Star Wars Resistance: Serial Animasi Baru Star Wars

2 months ago
star wars resistance d

Star Wars mungkin merupakan franchise science fiction alias waralaba fiksi ilmiah tersukses di dunia. Sejak film pertama “Star Wars Episode IV: A New Hope” (1977) hingga hari ini, Star Wars tidak saja memiliki barisan fans loyal sejak seri ini lahir lebih dari empat dekade yang lalu namun juga fans yang lahir jauh setelahnya.

Dengan berbagai produk di luar film utama (seperti mainan, merchandise, novel dan banyak lagi), Star Wars terus memberikan profit yang mengalir lancar ke Lucasfilm (dan Disney, sebagai pemilik Lucasfilm saat ini setelah George Lucas menjual semua IP milik perusahaannya tersebut ke Disney). Dari film canonical Star Wars saja (ada sebanyak delapan judul sampai 2018), profit yang dihasilkan sudah melewati angka $8,5 Milyar atau lebih dari 110 Trilyun Rupiah! Sebuah angka yang tentu saja besar luar biasa.

Mainan Lego Star Wars. Sumber: TakeALot

Mainan Lego Star Wars. Sumber: TakeALot

Film. Merchandise. Novel. Mainan. Video game. Bagaimana dengan animasi?

Sebagai sebuah kisah epik yang bercerita tentang “kejadian di galaksi yang sangat sangat jauh di masa lalu”, kisah Star Wars tentu saja akan sangat mudah di adaptasi ke format animasi. Dengan animasi, imajinasi tentang sebuah perang bintang yang epik tidak akan terhalang keterbatasan yang masih dimiliki oleh film live action; walau kini pembuat film live action juga sering meng-integrasikan animasi komputer ke dalam film buatan mereka untuk hasil yang lebih keren. Dan biasanya berhasil.

Tapi secara format tontonan, film animasi akan lebih memberikan nuansa yang lebih seru, lebih bercerita, dan mungkin bahkan lebih menarik untuk segala umur. Karena semua lapisan umur biasanya menyukai animasi. Mulai dari anak kecil hingga yang berusia senja.

Franchise sebesar ini tentu berusaha untuk juga menguasai ranah animasi fiksi ilmiah.

Tema fiksi ilmiah di Star Wars cocok dengan dunia animasi. Dengan animasi, meng-ekspanding alias melebarkan kisah Star Wars di luar kisah utamanya akan lebih mudah dikerjakan. Dan secara signifikan juga pasti lebih murah untuk di produksi ketimbang sebuah film live action.

Sudah berapa kali Star Wars memasuki dunia animasi?

Ternyata sudah lumayan sering! Dan walaupun semua adalah spin-off namun serial animasi Star Wars tetap membawa jiwa dan konsep dari Star Wars ke dalam pertunjukan mereka. Sehingga secara spiritual animasi-animasi Star Wars akan selalu memiliki keterikatan kisah, karakter, timeline hingga petunjuk untuk tayangan canonical Star Wars.

Seri animasi Star Wars dimulai dari “Droids” (1985-1986) yang menceritakan kisah R2-D2 dan C-3PO dengan timeline antara Episode III dan Episode IV. Sebanyak 13 episode dibuat untuk televisi ABC.

Serial animasi Star Was pertama. Sumber: DenOfGeek

Serial animasi Star Was pertama. Sumber: DenOfGeek

Setelahnya ada “Ewoks” (1985-1986), “Clone Wars”  (2003-2005), “The Clone Wars” (2008-2014). “Rebels” (2014-2018), hingga “Forces of Destiny” (2017-masih berlangsung), Serial-serial animasi Star Wars ini menggunakan berbagai format. Ada yang berupa animasi hand-drawn atau cartoon. Ada yang memakai style grafis CGI 3D. Ada yang ditayangkan di televisi dan ada pula untuk bioskop seperti The Clone Wars. Bahkan ada pula dibuat untuk tayangan khusus internet seperti Forces of Destiny yang diputar di channel YouTube-nya Disney dan berdurasi dua hingga tiga menit saja per episode.

Sumber: Wookiepedia

Sumber: Wookiepedia

Star Wars: Resistance” merupakan judul animasi Star Wars terkini yang akan segera ditayangkan. Diumumkan tidak lama setelah serial Star Wars Rebels berakhir, saat ini Resistance baru atau sedang dalam proses produksi sehingga informasi grafis yang dirilis oleh pihak Disney belum tersedia sama sekali. Tapi bisa dipastikan kalau mayoritas staff “Rebels” terlibat dalam produksi Resistance. Ini termasuk Dave Filoni; tokoh penting di produksi Star Wars Rebels serta Star Wars: The Clone Wars sebelumnya.

Sumber: Disney XD

Sumber: Disney XD

“Ide untuk Star Wars Resistance ini datang dari kesukaan saya pada pesawat tempur serta pilot penerbang Perang Dunia Kedua” cetus Filoni melalui siaran pers resmi Lucasfilm.

“Kakek saya seorang pilot dan paman saya memperbaiki serta menerbangkan pesawat juga. Hal itu merupakan pengaruh besar buat saya pribadi. Star Wars sudah terkenal dengan aksi adu kecepatan dengan berbagai jenis kendaraan, dan saya kira kami bisa mengaplikasikan hal ini ke dalam animasi bergaya ‘anime’ ; yang merupakan keinginan dari seluruh anggota team sejak dulu” sambung dia lagi.

Secara eksplisit, Dave Filoni mengonfirmasikan kalau Star Wars Resistance akan memiliki gaya gambar ala anime; yang jelas bernuansa Jepang. Ini menarik karena biasanya animasi bergaya cartoon atau CGI 3D merupakan pilihan untuk animasi Star Wars.

Sumber: YouTube / ThinkGeek

Sumber: YouTube / ThinkGeek

Resistance sepertinya akan fokus pada tokoh utama bernama Kazuda Xiono, yang seorang pilot muda. Dia direkrut ke dalam organisasi Resistance pimpinan General Organa dan ditugaskan untuk memata-matai First Order.

Artinya? Anime ini akan jadi spin-off dengan timeline “Sequel Trilogy”. Menarik bukan?

Star Wars Resistance juga akan memiliki droid BB-8, Poe Dameron dan Captain Phasma. Oscar Isaac dan Gwendoline Christie akan mengisi suara kedua karakter penting ini; yang juga mereka perankan di film live action di Sequel Trilogy.

Star Wars Resistance akan mulai ditayangkan musim gugur tahun ini di channel berbayar Disney Channel dan Disney XD. Dengan premise kisah yang berada dalam timeline Sequel Trilogy (prime canonical story saat ini), Star Wars Resistance akan menarik minat fans Star Wars untuk menyaksikan ekspansi kisah Sequel Trilogy dalam bentuk anime. Kita tunggu saja di musim gugur!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-fix-you

Fix You: Kehebohan Bengkel Robot di Pedesaan

Fix You mengisahkan Guidi yang bermimpi menjadi pembuat robot, namun malah terdampar di bengkel robot di kampung sebagai.. more

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

Kehancuran Xandar Pasca ‘Avengers ; Infinity War’, Bisakah Kita Melihat Nova Prime di MCU?

Mungkin untuk yang belum pernah baca komik Marvel, nggak akan tahu siapa Nova Prime yang dimaksud ini. Tapi sebagian fan.. more

Sumber gambar: wareable.com

Smartwatch: Masihkah Mereka Relevan Untuk Dibeli?

Masihkah mereka relevan untuk dibeli saat ini?.. more

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more