Day dengan skala yang lebih besar. Star Wars Day resmi pertama kali diadakan pada 4 Mei 2011 di Ontario, Kanada. Acara ini menampilkan kontes game show trivia trilogi original Star Wars, kontes cosplay, serta screening film dan klip pendek.

Semenjak Lucasarts dibeli oleh Disney, taipan hiburan raksasa itu juga turut merayakan 4 Mei sebagai Star Wars Day. Berbagai perayaan Star Wars diselenggarakan di Disneyland dan Walt Disney World seluruh dunia.

05-star-wars-day

Sumber: Inside The Magic

Tahun ini pun berbagai event Star Wars Day diadakan di seluruh dunia; baik dalam tingkat daerah maupun tingkat internasional. Bagaimana, kamu tertarik untuk ikut perayaan Star Wars Day? Tak perlu memaksakan diri untuk pergi ke event luar kota. Maraton film Star Wars di rumah pun sudah cukup untuk merayakan Star Wars Day. Apapun yang kamu lakukan, jangan lupa, “May the 4th be with you!”

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: www.taptap.com

Game Attack On Titan Akan Rilis Di Mobile, Sudah Bisa Pre-order Dari Sekarang!

Kali ini giliran manga “Attack on Titan” yang akan kebagian game terbaru versi mobile-nya. Apakah ini juga aji mumpu.. more

Juara Favorit CIAYO Comics Challenge Vol.3 Ada Di Sini!

elain dari penilaian Tim CIAYO Comics dan para juri handal, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 juga melibatkan para pembaca u.. more

thumb-4

7 Film Tebaru di Bulan Mei 2018, Dari Superhero Gila Sampai Petualangan Luar Angkasa

Bulan baru artinya tontonan baru! Ini dia film terbaru bulan Mei 2018 yang akan segera datang ke bioskop terdekat!.. more

00-d-star-wars-day

May the 4th Be with You! Ini Dia Sejarah Star Wars Day!

Setiap tanggal 4 Mei, selalu dirayakan Star Wars Day. Apa hubungannya tanggal 4 Mei dengan Star Wars? Dan kenapa pula ha.. more

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more